10 Cara Mengobati Penyakit Kudis Secara Alami

Diawali dengan timbulnya rasa gatal. Biasanya terjadi pada malam hari saat Anda tidur. Begitu hebat rasa gatal itu hingga tidur Anda terganggu karena tak tertahan untuk segera menggaruknya. Selanjutnya muncul cedera ringan. Seperti goresan berlekuk pada kulit, warnanya abu abu. Lama kelamaan goresan itu berubah jadi sebuah titik besar.

Penyebab dari apa yang terjadi pada kulit iru adalah tungau. Dan cedera lekukan pada kulit itu adalah akibat aktivitas tungau ini yang telah masuk menembus  melewati permukaan kulit. Mereka bersarang di sini. Tungau betina akan bertelur dan telur yang menetas akan muncul di permukaan kulit, menambah jumlah tungau yang telah ada di sana.

Kondisi ini harus segera dihentikan. Jika tidak masalah akan semakin memburuk. Anda bahkan akan menularkannya pada orang lain. Dan satu lagi, kudis takkan sembuh jika tidak diobati. Antihistamin mungkin adalah salah satu obat yang akan diberikan oleh dokter .

Tapi kalau Anda juga ingin menggunakan pengobatan sendiri di rumah menggunakan bahan alami, di bawah ini terdapat beberapa di antaranya.

Cara Mengobati Kudis Dengan Bahan Alami

cabe-rawit

1. Cabe rawit

Capsaisin yang terkandung dalam cabe rawit bisa meredakan gatal karena dapat mengurangi kepekaan  kulit. Membantu mengurangi rada nyeri juga. Telah banyak penderita kudis yang berhasil sembuh dari kudis meski belum ada penelitian ilmiah kenapa itu bisa terjadi.

Cara mengobati kudis dengan cabe merah biasanya dengan menggosok kulit berkudis dengan air hangat yang telah diberi cabe rawit halus.

Atau mengoleskan pasta yang terbuat dari cabe rawit

2. Kunyit

Kunyit dengan sifat antiseptiknya yang sudah terkenal itu sangat ampuh untuk membasmi tungau penyebab gatal itu.

Buatlah pasta dari 2 sdm bubuk kunyit, air perasan dari satu buah jeruk lemon dan satu gelas air.

Oleskan kulit yang terkena kudis pakai pasta ini biarkan mengendap sampai satu jam baru dicuci dengan air hangat.

Bisa diulangi mengoleskan pasta ini kembali jika efeknya masih kurang memuaskan tetapi biasanya Anda akan merasakan hasil yang bagus meski baru melakukan yang pertama tadi. 

3. Lidah buaya

Lidah buaya berkhasiat mengatasi ruam dan peradangan di kulit akibat tungau. Gel lidah buaya membuat kulit terasa lembab, menenangkan dan melemaskan kulit kaku, yang bermanfaat mengurangi rasa sakit. Setelah sembuh lidah biaya juga membantu percepatan regenerasi sel kulit.

Tampilan kulit Anda tak lama lagi akan bersih dari ruam, pulih seperti sedia kala.

Kulit yang bermasalah diolesi dengan gel lidah buaya sembari dibiarkan menempel setengah jam baru dibilas menggunakan air dingin.

Cara perawatan ini bisa Anda lakukan dua kali per hari.

4. Minyak Mimba

Aroma minyak mimba dapat mengusir tungau. Kandungan minyak mimba bermanfaat membasmi dan membunuh parasit ini. 

Malam menjelang tidur oleskan minyak mimba pada kulit tempat tungau ini. Tidak apa apa jika Anda mengoleskannya lebih banyak pada area kulit yang mengalami dampak lebih parah.

Bangun pagi jangan terus mandi tapi cuci dan bilas dulu minyak mimba yang tersisa di kulit Anda.

Sebaiknya dicuci menggunakan sabun basa.

Baca juga : Khasiat Daun Mimba Untuk Wajah

Selain mengurangi gatal dan meredakan rasa sakit minyak ini juga menyembuhkan dan berkhasiat mencegah penyakit ini terulang kembali. 

Juga diketahui tidak menimbulkan efek samping.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sangat beracun buat tungau.

Bisa mengobati kudis karena minyak cengkeh ini adalah antimikroba dan insektisida.  

Baca juga : Manfaat Cengkeh Untuk Kejantanan Pria

Itu yang membuat minyak cengkeh dapat membunuh tungau. Luka dan ruam menjadi kering. Bisa pula mengurangi rasa sakit berkat sifat analgesiknya.

Campur masing masing 1 sdt minyak kelapa dan madu untuk digosokkan pada kulit.

6. Minyak kelapa

Mengurangi iritasi, meredakan gatal sekaligus membunuh tungau adalah manfaat minyak kelapa untuk mengatasi kudis. Minyak kelapa melapisi kulit Anda. Secara tak langsung lapisan minyak telah mengisolir tungau dari udara dengan oksigen. Karena tidak ada oksigen tungau akan mati.

7. Air garam 

Kedengarannya sepele, air garam kok bisa mengobati kudis. Itu betul, bahkan telah banyak pasar di mancanegara yang menjual licefree, yaitu larutan air garam, yang bermanfaat sebagai pembasmi kutu kepala. Dijual dalam botol semprotan dan produsennya menyatakan licefree bisa juga digunakan  memberantas tungau yang masih sejenis dengan kutu ini.

Cara penggunaannya disemprotkan pada kulit tempat koloni tungai tersebut.

8. Soda kue

Soda kue dengan pH basa 9 aman untuk kulit jika digunakan tidak dalam jangka panjang. Tapi berbahaya bagi para tungai pembuat kudis.

Membuat pasta dengan bahan beberapa sdt soda kue diaduk dengan beberapa tetes air digosokkan pada area kudis dan ditunggu 15 menit hingga setengah jam mungkin sudah bisa membuat kulit Anda bebas dari gatal berlebihan. Ruam di kulit bekas kudis perlahan akan sembuh.

Ini adalah penyembuhan yang singkat. Menggunakan soda kue adalah cara paling cepat membunuh tungau. Dan hentikan pemakaian saat kulit telah pulih sambil menunggu kulit Anda kembali normal, menjadi pH 5,5.

9.Minyak biji adas

Minyak yang antiinsektisida. Minyak biji adas ini digunakan dengan cara dioles.

10. Minyak lada hitam

Lada hitam bisa menyembuhkan gatal yang disebabkan oleh kudis, bisa menyembuhkan bekas luka serta dapat meredakan nyeri syaraf.

Biasanya yang digunakan adalah minyak lada hitam, caranya dioleskan pada area luka karena kudis.

Baca juga : Manfaat Lada Hitam Untuk Rambut Dan Kulit

Orang yang sedang memiliki penyakit lain lebih baik lebih dahulu minta saran dokter sebelum mengunakan cara pengobatan alami ini. Juga ibu hamil dan menyusui.

Demikian tulisan tentang 10 cara mengobati kudis dengan bahan alami ini, semoga berfaedah.

Terimakasih dan salam sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel