6 Manfaat Menakjubkan Tanaman Hias Agave Termasuk Untuk Kesehatan

Nama latinnya agave tequilla, terdiri dari dua kata. Kata tequilla akan mengingatkan kita pada sebuah produk minuman hasil fermentasi yang memang bahan bakunya berasal dari tumbuhan tanaman hias ini. Agave kini sedang populer. 

Bukan karena produk minuman tadi. Populernya ini terutama sebagai pemanis alami pengganti gula. Pemanis agave yang umumnya dalam berbentuk sirup atau madu. Memiliki sejumlah kelebihan dibanding gula biasa.

Agave layak sebagai penggani gula yang selama ini kita pakai.. Salah satu dari sejumlah kelebihannya itu adalah untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. 

Ini karena tumbuhan agave yang tinggi pohonnya bisa mencapai 7,5 meter ini adalah juga tanaman obat. Banyak manfaat dan khasiatnya, yang beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini.

Beberapa Manfaat Tanaman Agave Termasuk Untuk Kesehatan

agave

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dua kandungan pentingnya yang memberi manfaat pada kesehatan adalah fruktan dan saponin. Selain sebagai anti-inflamasi keduanya juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Membantu program menurunkan berat badan

Keputusan mengganti gula biasa dan menggunakan agave sebagai alternatif, dari segi kesehatan itu sangat berfaedah membantu program Anda menurunkan berat badan.

Herba jenis kaktus ini bisa menekan kadar kolesterol dan trigliserida, dalam penurunan berat badan tumbuhan ini bisa mengurangi lemak.

3. Menjaga kadar gula darah

Kalori pada agave dan gula biasa memang sama, masing masing 16 kalori setiap 1 sdm. Tetapi indeks glikemiks agave jauh lebih rendah yaitu 20-30 dan karena rasa manisnya jauh melampaui gula pasir maka pemakaiannya pun sudah tentu tidak perlu banyak.

Tetapi memang sirup agave ini tidak akan menaikkan kadar gula darah.

Ini alasan khusus bagi para pengguna agave untuk beralih dari gula pasir sebagai pemanis. Jauh lebih sehat, bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah.

Apakah agave baik untuk mengobati diabetes ?

Hanya untuk mencegah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Di tempat tanaman ini berasal, turun temurun masyarakatnya telah memanfaatkan agave untuk mengatasi masalah kulit. Agave bisa menenangkan kulit. Untuk pengobatan agave bisa mengatasi bermacam luka.

Antiseptik dan anti-inflamasi, tapal atau pasta daun agave sangat handal untuk gangguan kulit. Anti mikrobanya bahkan mampu membasmi mikroba pada luka bernanah.

Daun agave yang dihaluskan pun bisa mengatasi kulit memar.

Masih banyak khasiat pasta daun agave ini, antara lain mengobati kudis, luka anus karena wasir. Bahkan meredakan varises.

Khasiat daun agave untuk kulit sangat unggul, sangat membantu dalam hal kecepatan penyembuhan.

5. Mencegah osteoporosis

Tidak cuma bermanfaat untuk kesehatan kulit, pengeroposan tulang juga bisa dicegah. Agave meningkatkan penyerapan dua unsur penting terkait pencegahan osteoporosis yaitu magnesium dan kalsium. 

Orang yang mengkonsumsi agave pertumbuhan tulangnya akan tetap terbantu meskipun saat sedang menderita osteoporosis.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Satu nutrisi penting yang sangat erat hubungannya dengan sistem pencernaan yang sehat adalah inulin. Inulin ini sangat diperlukan untuk tubuh.Untuk mendukung perkembangbiakan bakteri bakteri baik. Maksudnya bakteri yang berguna untuk meningkatkan kerja usus. 

Tumbuhan yang usianya bisa mencapai 8 tahun ini juga berkhasiat menumpas beberapa bakteri pengganggu sistem pencernaan. Seperti bakteri E. coli dan salmonella dan bakteri bakteri pembusuk lain.

Untuk gangguan pencernaan biasanya digunakan daunnya Diare, perut kembung dan disentri, ketiganya bisa diobati dengan daun agave.

Daun ini juga efektif mencegah gangguan pencernaan lain, yaitu sembelit.

Cara mengkonsumsi agave

Sirup agave dikonsumsi seperti Anda menggunakan gula. Banyak tersedia di pasar online.

Jika memungkinkan dan bahannya tersedia Anda bisa membuatnya sendiri

Cara membuat sirup agave sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan segelas nektar agave. Disiram dengan  segelas air panas, kemudian ditunggu sampai dingin. Baru dimasukkan dalam toples kaca bertutup. Toples ini disimpan dalam kulkas dan sirup agave akan tetap berkualitas baik meski telah berusia sebulan.

Sedikit tentang nektar agave, ini dibuat dari tanaman yang sudah dewasa. Dihaluskan kemudian diperas dan disaring. Selanjutnya dipanaskan dengan suhu tertentu dan hasilnya disebut nektar agave.

Manfaat Agave Selain Untuk Kesehatan

Sebagai bahan untuk membuat sabun. 

Bahan baku untuk kertas

Bisa diolah menjadi tali atau kain, meskipun tebal.

Bisa memulihkan lahan miskin hara jika ditanam di lahan gersang, bibitnya bisa Anda ambil dari pohon induknya. Ambil sebagian untuk ditanam di tempat lain.

Efek samping

Tinggi khasiat, namun tanaman ini bukan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil untuk keperluan apapun. Wanita yang menyusui dan anak usia di bawah 12 tahun juga sebaiknya tidak minum ramuan dengan bahan agave.

Selalu dijaga agar tidak menggunakannya berlebihan adalah cara paling bijaksana. Untuk penyembuhan luka kulit gunakan seperlunya saja.

Karbohidrat dan fruktosa terdapat pada agave dalam kadar tinggi. Ini mesti jadi perhatian serius buat pengidap diabetes. 

Atau bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

Berlebihan menggunakannya juga bisa menghambat aliran darah. Rentan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.

Sampai di sini dulu dan terimakasih.

Salam sehat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel