8 Manfaat Buah Acerola Untuk Kesehatan

Ceri barbados adalah nama lain buah acerola ini.Warnanya merah, meski ada juga yang kuning atau hitam. Bentuknya indah mirip labu kuning ukuran mini. Rasanya asam dan sedikit manis. Acerola itu buah kecil tapi manfaatnya besar.Nutrisinya antara lain vitamin A, B1, B2, B3, vitamin C. Mengandung berbagai mineral seperi fosfor, zat besi, kasium. Antioksidannya adalah flavonoid dan anthocyanin. 

Meski bukan buah asli dari negeri kita tapi buah ini sangat terkenal untuk kalangan tertentu. Terkenal karena kekayaan nutrisinya. Terutama karena kandungan vitamin C yang ada pada buah mungil ini. Acerola berada di barisan paling depan diantara buah terkenal yang kaya vitamin C mengalahkan buah jeruk, lemon, jambu biji dan juga jambu mete.

Selanjutnya marilah kita simak manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari buah acerola ini.

Manfaat Buah Acerola Untuk Kesehatan

buah-acerola

1. Membantu kekebalan tubuh

Kadar vitamin C tinggi sekali pada acerola ini.  T iniermasuk sumber vitamin C terbesar. Dalam 100 gr acerola terdapat 1.505 mg vitamin C, itu 100 kali lipat dari kandungan jeruk maupun lemon, 20 kali dari jambu biji dan 10 kali dari jambu mete.

Buah acerola aman dikonsumsi. Cukup makan lima  buah acerola yang kecil mungil ini. Jumlah itu sudah bisa untuk menjamin kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C adalah antioksidan untuk meningkatkan pertahanan tubuh menangkal infeksi. 

Pilek dan sariawan, Anda akan terhindar dari keduanya dan Anda juga akan aman dari gusi berdarah. Setidaknya jika Anda terlanjur terserang, durasinya cuma singkat. 

Lekas sembuh.

2. Meningkatkan kerja kelenjar tiroid

Ini juga manfaat pentingnya makan buah acerola ini. Kelenjar tiroid yang berada pada leher ini akan berfungsi maksimal karena dampak vitamin C yang sudah berhasil meningkatkan sistem kekebalan tubuh itu. 

Buah acerola sangat memberi manfaat buat orang penderita penyakit hipotiroidisme.

Hipotiroidisme adalah penyakit yang menimbulkan rasa lelah dan kesulitan berkonsentrasi karena kelenjar tiroidnya yang kurang berfungsi.

3. Mencegah anemia

Zat besi sudah berhasil diserap oleh tubuh setelah Anda rutin makan buah acerola ini. Selanjutnya Anda akan segera aman dan terhindar dari kelelahan. 

Wajah tidak pucat lagi karena kekurangan sel darah merah sudah teratasi. Kecukupan tubuh akan zat besi telah dipenuhi untuk mencegah Anda menderita anemia.

4. Mencegah masalah pencernaan.

Serat pada buah ini namanya pektin. Mampu merangsang peningkatan populasi bakteri yang memberi manfaat dalam usus. 

Kemungkinan Anda  mengalami sembelit semakin kecil. Diare pun bisa dihindarkan.

Lemak dan kalori pada buah ini sangat rendah. Jika disertai dengan olahraga teratur buah ini sangat berperan membantu menurunkan berat badan. 

Kandungan seratnya selain menimbulkan rasa kenyang juga akan meningkatkan kerja usus.

5. Menyehatkan mata

Vitamin A pada acerola memberi sumbangan besar  untuk kesehatan mata. Vitamin A mengurangi risiko katarak. Serta mencegah kebutaan. 

Juga melindungi kornea mata dan meningkatkan sensitivitas mata terhadap cahaya.

6. Menyehatkan jantung

Dapat mencegah stroke atau serangan jantung, buah acerola dengan kandungan antioksidannya bisa mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Jantung juga dibuat sehat. 

Buah ini juga kaya potasium. Dalam 100 gram buah mengandung 138 mg potasium.

Potasium mutlak diperlukan oleh jantung karena khasiatnya yang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

7. Menyehatkan kulit

Vitamin A dan C berlimpah pada buah ini. Vitamin A berguna untuk produksi melanin. 

Vitamin C membuat kulit tahan terhadap radiasi matahari. Vitamin C ini juga yang akan membantu menghilangkan bekas noda dan luka di kulit termasuk bekas jerawat.

Tingginya kandungan vitamin C pada buah ini juga akan merangsang tubuh memproduksi kolagen yang berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Cukup makan dua buah acerola saban hari, kulit Anda akan awet dan terhindar dari penuaan diri.

Penyakit kudis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C itu dengan mudah bisa dicegah oleh acerola ini.

8. Mencegah kerusakan rambut

Memiliki karotenoid dan flavonoid, buah acerola bermanfaat dalam hal regenerasi sel sel rambut.

Efek samping

Buah ini aman untuk setiap orang, idealnya dimakan dalam keadaan segar.

Kalaupun ada masalah setelah makan buah ini, itu hanya terjadi pada orang yang memiliki ganguan pencernaan. Bisa menimbulkan mual, disebabkan rasanya yang asam.

Jika dibuat jus harus segera dikonsumsi, cenderung rusak jika dibiarkan berlama lama.

Masukkan secangkir buah acerola dan secangkir air matang ke dalam blender. Haluskan dan kemudian hasilnya disaring. Diminum tanpa gula.

Jika dimakan rutin,  buah segar sehari hari yang disarankan untuk dimakan antara enam sampai delapan buah.

Berlebihan bisa diare.

Demikianlah tentang 8 manfaat buah acerola untuk kesehatan ini, semoga ada manfaatnya, berguna buat Anda untuk meningkatkan kesehatan.

Salam sehat untuk Anda semua.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel