Manfaat Kacang Tanah Rebus Untuk Kesehatan

Teringat masa kecil, teringat kacang tanah rebus. Itu jajanan tempo dulu. Dengan biaya rendah, membeli pakai sekeping uang koin, kepalan tangan kita sudah penuh dengan jajanan ini.

Anak anak suka dengan kacang tanah rebus, Selain enak gurih dan renyah, ketika dimakan  tidak cepat habis karena perlu waktu untuk mengupasnya, agar kulitnya tidak ikut masuk perut.

Kini jajanan kacang tanah rebus yang tidak mengandung kolesterol ini sudah agak jarang ditemui. Tidak seperti dulu, tersedia di banyak warung dan dijual di depan pagar sekolah SD.

Padahal begitu banyak kandungan nutrisinya yang bermanfaat. Vitamin, mineral dan lemak yang bukan lemak jahat.

Kacang yang tumbuh dan besar di dalam tanah ini bahkan memiliki satu kandungan istimewa. Yaitu resveratrol, yang dapat mencegah beberapa penyakit serius penyebab maut, seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.Serta penyakit lain seperti peradangan dan infeksi yang disebabkan virus maupun jamur.

Kita simak saja beberapa manfaat kacang tanah rebus itu untuk kesehatan.

kacang-tanah

1. Membantu menurunkan berat badan

Kacang tanah rebus memberi efek mampu menahan lapar. Orang cepat merasa lapar jika karbohidrat yang masuk ke tubuh cepat terurai oleh sistem pencernaan. Cepat lapar tidak menguntungkan buat orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Tapi beda dengan karbohidrat pada kacang rebus ini. Karbohidrat yang ada dalam kacang tanah rebus diperkaya oleh protein, lemak sehat serta serat. Diperlukan waktu lebih lama untuk mencerna semua itu sekaligus. Dan makanan yang lebih lama dicerna bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Rasa kenyang yang berguna untuk menahan rasa lapar. Makan satu kepal kacang tanah rebus sudah cukup untuk menekan rasa lapar, seharian, sampai tiba saatnya makan malam.

2. Meningkatkan energi

Makan satu cangkir saja daging kacang tanah ini, nilai energinya bisa mencapai 200 kalori. Artinya sudah memenuhi 10 % dari jumlah kebutuhan kalori kebanyakan orang yang rata rata 2000 kalori setiap hari.

3. Mencegah kanker

Ini yang disebut tadi sebagai penyakit penyebab maut. Seperti kanker.

Coba kita simak apa hubungannya dengan kacang tanah rebus. 

Orang yang makan setengah genggam saja kacang tanah rebus setiap hari punya kemungkinan lebih kecil mengidap kanker dibanding yang tidak biasa memakannya.

Setengah porsi kacang tanah rebus per hari, manfaatnya bisa mengurangi resiko kematian  karena kanker dan penyakit kardiovaskuler. Lebih kecil peluang tumbuhnya sel kanker dalam tubuh bagi orang yang makan kacang tanah berkat peran kandungan fitoserol yang terdapat pada tumbuhan ini.

4. Mencegah diabetes

Sungguh tidak ada ruginya menggunakan kacang tanah rebus sebagai camilan, bukan hanya karena harganya yang lebih murah dari jenis kacang lainnya seperti kacang mete aoalagi kacang almond. Kacang tanah adalah sumber serat yang mengandung omega-3, ini sangat membantu untuk mengontrol kadar gula darah. 

Sebagai sumber serat yang mampu mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2 masih ditambah lagi oleh khasiat kandungan lemak tak jenuhnya, yaitu menjaga kadar gula darah tetap normal, tetap stabil.

5. Menungkatkan sistem pencernaan

Mengandung serat tinggi, kacang tanah rebus menyehatkan pencernaan dengan kandungannya yang mampu mengeluarkan racun dari usus.

6. Menguatkan tulang

Fosfor serta kalsium pada kacang ini berguna sekali untuk menjaga tulang kita agar tetap kuat. Setiap sel pada jaringan tulang akan lebih terjamin kesehatannya karena keberadaan dua mineral tadi, fosfor dan kalsium.

Kacang tanah yang direbus beda dengan kacang tanah yang diolah dengan cara lain.

Merebusnya berarti meningkatkan konsentrasi antioksidan kacang tanah, studi penelitian telah membuktikan itu. 

Berbeda dengan yang digoreng kacang tanah rebus tidak mengakibatkan jerawat meski perlu jadi perhatian bahwa sebaiknya kacang tanah rebus dikonsumsi dalam keadaan masih baru dan segar.

Harga kacang tanah rebus relatif murah namun mengenyangkan. Namun tetap waspada dengan porsi yang harus Anda konsumsi. Kacang tanah tinggi lemak dan kalori. Jika berlebihan ukuran pinggang Anda bisa melebar seiringan dengan bobot Anda yang bertambah.

Sekian, salam sehat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel