10 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Lobak putih, daikon adalah nama aslinya. Daikon itu kata yang berasal dari bahasa jepang, asal tanaman ini. Artinya akar panjang. 

Manfaatnya untuk kesehatan beragam. Umbi dan daunnya penuh nutrisi. Semuanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kita simak saja beberapa manfaat lobak putih ini.

Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

lobak-putih

1. Mencegah osteoporosis

Lobak putih, umbi dengan kandungan tinggi kalsium ini bisa menjaga tulang Anda senantiasa kuat. Setiap orang yang merasa memiliki masalah dengan tulang sebaiknya memasukkan lobak putih dalam menu hariannya agar terhindar dari osteoporosis.

Meski tidak memiliki nutrisi lengkap untuk pembentuk tulang tapi kandungan kalsium yang terdapat pada lobak putih ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Itu yang membuat lobak putih ini mampu menjaga Anda terhindar dari osteoporosis.

2. Melembabkan kulit

Tinggi kandungan air, bukan sembarang air tapi itu adalah sesuatu yang akan menjamin kulit senantiasa terhindar dari dehidrasi. Sirkulasi darah pada kulit akan meningkat sehingga kulit lebih awet. Kulit lebih cerah, aman dari keriput dan resiko penuaan dini.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Lobak yang diuretik ini akan membuat buang air kecil Anda selalu lancar. Sekaligus proses pembuangan racun melalui air seni juga lancar. Sudah tentu ginjal akan menjadi lebih aman dan bersih. Kerjanya jadu maksimal bebas dari akumulasi limbah racun yang jika berkelanjutan bisa menimbulkan batu ginjal dengan akibat yang menyakitkan.

4. Mencegah hipertensi

Tinggi kandungan potasium, umbi yang juga disebut dengan nama daikon ini bermanfaat menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Potasium adalah mineral penting dalam lobak putih yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Kalium dalam lobak putih akan membantu pengeluaran natrium membuat tekanan darah tetap terkontrol.

Pembuluh darah juga dibuat aman, tidak tegang

5. Mencegah kanker

Kanker adalah masalah serius yang dapat mengancam jiwa. Lobak putih yang mengandung banyak senyawa fenolik ini mampu menanggulangi resiko timbulnya kanker pada tubuh seperti kanker perut dan kanker kulit.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan pada umbi ini dapat membantu melawan radikal bebas. Lobak putih dengan vitamin C di dalamnya akan membantu peningkatan produksi sel darah putih.  

Perbaikan sel sel dalam tubuh semakin optimal. Tidak mudah rusak, jika terjadi cedera penyembuhan luka infeksi lebih cepat sehingga tubuh semakin kuat.

Tubuh juga lebih tahan menghadapi kemungkinan gangguan kesehatan terutama menghadapi penyakit yang sederhana seperti flu dan pilek.

7. Meningkatkan sistem pencernaan

Memiliki enzim penting yang berguna untuk sistem pencernaan lobak putih akan membuat kerja pencernaan menjadi lebih mudah. Ada lagi enzim tertentu yang berguna untuk sistem pencernaan berkat manfaatnya yang bisa membantu memecah lemak. 

Orang yang memiliki kemampuan pencernaan yang tidak bagus sangat tertolong jika mengkonsumsi umbi yang mirip wortel tapi beda warna ini.

Jumlah serat juga tinggi di dalam lobak putih. Tanaman umbi yang berasal dari negeri matahari terbit ini selain membantu sistem pencernaan serat ini juga akan membuat metabolisme  tubuh semakin baik.

Penumpukan gas dalam perut tidak akan terjadi. Lobak putih membantu mempertahankan air pada tinja sehingga sembelit bisa dicegah.

8. Membantu menurunkan berat badan

Cobalah makan lobak putih ini, perut Anda akan langsung kenyang dalam waktu lama.

Rendah kalori tapi tinggi serat lobak putih mermiliki keampuhan menghilangkan gula dan lemak berlebih.

9. Menyehatkan sistem pernafasan

Membantu menghilangkan lendir berlebih, lobak putih dapat membasmi bakteri patogen yang membuat gangguan pada saluran pernafasan. Masalah yang dialami para penderita asma akan menjadi lebih ringan karena lobak putih bisa meningkatkan fungsi paru paru. Kemungkinan timbulnya serangan asma jadi berkurang.

10. Baik untuk penderita diabetes

Lobak putih tidak meningkatkan gula darah. Justru dapat menurunkan penyerapan gula dan menjaga insulin terkontrol stabil. Artinya lobak putih bisa mengontrol diabetes dengan segala komplikasinya.

Karbohidratnya juga rendah.


Sederet manfaat lobak putih di atas belum mencakup sejumlah manfaat lain seperti meningkatkan kesehatan jantung, memelihara organ hati, menurunkan kadar kolesterol, mencegah Alzheimer dan Parkinson, meningkatkan kerja otak, menambah darah sehingga bagus dikonsumsi pengidap anemia dan wanita menstruasi. 

Terkait kaum wanita lobak putih memilik folat. Folat adalah nutrisi penting yang bisa membantu menyehatkan wanita  yang sedang hamil.

Lobak yang sangat baik buat siapa saja ini tentu saja memerlukan pengolahan sebelum dikonsumsi. Tapi lobak putih tidak membutuhkan penanganan serius, tidak membuat repot. 

Kalau mau cara mudahnya bisa saja Anda langsung memakannya mentah. Mudah meski tidak praktis dilakukan setiap hari.

Bisa juga dimasak seperti kita memasak sayuran biasa.

Di negara asalnya sebelum dimakan lobak putih ini biasa dipotong potong, dijemur dan dikeringkan dulu selama tiga hari.

Ada cara khusus membuat ramuan dengan mengolah lobak putih ini, yaitu sejumlah umbinya dipotong potong halus kemudian ditempatkan dalam gelas atau toples kecil.

Potongan itu kemudian disiram dengan madu hingga semua lobak terendam dan dibiarkan beberapa jam lamanya. 

Ini adalah ramuan yang manjur mengobati pilek dan flu. Tenggorokan pun dibuat lapang dan lega.

Boleh dibilang tidak ada efek samping berarti yang terjadi setelah mengkonsumsi lobak putih ini. Paling cuma menyebabkan kembung karena gas berlebih dalam perut.

Tapi itu hanya buat orang yang sensitif. Juga bagi mereka para penderita batu empedu yang sebaiknya jangan makan lobak putih dan lobak jenis lainnya.

Tidak berlebihan mengkonsumsinya adalah cara paling aman.

Demikian 10 manfaat lobak putih untuk kesehatan ini, semoga berfaedah.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel