6 Buah Penambah Darah Saat Haid

Wanita lebih rentan mengalami anemia karena kekurangan gizi setelah mengalami menstruasi yang terjadi setiap bulan. Mereka kehilangan darah, kehilangan zat besi. Itu adalah zat paling utama dalam pembentukan sel darah merah. Sesuatu yang sangat perlu baik sebelum maupun sesudah menstruasi. 

Zat besi berasal dari dua sumber, hewani dan nabati. Berbeda dengan cara cara tradisionil yang sudah lama diterapkan para orangtua kita sejak zaman dahulu, pada artikel ini fokus pembicaraan adalah tentang buah sebagai penambah darah yang diharapkan dapat memulihkan kondisi.

Beberapa Buah Penambah Darah Saat Haid

kurma 

1. Kurma

Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab terjadinya haid berlebihan. Buah kurma bisa menjaga kadar hormon dalam tubuh sesuai porsinya. Itu adalah kondisi paling utama untuk menstruasi yang teratur. 

Keteraturan yang didambakan sebagai tanda Anda sehat dan tidak ada sesuatu yang tidak beres.

Penuh mineral penuh serat. 

Pemanis alaminya itu sumber energi yang aman untuk menjaga organ perut tetap prima dan mengkonsumsinya empat atau lima butir sehari sudah cukup untuk menjaga Anda terhindar dari haid yang berlebihan, yang menguras zat besi Anda.

2. Delima

Penuh juga dengan mineral, buah ini sangat menolong dalam peningkatan kerja metabolisma tubuh. 

Berkhasiat tinggi sebagai obat dan membantu membentuk darah.

Aliran darah terbantu kelancarannya. Itu membuat buah delima bisa mencegah kram pada wanita saat haid.

Kupas dan haluskan saja buah delima ini, bisa pakai blender dan kemudian saring agar biji buah jadi terpisah. 

Anda akan nyaman saat menikmati dan mendapatkan manfaatnya.

3. Buah naga

Mengandung banyak zat besi.

Perannya membantu peredaran oksigen sangat diperhitungkan para ahli. Bisa membantu pertumbuhan bakteri bakteri tertentu yang berguna dalam tubuh manusia. 

Satu lagi terkait kandungan tinggi zat besi pada buah naga, tentu saja itu akan membuat wanita berterimakasih dan sebaiknya jangan melupakan buah ini. 

4. Buah nanas

Rutin minum satu gelas jus buah nanas khasiatnya membuat menstruasi jadi teratur. Mencegah kram menstruasi juga salah satu manfaatnya. 

Dapat juga menguatkan organ perut dan menjaga siklus menstruasi tepat waktu, buah nanas sangat direkomendasikan karena berbagai manfaatnya itu dengan catatan pengecualian pada kasus menstruasi yang sangat berlebihan.

5. Markisa

Buah ini dapat mencegah anemia berkat kandungan zat besi, kaya akan serat untuk mengoptimalkan kerja usus. 

Mencegah dehidrasi dan suasana mental yang bisa depresi karena menstruasi dan kurang darah yang bisa saja terjadi dapat terhindar karena markisa mengandung alkaloid, yang mencegah semua itu terjadi.

6. Jambu biji

Mencegah kram perut karena menstruasi. Daunnya berkhasiat meredakan rasa sakit dan kedua khasiat itu akan menjaga tubuh Anda dalam kondisi sehat. 

Jambu biji juga tercatat sebaga buah yang mengandung zat besi.

Lainnya adalah berbagai vitamin serta antioksodan sehingga mengkonsumsinya dapat membuat sistem metabolisme tubuh bekerja lebih baik agar pemulihan karena kekurangan darah dapat terbantu.

Baca juga : 10 Obat Herbal Yang Dapat Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Perlu disiplin untuk menghindari teh, maksudnya teh yang mengandung kafein, dan kopi. Para ahli bilang bahwa kafein bisa membuat wanita menstruasi cenderung gelisah. 

Teh dan kopi juga menyulitkan tubuh untuk menyerap zat besi, kedua minuman itu termasuk dalam minuman penghambat tubuh menyerap zat besi. 

Jadi sangat merugikan bagi Anda yang sedang kekurangan darah. 

Beberapa makanan lainnya adalah kakao, makanan atau minuman yang terbuat dari kedelai dan minuman bersoda. 

Hindari alkohol, minuman ini juga menghambat penyerapan zat besi selain dampak buruknya yang depresan, yaitu dapat menambah perasaan sedih atau rasa murung, yang sering terjadi pada wanita menstruasi. 

Membatasi diri untuk menambah gula pada olahan buah buahan di atas, apalagi dosis tinggi adalah satu lagi langkah yang bijaksana. 

Lebih baik makan sedikit sedikit tapi sepanjang hari dari pada tiga kali sehari tapi makan besar semuanya. Untuk mencegah naiknya gula darah.

8 buah yang disebut di atas bisa membantu dan sekedar tambahan, sangat perlu untuk menjauhi dua buah berikut :

-buah kesemek

Pada beberapa daerah di negeri kita buah ini sudah langka atau tak dikenal lagi karena pohonnya saja sudah tidak ada. Seorang wanita bisa saja memakan buah itu karena faktor langka tadi.

Buah rasa sepat manis ini memberi efek kontraksi rahim dan membuat menstruasi berlanjut terus atau berkepanjangan.

-buah mangga

jumlah kandungan serat buah mangga yang jauh diatas rata rata buah lain bukanlah suatu alasan agar wanita mengkonsumsinya. 

Justru serat yang tinggi itu bisa membuat diare. 

Demikianlah sekelumit tentang 8 buah penambah darah saat anemia terjadi setelah haid ini, mudah mudahan ada gunanya untuk kesehatan wanita.

Salam sehat buat para wanita dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel