Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tanaman semangka itu tergolong sayuran labu labuan. Jadi masih sekeluarga dengan mentimun atau melon. Tapi dari segi penggunaan, persis seperti melon semangka dikonsumsi sebagai buah. Semangka ini asli afrika dan telah dikenal sejak lima ribu tahun lalu. Orang orang gurun yang tinggal di daerah kering itu sangat bersyukur dengan adanya buah penuh air ini karena dapat digunakan sebagai pelepas dahaga. Dan kulit buahnya yang basah ditaruh di kepala sebagai penahan terik matahari.Itu zaman dahulu.

Semenjak zaman dahulu juga buah yang bebas lemak dan rendah kolesterol ini sudah dikenal berkhasiat termasuk untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut di bawah ini di antaranya :

6 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

buah-semangka

1. Mencegah sembelit

Sudah jelas buah semangka itu mengandung banyak air. 

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit Dengan Beberapa Ramuan Herbal

Persentase kandungan air 92% sangat membantu kerja sistem pencernaan. Didukung serat yang tersedia dalam dagingnya yang meningkatkan fungsi usus. Anda akan terhindar dari gangguan sembelit jika mengkonsumsi buah semangka ini dengan teratur.

2. Meredakan darah tinggi

Citrulline, sejenis asam amino yang gunanya untuk tubuh adalah meningkatkan kadar oksida nitrat. Oksida nitrat itu sendiri sangat berkhasiat mengurangi resiko darah tinggi berkat fungsinya yang bisa melebarkan pembuluh darah.

Konsentrasi citrullis ini dalam buah semangka  ini sudah tak perlu diragukan. Bahkan nama latin buah semangka saja identik dengan nama asam amino ini. Nama latin buah semangka adalah citrullis vulgaris.

Kandungan lain dalam buah semangka yaitu magnesium dan potasium adalah dua mineral penting untuk melebarkan pembuluh darah dan kemungjinan darah tinggi terjadi akibat kolesterol makin tidak akan Anda alami karena likopen yang mengontrol kolesterol juga tersedia pada buah ini.

Ambil buah semangka, belahlah buah secukupnya, buatlah jus semangka yang terbuat dari lengkap seluruh bagian buahnya yaitu daging, kulit dan bijinya. Minumlah jus semangka ini setiap pagi dan sore.

3. Mencegah diabetes

Penderita diabetes sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan. Bukan berarti semangka tidak berkhasiat untuk penderita diabetes. Justru buah yang berasal dari tanaman kaya air ini memiliki khasiat menurunkan kadar gula Anda.

Cara pengolahannya dengan merebus biji semangka sebanyak satu genggaman tangan. Direbus dalam wadah tertutup dengan seliter air sampai mendidih.

Ramuan itu Anda minum dengan cara seperti sedang minum teh.

4. Mencegah penuaan dini

Buah semangka itu sangat besar dan bijinya sangat kecil. Biasanya kita buang itu. Padahal itu sumber nutrisi penting. 

Mengandung lemak baik yaitu omega 3 dan omega 6 yang berkhasiat mencegah penuaan dini dan mengurangi dampak radikal bebas pada kulit.

Kulit terpelihara tetap sintal, vitamin C buah semangka akan merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen, yang membuat kulit tetap prima tak berkerut. Kondisi ini juga akan tetap terjaga karena dukungan vitamin A yang berkhasiat memulihkan sel sel kulit yang rusak dan mampu membuat ukuran pori pori kulit semakin mengecil.

Untuk mendapatkan semua khasiat itu Anda bisa mengolah biji semangka menjadi teh dengan cara berikut :

Biji semangka yang sudah dihaluskan sebanyak 20 gram disiram dengan 1/2 liter air mendidih. Tutup.

Ditunggu selama satu jam baru disaring. Diminum satu gelas sehari.

Untuk kulit kering Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari 2 sdm daging semangka dicampur madu juga 2 sdm, oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 10 menit baru wajah dibilas. Ramuan ini Anda gunakan sekali seminggu.

5. Membantu pertumbuhan rambut

Apakah Anda pernah dengar bahwa semangka berkhasiat untuk pertumbuhan rambut ? 

Dan kalau benar begitu apa alasannya ?

Semangka mengandung arginin, itu adalah asam amino yang bisa meningkatkan peredaran darah menuju kulit kepala. Itu penting untuk menunjang kesuburan rambut. 

Bukan itu saja, vitamin C pada buah ini berfungsi untuk meningkatkan kolagen yang manfaatnya membuat rambut tumbuh dengan sehat.

Cobalah ambil daging buah semangka, daging yang bagian putihnya saja yang nempel di kulit semangka dan haluskan untuk kemudian lumuri ke sekujur rambut Anda. Lakukan malam hari dan biarkan hingga besok, baru dicuci.

Melakukan cara ini sekali seminggu maka kesuburan rambut Anda akan meningkat dan terjamin kesehatannya.

6. Meredakan nyeri otot

Citrulline kandungan penting buah ini juga punya khasiat untuk mencegah nyeri otot. 

Minum jus semangka bisa membuat Anda terhindar dari nyeri otot yang terjadi akibat aktivitas fisik. Sekaligus memulihkan tenaga dengan cepat sehingga kesibukan Anda untuk hari berikut tidak terganggu. 

Bahkan para atlet banyak yang mengandalkan buah ini sebagai salah satu menu sehari harinya.

Pada sebagian orang ada yang tidak suka minum air dalam jumlah yang dianjurkan, mereka dapat mengkonsumsi buah ini. 

Itu berguna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi

Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah yang ini secukupnya saja karena kalorinya sangat tinggi. Rata rata jumlah yang disarankan pakar nutrisi hanya 200 per hari meski itu mungkin tidak mutlak untuk setiap orang

Demikianlah tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan ini, semoga ulasan ini berfaedah.

Salam sehat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel