8 Makanan Untuk Penurun Asam Urat, Terbukti Ampuh

Berawal dari tingginya kadar asam urat dalam darah. Yang disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan serta minuman tertentu yang berlebihan. Menyusul terbentuklah endapan kristal kristal, terutama pada persendian. Ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan. 

Hasil pengobatan maksimal yang diperoleh cuma rasa sakit jadi berkurang. Kadar asam urat diperbaiki dan terkontrol sehingga penyakit tidak kambuh lagi.

Tapi perawatan rutin dan serius harus tetap dilakukan.

Jika tidak, sewaktu waktu kadar asam urat bisa meningkat lagi. Meski tidak membuat lumpuh tetapi rasa sakit luar biasa akan kembali Anda alami.

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan penurun asam urat yang bisa Anda gunakan untuk perawatan rutin Anda agar serangan asam urat itu tidak terulang lagi.

Beberapa Makanan Untuk Penurun Asam Urat

artichoke

1. Artichoke

Penggunaan artichoke untuk obat telah diketahui sejak dari ratusan tahun sebelum masehi. 

Bukan tumbuhan asli di negeri kita. Tapi bisa Anda peroleh dengan membelinya di pasar online.

Artichoke terkenal dengan bisa menghilangkan racun.

Sayuran yang bersifat diuretik yang membantu penghapusan racun. Bisa membuang cairan berlebih. Itu adalah salah satu proses artichoke untuk menurunkan asam urat. 

Artichoke yang dikenal sebagai salah satu sayuran paling ampuh menghilangkan racun dari tubuh ini masih memiliki manfaat extra untuk mengatasi asam urat Anda. Ini terkait dengan herba sayuran ini yang  juga anti radang, yang dapat berguna mengurangi bengkak akibat asam urat.

Sayuran ini cukup direbus saja. Daun dan kuah sayurnya sama sama bisa menurunkan asam urat.

Anda bisa juga menikmati teh artichoke dengan merebus daunnya selama 5 menit, diminum pagi sebelum sarapan dan sekali lagi sore hari. Diulangi setiah hari selama dua minggu.

2. Tomat

Tergolong sayuran, buah ini bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

3. Wortel

Pengidap asam urat sebaiknya jangan melupakan sayuran umbi yang satu ini. 

Terkait asam urat wortel dengan  kandungan tinggi beta-karoten di dalamnya adalah sayuran alkanizer. Artinya mampu menurunkan asam urat.

Didukung berbagai vitamin dan mineral wortel termasuk makanan yang bisa menghilangkan berbagai racun dari dalam darah.

Termasuk menghilangkan asam urat.

Wortel adalah makanan yang simpel. 

Banyak cara untuk mengkonsumsinya. Bisa dimakan mentah atau dimasak. Bagi yang ingin variasi wortel juga enak dibuat jus.

4. Mentimun

Sayuran buah yang mengandung 96% air ini juga dikenal bisa mengeluarkan racun yang tersimpan dalam darah. 

Mentimun bisa bermanfaat menghidrasi tubuh dengan kandungan airnya. Air ini pula yang akan mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan kadar asam urat.

5. Bawang merah

Berperan sebagai pembersih di dalam tubuh. Dan penurun asam urat. Bawang merah bisa mengurangi hiperurisemia atau peningkatan kadar asam urat. Bawang merah juga bermanfaat penting karena bisa  mengurangi lemak trigliserida dalam darah.

Untuk menurunkan asam urat Anda bisa merebusnya hingga bawang merah menjadi lunak dan lembek. Saring dan ambil air rebusannya, masukkan perasan jeruk lemon dan minum dua gelas setiap hari.

6. Lemon

Banyak orang menghindari lemon karena rasanya yang asam. Padahal di dalam tubuh lemon justru berfungsi mengurangi keasaman darah.

Lemon sangat berkhasiat mendetoksifikasi tubuh.

Minum jus lemon kala perut masih kosong sangat bermanfaat menurunkan asam urat.

7. Bawang putih

Terkenal sebagai obat penurun kolesterol dan tekanan darah tinggi bawang putih juga bisa menurunkan asam urat .

Untuk menurunkan asam urat bawang putih biasanya diolah tanpa dicampur dengan bahan lain.

Satu atau dua siung bawang putih ini ditumbuk kemudian direndam dalam segelas air, setelah enam jam baru diminum. 

Diminum tiga kali sehari.

8. Jelatang

Jelatang, nama latinnya urtica dioca, tumbuhan gulma tapi sekaligus salah satu obat herbal tradisional yang memiliki sifat diuretik. Mampu memaksimalkan kerja ginjal. Hingga pembuangan racun dan aliran buang air kecil lancar. Dan kadar asam urat pun turun.

Umumnya digunakan sebagai teh, 15 gram daun jelatang ini kering direbus dengan segelas air, diminum rutin setiap pagi selama lima belas hari.


Efektifitas dari beberapa makanan penurun asam urat di atas tergantung pada masing masing kondisi penderita. Anda bisa memilih sendiri obat herbal mana yang cocok.

Namun meski demikian perawatan apapun yang dipilih, hasil dan kesuksesan bisa berhasil jika makanan pantangannya bisa Anda hindari.

Seperti makan atau minuman olahan yang kaya lemak.

Biji bijian yang tinggi kandungan purin. Minuman beralkohol, daging merah dan masih banyak lagi, yang keterangan lanjut selengkapnya bisa Anda dapatkan dari ahli medis.

Minum banyak air, satu setengah sampai dua liter sepanjang hari sangat membantu keberhasilan untuk menurunkan asam urat.

Patut juga untuk diingat bahwa pengobatan herbal penurun asam urat di atas ini hanyalah sekedar pelengkap. 

Nasihat pakar medis sangat Anda butuhkan untuk memilih pelengkap mana yang cocok.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel