10 Manfaat Penting Bunga Lawang Untuk Kesehatan

Bunga lawang berasal dari tumbuhan semak kecil. Paling tinggi pohonnya cuma mencapai 30 cm. Buahnya hijau beraroma. Buah itu biasanya dipetik sebelum matang. Sebelum digunakan dijemur dahulu untuk melenyapkan kandungan airnya. 

Pemakaian bunga lawang tanaman asli negeri Cina ini telah umum dikenal di seluruh dunia terutama untuk masakan. Selain untuk bidang kuliner produk produk kosmetik atau parfum juga banyak menggunakan bunga lawang. Tetapi bunga lawang juga bermanfaat untuk mengatasi mengobati bermacam macam gangguan kesehatan. 

Bunga lawang adalah antimikroba, analgesik, antiseptik, anti-inflamasi dan diuretik. Beberapa sifat fitokimia yang dimiliki bunga lawang inilah yang menjadi alasan kenapa herba rempah ini bermanfaat untuk kesehatan. Selanjutnya beberapa manfaat itu akan diulas berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan

bunga-lawang

1. Menyembuhkan luka di kulit

Bunga lawang yang bersifat antiseptik ini dapat membantu mempercepat penyembuhkan cedera yang terjadi pada kulit seperti luka ringan dan lecet lecet.

2. Baik untuk wanita

Terutama mencegah kram yang kerap dialami wanita menstruasi. Kram yang biasanya terjadi karena masalah hormonal.

Memiliki sifat estrogen yang bisa meningkatkan produksi ASI bunga lawang juga sangat baik untuk ibu menyusui.

3. Meredakan nyeri rematik

Herba yang telah digunakan semenjak ribuan tahun lalu. Efeknya yang dapat membuat sistem peredaran darah menjadi lancar sangat berguna untuk  menenangkan persendian yang mengalami rematik.

Teh bunga lawang tidak memberi khasiat untuk mengatasi rematik Anda. 

Penggunaan yang dianjurkan adalah menggunakan minyaknya.

4. Mengatasi insomnia

Salah satu khasiat teh bunga lawang adalah membuat tidur Anda menjadi lelap.

5. Mencegah mual

Rempah yang juga disebut dengan nama pekak ini diketahui sangat handal untuk mengatasi masalah pencernaan. Khusus untuk yang memiliki kepekaan lambung, orang dengan masalah ini rentan mengalami mual setelah makan.

Herba yang memiliki biji sebesar kacang polong ini dapat merangsang produksi asam lambung dalam tubuh sehingga makanan bisa dicerna lebih cepat. 

Aromanya juga merangsang enzim pencernaan. Hal ini berguna untuk menghindari rasa kembung dalam perut karena kebanyakan makan.

Senyawa aktif bunga yang tampilannya mirip bintang ini juga akan bekerja sehingga pembentukan gas pada usus dapat dicegah.

Pada akhirnya rasa mual tidak akan terjadi. 

Biji bunga lawang 1 sdt direndam segelas air dan diminum setiap hari akan membuat Anda bebas dari gangguan pencernaan ini.

6. Mengatasi hidung tersumbat

Gangguan hidung tersumbat yang bisa membuat sesak nafas itu bisa diatasi karena herba rempah ini adalah ekspektoran. 

Kandungan alpapinene dan creosol-nya bisa melegakan saluran udara sehingga sangat bermanfaat buat penderita bronkhitis. Didukung pula oleh kandungan anethole dan caryophyllene yang keduanya bertindak sebagai analgesik. 

Tidak mengherankan kalau banyak produk dengan embel embel obat batuk mengandung minyak bunga lawang.

 Sebagai antibakteri bunga kering berwarna coklat tua ini memang mampu mencegah gangguan kesehatan akibat bakteri yang dapat membuat hidung tersumbat seperti flu, pilek, batuk kering atau batuk berdahak.

Selain membeli produk industri Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut dengan membuat dan minum teh bunga lawang.

7. Mencegah bau mulut

Bunga lawang yang anti-bakteri ini sangat dibutuhkan dalam pembuatan pasta gigi. Khasiatnya untuk membasmi kuman penyebab bau mulut. 

Anda bisa langsung mengunyah bunga lawang ini untuk melenyapkan bau mulut tak sedap yang sering mengganggu rasa percaya diri ini.

8. Membantu menurunkan berat badan

Jika diimbangi dengan diet seimbang dan olahraga teratur bunga lawang pun bermanfaat membantu menurunkan berat badan.

Bunga dengan rasa manis yang kuat ini juga diuretik.

 Berguna untuk mengurangi cairan berlebih dari dalam tubuh.

9. Baik untuk wanita menyusui

Membantu meningkatkan produksi ASI seorang ibu menyusui sangat disarankan menggunakan bunga lawang.

Perlu juga perimbangan serius sebelum menggunakannya. Beberapa ahli merekomendasikan untuk tidak mengunakan berbagai rempah rempah termasuk bunga lawang untuk ibu menyusui meski beberapa kalangan telah menggunakannya turun temurun. 

Jadi tindakan paling aman adalah minta saran ahli medis.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Umumnya herba aromatik itu memiliki sifat antioksidan termasuk bunga lawang ini. Kekuatannya memang agak lebih rendah dari herba aromatik lainnya. Tetapi antioksidan bunga lawang disebut sebut memiliki kemampuan menurunkan resiko penyakit jantung dan mampu mencegah kanker.


Bunga lawang termasuk nutrisi penting, sangat berguna buat kesehatan kita. Walau bagaimana herba ini tidak baik jika digunakan berlebihan. Bisa membuat mual, mabuk,  kantuk berat, kejang dan mengganggu mental dengan menimbulkan rasa bingung.

Membuat bunga lawang sebagai teh adalah salah satu cara aman mengkonsumsinya. 

Rebus 1 lt air, setelah mendidih matikan api. Tunggu sekitar satu dua menit agar suhunya sedikit turun lalu masukkan dua bunga lawang ke dalamnya. Kemudian diamkan lagi sekitar 5 menit.

Saring sebelum diminum agar terpisah dari ampas dan  biji polongnya yang keras dan tidak untuk dikonsumsi.

Jika suka Anda bisa menambahkan madu atau gula merah sebagai pemanis. Tetapi tetap hati hati dengan dosisnya. Ini karena efek toksik yang dimiliki bunga lawang itu.

Memasukkan bunga lawang sebagai bumbu ke dalam menu masakan untuk konsumsi sehari hari adalah cara yang paling praktis. 

Perlu juga diingat agar jangan pernah menelan minyak essensil bunga lawang.

Demikianlah beberapa ulasan tentang manfaat bunga lawang untuk kesehatan ini, semoga ada faedahnya.

Salam sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel