8 Cara Menghilangkan Rosacea Secara Alami

Suatu hari entah kenapa tiba tiba rona kemerahan muncul di dahi dan pipi. Di hidung juga ada warna serupa. Di bagian wajah yang paling bawah juga, tepatnya di dagu.Syukurlah peristiwa itu umumnya berlangsung tidak lama karena kemudian hilang begitu saja. 

Sampai tiba waktunya rasa syukur tadi perlu ditinjau kembali karena tidak lama kemudian hal yang sama di wajah Anda terjadi lagi, terulang lagi.

Itu adalah awalnya rosacea yang bisa terjadi pada usia awal tigapuluhan. Sebagian orang mungkin baru  mengalaminya di umur 40 bahkan ada juga pada umur 50-an.

Apa penyebabnya sampai sekarang belum terdefenisikan meski rosacea ini sudah dikenal sejak abad empat belas. Hanya faktor faktor pemicu yang membuatnya terulang atau kambuh yang baru bisa diketahui dan sayangnya itu berbeda untuk setiap orang.

Karena belum ada obat untuk rosacea maka yang bisa dilakukan hanya melakukan perawatan saat rosacea sedang terjadi dan pencegahan.agar tidak terulang lagi.

Seperti perawatan alami untuk rosacea berikut di bawah ini

Cara Menghilangkan Rosacea Secara Alami

minyak -kelapa-untuk-rosacea

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang paling akrab dengan kehidupan kita. Lemak sehat pada minyak kelapa ini diharapkan bisa mengurangi peradangan di saluran pencernaan Anda yang bisa terjadi akibat makanan tertentu yang telah Anda konsumsi. Makanan tertentu yang bisa saja jadi pemicu rosacea jika kerja usus tidak maksimal saat mencernanya.

2. Minyak lavender

Antiseptik dan anti inflamasi, minyak lavender bisa mencegah melebarnya pembuluh darah kecil pada wajah, salah satu penyebab rona merah yang menyolok

3. Licorice

Licorice atau tanaman akar manis ini adalah bahan herbal yang sudah terbukti ampuh mengatasi rosacea. Bisa menekan terjadinya peradangan sekaligus menjaga pembuluh darah tetap normal sehingga rosacea tidak terjadi. Lcorice mengandumg flavonoid dan kumarin. Kedua kandungan itu bersama dua kandungan licorice lainnya yaitu glycyrrhizin dan pitosterol, semuanya berkhasiat mengurangi kemerahan akibat rosacea.

4. Tepung gandum atau oatmeal8

Antioksidan dan antiinflamasinya bukan cuma meredakan bengkak kulit. Iritasi dan rasa gatal juga dikurangi. Meski penggunaannya belum begitu dikenal

tetapi oatmeal sangat, sangat ampuh melenyapkan rasa gatal. Bukan itu saja, ini adalah bahan yang luar biasa untuk menghilangkan warna kemerahan karena rosacea.

Siapkan air setengah gelas dan masukkan tepung ini sekitar segenggaman tangan ke dalamnya. Aduk dan 

kemudian oleskan ke kulit, diamkan sekitar dua puluh menit baru dibilas menggunakan air dingin. Hindari gerakan dengan cara menggosok kulit untuk menghindari kulit iritasi.

5. Minyak mawar (rose hip)

Rose hip sebenarnya adalah buah. Buah yang berasal dari tanaman mawar liar. Mawar liar rose hip ini tanaman asli dari Eropa namun sekarang sudah menyebar ke Asia.

Dibanding oatmeal minyak mawar rose hip ini lebih terkenal sebagai bahan pengobatan terutama yang berkaitan dengan kulit. 

Mengatasi kulit terbakar karena sinar matahari adalah salah satu keampuhannya. Juga memulihkan kulit yang cedera lecet dan bekas luka lainnya.

Bisa juga mengobati penyakit kulit seperti eksim. 

Untuk meredakan rosacea Anda bisa meneteskan minyak mawar ini pada kulit.

 Selain menggunakan minyaknya Anda juga dapat mengambil manfaat dari air rebusannya. Bukan rebusan buahnya tapi kelopak bunganya.

Buatlah ramuan, merebus kelopak bunga mawar dengan seliter air. Setelah mendidih dan dingin, saring.

Ini juga sebagai obat oles. 

Sisa ramuan ini bisa Anda simpan, masukkan ke dalam botol, simpan dan taruh dalam kulkas. Bisa digunakan kapan perlu, serta untuk pencegahan bisa diterapkan pada wajah setiap pagi dan setiap malam.

6. Hawthorn

Sama dengan rose hip tumbuhan hawtorn inipun sejenis mawar dan juga tumbuhan yang berasal dari Eropa.

Bunga dan buahnya sebanyak 10 gram direbus dengan 250 ml atau seperempat liter air. Kala air telah mendidih dan telah Anda dinginkan oleskan pada kulit, bisa menggunakan kapas.

7. Masker apel

Ini cukup membantu karena selain menghilangkan juga bisa digunakan sebagai pencegah, bisa digunakan setiap hari.

Haluskan buah apel segar, oles dan ratakan ke sekujur kulit wajah dan tunggu seperempat jam baru dibilas.

8. Tanaman anting anting

Nama ilmiahnya acalypha australis, dalam bahasa inggris cat's claw artinya cakar kucing dan kita biasa menyebutnya tanaman anting anting.

Khasiat dan manfaatnya sama seperti minyak kelapa yang sudah disebut tadi di awal tulisan ini, yaitu memaksimalkan kerja usus yang imbasnya rosacea bisa dicegah.

Cara menggunakannya dengan minum air rebusannya tiga kali sehari.

Baca juga : 10 Manfaat Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan

Sampai sekarang obat untuk rosacea belum ada. Langkah terbaik hanyalah pencegahan dan menghilangkannya saat kumat.

Beberapa cara di atas mungkin bisa membantu walau tetap harus dimaklumi bahwa cara cara di atas tidaklah cocok untuk setiap penderita.

Mungkin ini berkaitan dengan penyebab atau pemicunya yang berbeda beda untuk setiap orang.

Demikianlah tentang 8 cara alami menghilangkan rosacea ini, semoga Anda cepat pulih dan terimakasih jika tulisan ini dapat membantu.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel