10 Cara Mengobati Varises Dengan Obat Tradisional

Pembuluh darah vena berfungsi untuk mengirimkan darah kembali ke jantung. Adakalanya pembuluh darah vena ini tidak bisa bekerja maksimal. Darah tidak bisa dikembalikan. Hal ini biasa terjadi pada pembuluh yang letaknya paling dangkal, paling rendah di manusia, yaitu di kaki. Itu sebabnya varises ini paling sering terjadi di kaki.

Salah satu penyebab seseorang menderita varises adalah karena faktor genetika atau keturunan.

Selain keturunan penyebab paling sering adalah berat badan yang over, wanita hamil mungkin termasuk dalam kategori ini. Usia lanjut juga bisa. Atau orang yang sering terlalu lama berdiri sehingga pembuluh darah di kaki tak mampu mengalirkan darah ke bagian atas tubuh menuju ke tujuan akhirnya yaitu jantung.

Tidak hanya sekedar tak nyaman dipandang, varises bisa  menimbulkan rasa sakit dan efek lelah.

Ada banyak jenis perawatan untuk mengatasi varises ini. Salah satunya ke rumah sakit.

Namun sebelum Anda ke sana ada baiknya Anda simak dahulu beberapa cara mengobati varises di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

Beberapa Cara Mengobati Varises Dengan Obat Tradisional

buah-tomat

1. Tomat

Buah tomat itu adalah antikolagen, bisa mengencerkan darah. Flavonoid pada tomat bermanfaat untuk membuat dinding pembuluh darah lebih kuat.

Tomat, buah yang akrab dengan semua orang di dunia itu Anda iris iris dahulu. Hasillnya akan menjadi seperti cincin besar. Taruh di lokasi yang terdapat varises. Irisan tomat itu harus tetap menempel. Sampai nanti Anda merasa kesemutan baru dibuka dan lepaskan. Bersihkan kaki bekas tempelan tomat itu.

Lakukan cara ini paling banyak lima kali sehari. Dalam dua minggu pembuluh darah yang bermasalah akan berangsur normal.

2. Peterseli

Potong potong atau cincang daun peterseli kemudian rebus dengan air secukupnya. Saring dan dinginkan sebentar. Masih dalam keadaan hangat ambil airnya, oleskan pada area pembuluh di kulit yang ada varisesnya. 

Baca juga : 10 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Antioksidan peterseli yang terdapat pada air rebusan itu berkhasiat meredakan varises.

3. Minyak kelapa

Sebagaimana lazimnya penggunaan minyak kelapa untuk mengurut. 

Baca juga : Manfaat Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Urutlah area varises  tiga sampai enam kali sehari untik melancarkan sirkulasi darah di lokasi tersebut.

4. Daun anggur

Secangkir daun anggur yang sudah dicincang, masukkan ke dalam wadah yang sudah diisi air 4 gelas. Kemudian direbus selama seperempat jam. Setelah perebusan selesai ditunggu sampai suhu air turun menjadi hangat. Rendam kaki Anda yang kena varises dalam air rebusan itu.

5. Mentimun

Mentimun yang kulitnya sudah dibuang dihaluskan dulu kemudian dioleskan pada area kaki tepat di atas varises. Mentimun halus ini harus tetap berada di atas varises itu semalaman. Agar tidak lepas kaki Anda bisa mengenakan kaus kaki agar mentimun halus itu tidak copot atau lepas.. 

6. Witch Hazel

Witch hazel meski rasanya pahit memiliki khasiat penting untuk melawan varises. 

Masukkan bubuk witch hazel ke dalam segelas air mendidih, buat dan minum dua sampai tiga kali sehari. Itu untuk meningkatkan peredaran darah Anda. Pembuluh yang meradang jadi reda. Dan menghilangkan rasa sakit.

Witch hazel adalah tanaman obat andalan penduduk asli Amerika. Daya penyembuhannya.tinggi

Untuk obat luar Anda cuma perlu mengoleskan minyak witch hazel ini pada varises Anda.

Pembuluh darah vena pada kaki bermasalah dan tidak mampu lagi mengantarkan darah ke jantung sehingga kaki menjadi varises ?

Anda sungguh dapat mengandalkan witch hazel ini !

7. Daun kubis

Daun kubis dilayukan di atas api, atau di dalam microwave Anda. Selanjutnya cuci bersih kaki yang ada  varisesnya, gunakan air es. Itu berguna untuk melancarkan peredaran darah setidaknya di tempat varises itu.

Baru gunakan ramuan tadi sebagai obat oles.

8. Cabe rawit

Satu sendok teh bubuk cabe rawit dimasukkan ke dalam1 gelas air hangat. Diminum setiap pagi siang dan sore.

Cabe rawit akan meredakan rasa sakit akibat varises itu.

9. Calendula

Sirkulasi darah yang bagus adalah salah satu kondisi yang dapat mencegah varises dan bunga calendula bermanfaat melancarkan sirkulasi darah itu.

Secangkir bunga calendula direbus dengan air 4 gelas. Nanti setelah selesai perebusan dan suhunya sudah turun airnya digunakan sebagai obat oles ke area varises. Gunakan kapas atau kain lembut, celupkan ke dalam rebusan tadi lalu dioleskan atau diusapkan.

Calendula belum biasa ditanam orang di negeri kita. Anda mungkin bisa mendapatkannya di pasar online.

10. Daun komprei

Akar dan daun komprei direbus, usahakan air hasil rebusan tidak terlalu pekat. Ambil airnya beri madu dan sedikit minyak biji gandum.

Ini Anda gunakan dengan cara memijat area kaki yang telah mengalami varises itu.

Demikianlah ulasan tentang cara mengobati varises dengan obat tradisional ini, semoga ada manfaatnya dan bisa Anda pilih salah satu diantara sepuluh cara di atas.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel