10 Tanaman Obat Untuk Mengobati Mimisan

Pendarahan di hidung yang terjadi tiba tiba. Pemicunya adalah pecahnya pembuluh darah yang ada di dalam rongga hidung. Darahpun mengucur. Pengalaman bagi yang pertama mengalaminya ini pasti sangat menakutkan. Membuat panik. Tidak tahu bagaimana menghentikannya.

Walau mimisan nampak mengerikan tetapi sebenarnya ini bukanlah gangguan kesehatan yang bisa membuat dampak serius. Asalkan tidak berlangsung lama. 

Maka harus segera diobati. 

Mengobatinya bisa dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah mengobati mimisan menggunakan berbagai tanaman obat.

Di bawah adalah beberapa dari berbagai tanaman obat tersebut.

Beberapa Tanaman Obat Untuk Mengobati Mimisan

buah-malaka

1. Buah malaka

Disebut juga gooseberry india. 

Orang kita menyebutnya buah malaka. Rasanya getir bercampur pahit dan masam. Buah malaka memiliki biji dan bijinya ini dapat mengobati mimisan 

Digoreng dengan minyak dan minyaknya digunakan sebagai obat pijat pada dahi. Dalam beberapa menit mimisan akan berhenti karena khasiat minyak itu yang dapat menghentikan pendarahan.

Buahnya bisa ditumbuk dan diambil airnya. Beberapa tetes dimasukkan ke lubang hidung.

2. Lemon

Pembuluh darah kapiler yang rusak karena benda kecil yang nyangkut di hidung bisa mengakibatkan pendarahan atau mimisan.

Itu bisa diobati menggunakan lemon yang berkhasiat menyembuhkan luka ringan ini.

Peraslah lemon dan ambil airnya menggunakan kapas. Taruh di bawah lubang hidung, tahan sekitar 20 menit dan biarkan saja kalau ada sedikit rasa perih. 

3. Bawang merah

Mimisan itu bukan gangguan hesehatan yang serius. Tapi hari hari Anda bisa terganggu. Bisnis Anda bisa terbengkalai. 

Untuk mencegah itu semua Anda bisa coba salah satu cara praktis ini, yaitu mengunakan bawang merah.

Bawang merah memiliki zat pembekuan. Kandungan lainnya yaitu bioflavonoid serta vitamin C berkhasiat menguatkan pembuluh darah

Uap yang keluar dari irisan bawang merah pun bisa membantu pembekuan darah. Taruhlah irisan itu tepat di bawah hidung, tangan Anda harus membantunya supaya tidak jatuh dan hiruplah uap itu. 

Mungkin Anda perlu membuat irisan yang baru namun biasanya dalam beberapa menit saja mimisan akan berhenti. 

Menghaluskan bawang merah itu dan menaruhnya di bawah hidung juga bisa.

Atau jika sedang di rumah Anda bisa merebus sebuah bawang merah pakai setengah liter air. Saat rebusan sudah mendidih dekatkan wajah Anda dan hirup uapnya berulangkali.

4. Kapulaga

Tidak hanta sekedar bahan penyedap kapulaga juga bisa menyembuhkan mimisan. Cara penggunaannya persis seperti membuat rebusan bawang merah di atas dan menghirup uapnya.

5. Ketumbar

Caranya hampir sama dengan cara pengunaan bawang merah yaitu menghaluskan daunnya dan menempatkannya di bawah hidung. 

Baca juga : Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Bisa juga memakai minyak ketumbar. Lebih bagus lagi sambil mengoleskan pasta yang terbuat dari daun ketumbar, dioleskan di dahi.

6. Cabe rawit

Cabe rawit bisa memperkuat pembuluh darah dan membantu mengatasi masalah pada area luka.

Minumlah rebusan yang terdiri dari segelas air dan 1 sdt bubuk cabe rawit.

Sebaiknya tidak terlalu mengutamakan cara ini.  Karena minum air cabe kemungkinan besar bisa membuat gangguan lain terutama pada sistem pencernaan Anda.

7. Kemangi

Daun kemangi yang sudah ditumbuk halus, peras airnya dan teteskan di lubang hidung.

Atau 3 sdm bubuk daunnya direbus sampai mendidih dengan segelas air. Setelah dingin celupkan kapas ke dalamnya, masukkan kapas itu ke dalam lubang hidung.

Mengunyah daun kemangi juga bisa membantu meredakan mimisan

8. Mangga

Iris iris daun mangga, ambil dua sendok makan saja. Rebus dengan 500 ml air, biarkan mendidih selama lima menit. Gunakan dengan cara meneteskan air rebusan daun mangga tersebut ke dalam lubang hidung.

Selain antiseptik daun mangga juga berkhasiat meredakan mimisan dengan cepat.

9. Jarak

Untuk mimisan minyak jarak adalah salah satu obat herbal terbaik. Beberapa tetes saja minyak jarak biasanya sudah cukup untuk meredakan mimisan. 

Saat menggunakannya usahakan tetap duduk dalam posisi tegak agar tidak ada minyak jarak yang terhirup atau tanpa sengaja masuk ke saluran tenggorokan Anda.

10. Jeruk nipis

Untuk masalah mimisan jeruk nipis lebih dominan peranannya sebagai pencegah. Jeruk nipis dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan flavonoid-nya  bisa mencegah darah bocor yang keluar dari pembuluh. 

Minum air jeruk nipis dua kali sehari bisa mencegah dan menjaga Anda agar tidak mimisan.

Selain beberapa cara di atas, sebelumnya hal paling penting yang harus jadi perhatian adalah mencegah agar mimisan tidak Anda alami.

Makanlah buah buahan. 

Setiap hari, terutama buah yang memiliki kandungan yang dapat menguatkan pembuluh darah. 

Contohnya jeruk, ini adalah contoh buah bisa membuat pembuluh darah lebih kuat berkat salah satu kandungannya yang bernama biophalavanoid.

Makan juga makanan lain yang mengandung vitamin E.

 Makanan yang bersifat panas seperti jahe tidak bagus untuk yang rentan mimisan karena jahe menyebabkan pengenceran darah.

Ginseng juga baik dikonsumsi. Bisa membantu mencegah mimisan karena dapat sifatnya yang  mempercepat proses penggumpalan darah pada luka.

Minum atau mengkonsumsi banyak air. Minum banyak air adalah salah satu upaya untuk menjaga agar lubang hidung senantiasa lembab.

Ibu hamil juga bisa mengalami mimisan. 

Mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi buah buahan yang tinggi kandungan vitamin C seperti nanas dan pepaya. Vitamin C sangat berperan memperkuat pembuluh darah kapiler. Vitamin C yang juga akan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh yang berguna untuk melindungi hidung tetap lembab.

Demikianlah tentang 10 tanaman obat untuk mengobati mimisan ini, semoga bisa memberi manfaat.

Salam sehat dan terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel