12 Manfaat Dan Khasiat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Singkong adalah tumbuhan semak berkayu. Kemampuan atau daya tumbuhnya tinggi. Tahan kekeringan karena tidak begitu tergantung pada air tanah. Umbi tanaman ini tepat untuk dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Untuk kebutuhan pangan karena murah dibanding beras. Walaupun mengandung sedikit lemak dan protein tapi daun singkong termasuk sayuran penuh nutrisi. Kaya vitamin C, tiamin dan riboflavin.

Satu hal lagi, tanaman daun singkong yang berasal dari daerah tropis benua Amerika ini memiliki banyak manfaat medis. Semua bagian tanaman ini berkhasiat obat. Mulai dari daunnya, batang dan umbinya. 

Di bawah ini ada uraian tentang khasiat daun singkong tersebut.

Manfaat Dan Khasiat Daun Singkong Untuk Kesehatan

daun-singkong

1. Mengobati luka

Zat besi yang terdapat pada daun singkong selain untuk penambahan darah berfungsi sebagai pengering luka kulit sehingga bisa lebih cepat sembuh.

Daun singkong dilumat dan ditempelkan pada luka.

Pada luka ringan dan melepuh karena terbakar bisa diatasi menggunakan pati umbinya. Untuk mendapatkan pati umbi itu Anda bisa menghaluskan umbinya dulu dengan cara diparut. 

Masukkan ke dalam wadah tunggu beberapa saat. Hasil parutan yang mengendap pada bagian bawah adalah patinya.

Baca juga : Cara Mudah Mengobati Luka Bakar Melepuh Secara Alami

Pati itu dioleskan pada luka terbakar melepuh itu.

2. Mengatasi cacingan

Pertama tama serat tidak larut daun singkong akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja maksimal. Selanjutnya racun pada usus penyebab peradangan akan diserap dan dikeluarkan.

Namun lebih dari itu daun singkong juga racun bagi parasit cacing yang bersarang di perut manusia.

Rebus kulit singkong secukupnya, sampai air rebusan tinggal sepertiganya. Diminum menjelang tidur.

3. Mengobati sendi bengkak

Sepertiga kebutuhan harian Anda akan magnesium dapat terpenuhi berkat makan singkong. 

Merebus 50 gram batang singkong, satu ruas jahe dan sebatang daun serai berikut daunnya. Tambahkan sedikit garam dan rebus dengan setengah liter air hingga tersisa setengahnya, kemudian disaring. 

Diminum pagi hari dan nanti sore ramuan penuh magnesium ini Anda buat dan minum sekali lagi. Ramuan penuh ini juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan.

Atau menggunakan cara ini, daun singkong ditambah daun sirih dihaluskan tambah air sedikit. Buatlah menjadi pasta, dioleskan pagi, siang dan sore pada sendi yang sakit.

4. Meredakan demam dan sakit kepala

Melumatkan daun singkong, digunakan dengan cara ditempel di kening.

Bisa juga dengan membuat ramuan yang terdiri dari daun dan batangnya masing masing 400 gram dan 80 gram. Keduanya direbus denganair satu liter. Sampai mendidih hingga airnya menjadi setengahnya.

Ramuan itu untuk diminum.

5. Mencegah anemia

Makan daun singkong bisa sebagai jalan keluar bagi seorang yang bermasalah dengan kekurangan darah. Kandungan zat besinya tinggi.

7. Meredakan diare

Air rebusan rebusan daun singkong yang sifatnya antioksidan ini diminum dua kali sehari.

Baca juga : Beberapa Buah Yang Berkhasiat Untuk Obat Diare

Atau rebus saja umbi singkongnya lalu makan. Singkong rebus itu sangat membantu untuk melawan bakteri penyebab Anda diare.

9. Mata kabur

Mengkonsumsi daun singkong yang penuh vitamin A ini setiap hari dapat mencegah kebutaan sekaligus meningkatkan penglihatan Anda. 

Untuk cara lain, merebusnya dengan menambahkan bawang putih dan sedikit garam. Terkait dengan mata kabur dan ramuannya, cara merebusnya harus benar benar matang karena jika tidak Anda bisa keracunan sianida pada daun singkong yang tidak atu kurang matang justru akan memperparah mata kabur Anda.

10. Menambah tenaga

Protein dan asam amino pada daun singkong berkhasiat memberi tambahan energi pada tubuh Anda yang terasa kurang tenaga. Daun singkong dengan kandungan karbohidratnya akan menjadi sumber pasokan energi Anda.

11. Menurunkan berat badan

Cobalah makan singkong yang kaya serat ini. Hasrat Anda untuk melirik dan mengemil makanan lain sudah berkurang, bahkan mungkin tidak ada lagi.

Baca juga : Ini Beberapa Jenis Rempah Rempah Yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

 Rasa kenyang setelah makan singkong itu tadilah penyebabnya. Rasa kenyang itu berguna untuk menahan laju kenaikan berat Anda.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Untuk sistem kekebalan tubuh daun singkong sangat bermanfaat. Kandungan folat ada padanya. Vitamin C-nya menangkal virus dan bakteri. Anti oksidannya untuk melawan radikal bebas.

Daun singkong adalah sayuran yang cukup disukai, umbinya juga sebagai sumber karbohidrat. Tanaman yang tingginya bisa mencapai 2,75 meter ini bahkan telah dibudidayakan di lebih delapan puluh negara tropis. 

Namun hindari memakannya dalam keadaan mentah.Tanaman singkong, batang, umbi dan daun mentahnya, pokoknya semua bagian tanaman ini mengandung racun linamarin. Di dalam tubuh manusia sistem pencernaan memproses linamarin itu menjadi sianida. 

Beberapa dampak sianida adalah susah berjalan bahkan lumpuh, gondok, mati rasa, penglihatan kabur hingga dampak paling parah adalah kematian.

Memang itu tergantung pada kadar sianida yang tidak sama pada masing masing varietas namun yang terpenting, dan untuk keamanan yang lebih terjamin, konsumsilah daun singkong yang dimakan orang pada umumnya.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel