10 Manfaat Daun Kersen Dan Cara Mengolahnya

Kersen adalah tanaman yang memilki banyak nama dengan makna berbeda beda. Kita orang Indonesia menyebutnya kersen atau ceri Jawa. Orang Belanda dan negeri Malaysia menyebutnya sebagai ceri Jepang. Di India disebut ceri China. Di beberapa tempat lain kersen ini diberi nama ceri Jamaika, ceri Singapore, berry Panama Sebagian besar literatur mengatakan tanaman ini berasal dari Meksiko. 

Supaya tidak ngawur patokan kita adalah nama ilmiahnya saja yaitu muntingia calabura.

Selain punya banyak nama kersen juga punya banyak manfaat. Termasuk manfaat daunnya yang pada bagian pinggirnya  bergerigi itu. Apa saja manfaat daun kersen itu ?

Manfaat Daun Kersen Dan Cara Mengolahnya

daun-kersen

1. Mengobati diabetes

Mempercepat sembuhnya luka luka akibat diabetes adalah salah satu manfaat daun kersen ini terkait diabetes. Khasiat berikutnya selain mengobati diabetes itu sendiri adalah manfaatnya sebagai pengontrol gula darah sehingga setelah sembuh Anda masih tetap terjaga agar tidak mengidapnya lagi.

Cara mengolah daun kersen untuk diabetes : 

50 gram daun kersen direbus sampai mendidih dengan 2 gelas air (500 ml), tunggu sampai airnya berkurang dan tinggal setengahnya atau menjadi satu gelas.  

Airnya diminum pagi hari.

Anda perlu membuat ramuan sekali lagi karena keperluannya adalah dua kali minum setiap hari.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Salah satu jenis penyakit yang bisa terjadi akibat pola makan yang tidak sehat adalah tukak lambung yang di negeri kita biasa disebut penyakit maag. 

Daun kersen bersifat antiinflamasi dan antimikroba, dengan kedua sifat itu maka daun kersen juga bisa mengobati tukak lambung atau sakit maag.

Selain mengobati sakit maag minum teh daun kersen bisa membuat Anda terhindar dari masalah kesehatan usus lain terutama yang diakibatkan oleh bakteri.

3. Meredam rasa sakit

Vitamin C dan flavonoid daun kersen selain bermanfaat sebagai antioksidan pada manusia juga bisa mengurangi rasa sakit.

Tetapi yang paling utama, daun kersen memiliki sifat antinosiseptik yang dapat memberi pengaruh pada sistem syaraf sedemikian sehingga dapat menghalangi kemampuan reseptor rasa sakit dalam tubuh.

Jadi Anda penderita asam urat, radang sendi bisa tertolong oleh manfaat daun kersen ini.

4. Mengobati luka

Daun kersen yang antiseptik ini juga dapat dimanfaatkan untukmengobati bermacam luka pada kulit seperti luka tergores benda tajam, eksim atau borok.

Cara mengolahnya yaitu daun kersen dilumatkan dulu baru ditempelkan pada luka tersebut. Agar tetap menempel dan tidak copot Anda bisa membalut luka yang sudah ditempeli daun kersen itu.

5. Menurunkan tekanan darah

Daun kersen adalah antihipertensi. Ini berhubungan dengan salah satu kandungannya yaitu oksida nitrat, yang bermanfaat mencegah pembuluh darah yang tegang dan menyempit.

Pembuluh darah yang menyempit bisa membuat peredaran darah yang tidak lancar dan itu bisa dicegah jika Anda minum teh daun kersen ini. 

Seperti kita tahu tekanan darah yang tinggi sangat potensial menimbulkan kondisi berbahaya yang mengancam jiwa umpamanya penyakit jantung yang berlanjut dengan stroke.

Teh daun kersen membuat efek melemaskan pada pembuluh darah. 

Salah satu cara mengolah teh daun kersen adalah menyeduh bubuk daunnya, diminum dua kali setiap hari.

Untuk membuat bubuk daun teh kersen, mengeringkan daunnya di bawah sinar matahari. 

Anda bisa juga mengeringkannya dengan cara digoreng tanpa minyak atau disangrai. 

Bubuk teh itu dapat Anda gunakan seperlunya dan kelebihan bubuk bisa disimpan untuk keperluan lain hari.

6. Mencegah kram

Daun kersen dengan sifatnya yang bisa mencegah rasa sakit ini juga berkhasiat mencegah kram perut dan kram menstruasi.

7. Mencegah flu

Flu, pilek, deman dan berbagai gangguan kesehatan lain umumnya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak prima. 

Minum teh daun kersen ini dapat membuat Anda lebih tahan dan terhindar dari beberapa gangguan kesehatan tadi.

8. Mencegah sakit kepala

Masih berhubungan dengan daun kersen yang dapat melancarkan peredaran darah, teh daun kersen ampuh mencegah dan mengobati sakit kepala. Sakit kepala umumnya terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah. 

Minumlah teh daun kersen yang sangat berkhasiat meredakan sakit kepala ini.

9. Mencegah kanker

Daun kersen adalah anti kanker yang hebat. Berkat flavonoidnya yang bisa bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa membuat  terbentuknya tumor.

10. Menurunkan kolesterol

Daun kersen juga berkhasiat mencegah sekaligus menurunkan kolesterol.

Rebuslah segenggam daun kersen, gunakan daun baru yang masih segar. Perebusan menggunakan tiga gelas air. Biarkan tetap mendidih dan airnya tinggal jadi satu gelas. Buat dan minum ramuan ini tiga kali saban hari sampai kadar kolesterol Anda normal kembali.

Demikianlah beberapa manfaat daun kersen dan cara mengolahnya ini, semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda.

Terimakasih dan salam sehat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel