Manfaat Passion Flower Untuk kesehatan Dan Cara Penggunaannya

Passion flower mungkin pantas dijuluki sebagai bunga terindah yang berasal dari tanaman penghasil buah. Tampilannya mewah. Perpaduan warnanya wah. Pokoknya indah.

Passion flower artinya bunga gairah. Konon para penemu awal bunga ini begitu sangat terkesan, terpesona dan sangat bergairah melihat keindahan bunga ini.

Kalau bisa ditambahkan, satu lagi julukan tepat untuk bunga ini adalah salah satu bunga terindah yang berkhasiat obat.

Kenapa berkhasiat obat ?

Antara lain passion flower adalah antibakteri dan antivirus. Anti alergi juga. Anti-inflamasinya pun kuat.

Terakhir passion flower itu adalah obat alami yang bersifat vasolidator, yaitu bisa bisa melebarkan pembuluh darah yang salah satu manfaatnya adalah meredakan darah tinggi.

Manfaat lain passion flower antara lain untuk meredakan stress atau kecemasan. Meredakan epilepsi serta beberapa khasiat lain seperti yang akan dijelaskan semuanya di bawah ini.

Manfaat Passion Flower Untuk Kesehatan

passion-flower

1. Menurunkan tekanan darah

Secangkir teh daun passion flower sudah cukup untuk membuat aman para penderita hipertensi ringan. Ada satu zat bernama harmala di dalam passion flower ini. Hamala ini bisa menghambat oksigen agar tidak berlebihan di otak.

Jadi jika Anda termasuk salah seorang dari para penderita hipertensi ringan itu cobalah minum secangkir teh passion flower setiap hari. Untuk menjauhkan hidup Anda dari hipertensi.

2. Anti inflamasi

Passion flower yang berasal dari tanaman asli Amerika yang sudah terdapat di segala penjuru sehingga mudah ditemukan. Ini termasuk obat alami yang bagus untuk mengatasi nyeri. Mulai dari nyeri ringan sampai sedang. 

Anti inflamasinya kuat. Karena didukung oleh antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang berbahaya.

Passion flower adalah anti nyeri yang sangat ampuh, sejak zaman dahulu teh bunga ini adalah salah satu obat analgesik yang paling diandalkan untuk mengatasi nyeri ringan.

Anti inflamasinya pun dapat meredakan rasa lelah, mengurang rasa sakit karena peradangan.

3. Mengatasi gangguan menopause

Bunga dari tanaman yang bisa merambat hingga sejauh 12 meter in bisa membantu meredam aktivitas sel sel otak yang cenderung membuat stress, yang biasa terjadi pada wanita menopause. Kerja otak kembali pulih, sehat dan normal.

 Ketidaknyamanan yang kerap dirasakan akibat menopause akan reda. Seperti keringat yang mengucur deras terutama di malam hari dan sensari rasa panas yang sering terjadi. 

Semua itu akan reda.

4. Mengatasi kecemasan

Passion flower bisa dimanfaatkan sebagai stabilisator untuk mengatasi suasana emosional yang merugikan.

Ramuan passion flower ini bekerja pada sistem syaraf pusat untuk meredam gejala gejala yang bisa mengarah pada kondisi stress seperti rasa sedih, cemas serta rasa khawatir berlebihan yang kadang tanpa alasan.

5. Mengatasi insomnia

Ini masih berhubungan dengan manfaatnya untuk mengatasi kecemasan tadi. 

Insomnia sering terjadi seiringan dengan kecemasan yang sedang menimpa Anda.

Insomnia itu dapat memberi dampak buruk. Seperti menimbulkan kerusakan pada organ tubuh. Ini bisa Anda cegah dengan memanfaatkan teh passion flower.

Dan Anda akan mendapatkan lagi tidur malam yang nyenyak dan indah. Jangan juga berlebihan minum tehnya agar tidurnya tidak terlalu indah, berbahaya.

Cobalah minum secangkir saja teh passion flower ini menjelang tidur.

6. Meningkatkan konsentrasi

Passion flower bisa membuat Anda lebih fokus pada aktivitas yang sedang dihadapi. Manfaatnya bisa menimbulkan suasana hati yang rileks. 

Kandungannya yang bernama senyawa glokosil dan sianogenik yang membuat Anda kembali fokus.

7. Meredakan epilepsi

Tidak berlebihan kalau passion flower dapat mengobati epilepsi. Walau hanya untuk epilepsi pada tingkat paling rendah.

Passion flower dapat meredakan frekwensi terjadinya peristiwa kejang kejang. Sekaligus mengurangi tingkat keparahannya. Itu sebabnya pada kasus epilepsi paling ringan gejalanya bisa hilang sama sekali.

Cara paling sederhana untuk mengolah passion flower menjadi obat adalah dengan membuatnya sebagai teh.

Dua sdt bubuk kering passion flower disiram dengan segelas air mendidih. Ditutup dan dibiarkan 10 menit.

Bisa Anda saring dahulu sebelum dikonsumsi.

Diminum maksimal tiga kali sehari masing masing satu gelas.

Pada dasarnya passion flower adalah obat alami yang relatif aman bahkan juga untuk anak anak, asal tidak digunakan berlebihan.

Selain berbahaya pada ibu hamil dan janinnya passion flower juga berbahaya untuk pengidap tekanan darah rendah.

Ramuan passion flower termasuk berupa teh bisa membuat dampak buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan obat penenang atau obat anti alergi.

Berkaitan dengan sifat passion flower yang sangat reaktif seorang yang akan berpergian dan harus mengemudi sebaiknya menunda penggunaan obat ini.

Apalagi jika sambil dikonsumsi dengan minuman beralkohol.

Sekian dulu tentang manfaat passion flower untuk kesehatan ini, semoga ada manfaatnya.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel