10 Manfaat Dan Khasiat Daun Sage Untuk Kesehatan

Orang yang bergelut di dunia masakan biasa menggunakan daun sage yang beraroma kuat ini sebagai bumbu rempah, pelengkap saat memasak. Pecinta tanaman mengenal tumbuhan ini sebagai tanaman hias. Dan ahli herbal mengenal herba ini sebagai tanaman obat.

Apa yang membuat daun rempah yang berasal dari tanaman hias ini sampai dikenal sebagai tanaman obat ?

Yaitu khasiat dan manfaatnya yang beragam.

Apa saja ?

Baiklah kita lanjut saja mengikuti uraian berikut di bawah ini.

Khasiat Dan Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

daun-sage

1. Anti oksidan

Antioksidan pada daun sage namanya asam rosmatinic. Berkhasiat mencegah peradangan. 

Minum teh daun sage dua kali sehari adalah salah satu upaya terbaik untuk mendapat dan memaksimalkan pertahanan tubuh. Untuk menghadapi ancaman penyakit serta gangguan kesehatan lain, terutama mencegah naiknya gula darah.

2. Anti inflamasi

Mengolah daun sage, ditumbuk hingga halus dan dibuat menjadi pasta. Pasta ini bisa meredakan gatal yang terjadi akibat gigitan nyamuk, gigitan serangga, tawon atau lebah. Pasta ini pun bisa mengatasi kulit yang bermasalah seperti psoriasis yang bisa membuat tampilan kulit seperti bersisik dan herpes zoster yang membuat kulit penuh berbintil bintil itu.

3. Menurunkan gula darah

Daun sage diketahui dapat membantu menurunkan kelebihan asam lemak bebas pada darah. Yang hasil positifnya adalah fungsi insulin jadi maksimal.

4. Menyehatkan rambut

Ketombe dengan akibatnya yaitu kulit kepala jadi gatal menjengkelkan itu akan reda berkat penggunaan daun sage yang antioksidan dan antibakteri ini.

5. Mengatasi pilek

Antimikroba pada daun sage juga bisa  dimanfaatkan saat gangguan pilek sedang mengganggu kenyamanan Anda. Rebus daunnya, hiruplah uapnya.

Malam hari bisa Anda buat teh dari daun sage ini, berkhasiat mengatasi hidung tersumbat. Teh yang juga berkhasiat meredakan keringat malam. Cara membuatnya bagaimana ?

Rebuslah 10 gram daun berikut bunganya menggunakan air satu liter.

Cara lain untuk mengolah daun sage ini adalah dengan menghaluskan daunnya menjadi bubuk. 

Gunakan bubuk itu 7 gram campurkan ke dalam 100 gram madu.

Khasiat ramuan ini selain untuk pilek juga untuk flu dan batuk dan meredakan gangguan pernafasan yang sering dialami para penderita bronkhitis. 

Minumlah ramuan itu 4 atau 5 sdt per hari.

6. Menyehatkan mulut

Daun sage adalah antimikroba yang dapat mencegah plak pada gigi.

Daun sage juga tidak hanya sekedar tanaman aromatik yang kuat tapi juga antiseptik yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan gigi. 

Berkumur dengan larutan bubuknya juga akan mengurangi dampak infeksi lainnya pada mulut.

Bubuk itu sendiri ampuh meredakan nyeri saat sakit gigi Anda sedang kumat. Tempelkan saja pada gigi yang sakit, tak lama kemudian nyeri akan reda.

Untuk rutinitas sehari hari bubuk daun sage bisa digunakan sebagai pasta gigi, tentu saja untuk membersihkan gigi, dengan manfaat tambahan yang tak kalah penting yaitu memutihkan gigi.

Masalah kesehatan lain yang terjadi pada mulut seperti sariawan dan gusi bengkak bisa diatasi dengan cara merebus beberapa ranting bunganya seberat 30 gram, direbus pakai air satu liter. Air rebusan itu adalah obat kumur untuk mengatasi sariawan dan gusi bengkak tersebut.

7. Menyehatkan rambut

Ketombe dengan akibatnya yaitu kulit kepala yang gatal menjengkelkan itu akan reda berkat penggunaan daun sage yang antioksidan dan antibakteri ini.

8. Mengobati sakit tenggorokan

Daun sage juga memiliki sifat astringen, cobalah gunakan teh yang terbuat dari daun sage dan obati sakit tenggorokan Anda dengan cara berkumur.

9. Meredakan gangguan saat menopause

Daun sage memiliki sifat estrogen, ini sangat bermanfaat untuk membantu kondisi seorang wanita yang mengalami menopause.

Sepert yang Anda juga tahu saat menopause terjadi, saat itu pula proses penurunan hormon estrogen sedang berlangsung

Akibatnya kaum wanita yang sedang mengalami menopause itu kerap menderita gangguan mental dan fisik. Mudah marah dan pelupa,  Beberapa gangguan kesehatan seperti hot flash, yaitu rasa panas tiba tiba dan keringat berlebihan.

10.Mencegah penuaan

Daun sage diketahui dapat meningkatkan kesehatan kulit yang salah satu hasil positifnya yaitu mencegah kerutan.

Khasiat lain dari tanaman yang berasal dari Eropa ini adalah dapat meredakan diare dan menguatkan tulang.

Menggunakun daun sage tidak berlebihan adalah cara paling aman menghindari efek sampingnya. 

Perlu diketahui herba ini dampak negatifnya jika digunakan berlebihan bisa membuat muntah, kejang dan gangguan sistem saraf. Organ tubuh vital seperti jantung dan ginjal jadi bermasalah.

Jadi mengingat efek sampingnya yang cukup serius itu mengkonsumsi daun sage sebaiknya tidak berlebihan. 

Jangan pernah menelan minyak essensilnya.

Herba ini juga sangat tidak dianjurkan oleh ibu yang menyusui karena produksi ASI bisa berkurang.

Juga bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat penenang dari dokter.

Demikianlah tulisan tentang 10 manfaat dan khasiat daun sage untuk kesehatan ini, dengan harapan semoga ada faedahnya untuk kita semua.

Salam sehat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel