Manfat Buah Bit Untuk kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Bit adalah sayuran dengan ciri khas warnanya yang ungu. Umbi yang rasanya manis ini bisa dimakan segar begitu saja, diparut atau dibuat jus. Untuk pengobatan biasanya dimakan mentah. Jika bit dimasak nutrisinya akan berkurang. Semakin lama memasaknya akan semakin banyak kehilangan nutrisi. Jika memang tidak suka mentah dan harus dimasak, dikukus mungkin jauh lebih baik. Daun tumbuhan ini juga bisa dimakan. Rasanya mirip bayam.

Sebagai obat, bit berguna untuk mencegah atau mengatasi beragam penyakit. Batuk, anemia, pneumonia, tekanan darah tinggi adalah beberapa di antaranya.

Selanjutnya di bawah ini terdapat uraian tentang manfaat dan cara mengolah buah bit ini untuk mengobati atau mencegah beberapa penyakit.

Manfaat Buah Bit Dan Cara Mengolahnya

buah-bit

1. Mengobati batuk

Satu buah bit dipotong potong atau diiris tipis dicampur dengan 2 sdm gula pasir. Masukkan ramuan ini dalam gelas, ditutup kemudian disimpan dalam kulkas. Setelah 24 jam ramuan sudah siap digunakan dengan dosis 2 sdm tiga kali sehari. Dosis untuk anak adalah setengahnya.

Itu adalah ramuan yang meredakan batuk, antiradang alami yang akan dibawa oleh darah menuju tenggorokan, tempat  batuk itu berasal. 

Sekedar catatan,obat batuk berbentuk sirup ini tidak disarankan untuk penderita diabetes karena resikonya bisa menaikkan glukosa darah.

Selain ramuan tadi rutin makan buah bit juga bermanfaat membantu penyembuhan batuk.

2. Mengobati anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam tubuh. Badan akan terasa lemah, stamina berkurang, cepat lelah. Muka terlihat pucat dan kepala sering pusing. Daya ingatpun menjadi jauh berkurang. 

Itu semua adalah tanda tanda anemia. 

Anda sedang kekurangan nutrisi, terutama zat besi yang tugasnya mengaktifkan sel darah merah dalam darah. Tubuh Anda juga sedang kekurangan vitamin B. 

Buah bit kaya akan kedua nutrisi tersebut. Dan memang buah bit ini biasa digunakan untuk menutupi kurangnya  hemoglobin Anda, yang terjadi karena nutrisi yang tidak cukup tadi.

Cara mengolahnya ?

Parut 3 buah bit, siapkan juga 1 gelas gula merah yang sudah diparut. Keduanya dikukus. Tidak langsung digunakan. Setelah dikukus dan didinginkan disimpan dulu tiga hari lamanya. Nanti ramuan itu akan berubah bentuk menjadi cairan. Saring cairan itu.

Diminum 2 sdm sebelum makan siang, dan nanti sebelum makan malam minum 1 sdm.

Biasanya penurunan hemoglobin Anda akan teratasi serta  kadar hemoglobin akan naik karena bit memang  mampu meningkatkannya. Anda akan bebas dari anemia. 

Tapi jika masih terjadi penurunan langkah terbaik adalah menemui dokter. Itu penting. 

Karena penyakit anemia bukanlah semata mata akibat kekurangan zat besi. Masih banyak penyebab lain seperti karena kekurangan vitamin B12 atau B12, komplikasi akibat penyakit kronis, karena lain lain yang dokter adalah fihak paling faham tentang itu.

Anda akan disarankan apakah meneruskan penggunaan ramuan ini atau segera berhenti.

3. Mengobati pneumonia

Masalah pernafasan yaitu pneumonia, ini adalah penyakit yang bisa membuat badan demam dan menggigil, batuk berat dengan dahak yang banyak dan sakit di tenggorokan. Tubuh tak bertenaga.

Buah bit ini bisa digunakan mengobati pneumonia dengan cara mengolahnya persis seperti membuat ramuan untuk mengobati anemia di atas. 

Berhubung pneumonia adalah penyakit serius, adalah hal yang bijaksana jika Anda berkonsultasi dulu dengan ahli medis sebelum menggunakan obat ini.

Menggunakan bit sebagai obat alternatif mengobati pneumonia bisa Anda lakukan jika diizinkan dokter.

4. Mengobati tekanan darah tinggi

Manfaat buah bit bisa mengobati tekanan darah tinggi ada kaitannya dengan kandungan nitrat dalam buah bit ini.

Kadar nitrat yang tinggi dalam bit berguna sebagai vadodilator, yaitu membuat pembuluh darah tetap melebar sehingga aliran darah tidak terganggu.

Cara penggunaannya dengan mengkonsumsi umbi bit secara rutin dan teratur.

5. Mencegah sembelit

Kandungan seratnya bermanfaat meningkatkan kerja usus. Mengolah buah bit menjadi jus dan mengkonsumsinya juga bermanfaat mencegah kandungan asam yang rendah di dalam perut, yang biasanya terjadi karena stress, pola makan salah dan kebanyakan minum alkohol. Jus bit juga akan melunakkan tinja yang membuat proses buang air besar menjadi lancar sehingga sembelit tidak akan Anda alami.

6. Mendukung kesehatan janin

Buah bit yang kaya zat besi, kalsium dan berbagai vitamin ini adalah makanan penuh manfaat untuk orang hamil dan calon bayinya.

Folat yang terdapat dalam bit ini adalah nutrisi penting untuk janin.Terutama karena perannya dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

Ibu hamil akan terjamin ketercukupan asam folat dalam tubuhnya jika mengkonsumsi buah bit dalam jumlah tepat.

Efek samping buah bit

Buah bit yang kaya zat besi, kalsium dan berbagai vitamin ini adalah makanan penuh manfaat, baik untuk orang hamil dan bayi.

Secara umum umbi ini bersifat mempercepat penyembuhan  Dan bisa membuat tampilan rambut lebih baik. Hal yang sama juga untuk kuku dan kulit.

Pengidap tekanan darah rendah sebaiknya tidak mengkonsumsi bit  atau jus bit. 

Hampir tidak ada efek samping serius akibat mengkonsumsi buah bit ini. Jika terjadi perubahan warna urin atau tinja  menjadi ungu, itu bukan masalah.

Nanti warnanya itu akan normal kembali.

Demikian tentang manfaat buah bit dan cara mengolahnya ini, dengan harapan semoga dapat menambah wawasan.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel