9 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Selada air termasuk sayuran tertua. Disebut tertua karena telah lama tumbuhan ini dikenal, dibudidayakan dan dimakan. Sejak ribuan tahun lalu. Selain sebagai sayuran tertua julukan selada air selanjutnya adalah makanan super. Karena manfaatnya  yang sangat banyak untuk kesehatan.

Terutama manfaat tumbuhan air ini sebagai antioksidan. Penelitian mengatakan mikronutrien pada tanaman yang rasanya sedikit pedas dan pahit ini dapat menjaga tubuh agar terhindar dari kanker.

Terhindar dari kanker hanyalah salah satu manfaat selada air. Beberapa manfaat lain yang akan dibahas di bawah ini juga hanya sebagian kecil dari sederet manfaat makanan super ini.

Beberapa Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

selada-air

1. Mencegah penuaan

Tujuh puluh persen kebutuhan tubuh Anda akan vitamin A bisa terpenuhi jika Anda rutin setiap hari mengkonsumsi 100 gram saja daun selada air ini. 

Vitamin A ini adalah kandungan penting yang dapat bekerja sebagai antioksidan. 

Antioksidan yang membantu meningkatkan kualitas rambut. Menguatkan tulang dan kuku. Menyehatkan mata serta dapat menjaga kulit agar selalu awet muda.

2. Membantu menurunkan berat badan

Rendah kalori tapi bergizi tinggi, makan sayuran selada air bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa khawatir kekurangan gizi.

Program pelangsingan dan  penurunan berat badan Anda pun bisa lebih berhasil karena selada air yang juga bersifat diuretik ini dapat mengeluarkan cairan tidak perlu dari dalam tubuh.

3. Mencegah katarak

Tumbuhan air yang tinggi vitamin C ini sangat efektif dalam hal mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Juga menjaga kesehatan mata agar terhindar dari radikal bebas penyebab katarak.

Lutein dan zeaxanthin yang tersedia dalam selada air sangat berguna untuk melindungi kesehatan mata Anda.

4. Mencegah kanker

Selada air bisa mencegah kanker payudara. Penelitian mengatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi daun selada air, setidaknya 80 gram setiap hari, akan terhindar dari resiko mengidap kanker payudara.  

Penderita yang pernah mengidap penyakit ini juga sangat disarankan mengkonsumsinya meski sudah sembuh. Agar tidak kambuh.

5. Mengontrol tekanan darah

Selada air bisa mencegah dan menurunkan dan membatasi penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat mencegah kemungkinan berbagai penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi.

Selada air kaya vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan, kaya vitamin K untuk mencegah pembekuan darah, dan ketersediaan kalium yang bekerja mengurangi tekanan darah.

Selada air itu sayuran sederhana tapi mengkonsumsinya bisa membuat kita tercegah dari berbagai penyakit serius akibat tekanan darah yang tidak normal.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoblas adalah nama salah satu sel dalam tubuh, tugasnya membangun dan membentuk tulang. Orang berusia lanjut cenderung lebih membutuhkan kecukupan osteoblas ini.

Selada air sayuran yang kaya kalsium. 

Di dalam tubuh, kalsium ini akan meningkatkan produksi osteoblas. Didukung pula oleh kandungan selada air lain yang berperan untuk kesehatan tulang seperti magnesium, vitamin K dan kalium.

7 Mencegah stress

Tubuh yang memiliki kadar folat yang rendah cenderung mudah stress. Memanfaatkan selada air yang terbukti tinggi kandungan folat ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan terhindar dari stress.

Asam folat akan merangsang tubuh meningkatkan produksi serotonin. Itu adalah zat yang dapat menyehatkan suasana hati, menghindari emosi atau rasa sedih.

8. Baik untuk wanita hamil

Masih terkait dengan folat, janin sehat memerlukan nutrisi pendukung agar pertumbuhannya bisa berkembang sesuai harapan. Nutrisi pendukung itu tentu saja didapatkan dari ibu hamil yang sehat.

Wanita hamil yang mengkonsumsi selada air yang tinggi kandungan folat itu dapat terhindar dari serangan berbagai penyakit, termasuk anencephaly.

Anencephaly adalah peristiwa lahirnya bayi dengan kondisi yang memilukan yaitu lahir cacat dengan tengkorak kepala tidak utuh. 

Melansir artikel hellosehat.com(10/12/2017) untuk mencegah anencephaly seorang ibu hamil perlu mengkonsumsi jenis makanan bernutrisi yang tinggi kandungan asam folat.

Tentu saja selada air yang tinggi folat ini bisa mencegah terjadinya kondisi kelahiran yang memilukan tersebut, tetapi dengan catatan konsultasi terlebih dahulu pada ahli medis.

Ada penelitian yang mengungkapkan selada air tidak baik buat seorang ibu yang sedang dalam masa awal kehamilan.

 9. Mencegah anemia

Vitamin B9 adalah nama lain untuk asam folat itu, yang juga berkhasiat mencegah anemia.

Efek samping

Selain dapat mengakibatkan iritasi lambung selada air juga dapat membuat iritasi pada saluran kemih. 

Tidak disarankan untuk ibu pada masa awal kehamilan karena bisa berakibat keguguran.

Demikian ulasan tentang 9 manfat selada air untuk kesehatan dan efek sampingnya ini, semoga berguna untuk menambah wawasan.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel