9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah yang cocok dimakan saat cuaca sedang panas terik. Kandungan airnya 82 %. Tingginya kandungan air buah leci ini akan membantu menjaga Anda terhindar dari dehidrasi. Rasa daging buahnya yang berwarna putih ini segar manis

Yang terutama adalah manfaatnya untuk tubuh. Leci mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mampu mencegah obesitas. 

Leci juga berkhasiat untuk mengobati beberapa gangguan  kesehatan yang terjadi pada tubuh.

Untuk lebih lengkap tentang manfaat buah leci ini marilah kita simak berikut di bawah ini.

Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh

buah-leci

1. Mengobati gangguan pada kulit

Leci mengandung senyawa fenolik. Senyawa fenolik itu bermanfaat mencegah penuaan dini. Meremajakan sel sel kulit. Serta dapat menjaga kulit terhindar dari dampak buruk sinar ultraviolet. Kulit yang bermasalah karena sengatan matahari juga bisa diatasi dengan menggunakan daging buah leci ini sebagai obatnya.

Manfaat leci untuk kulit semakin lengkap karena buah leci ini kaya akan vitamin C, yang untuk tubuh berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Masalah kulit seperti jerawat juga bisa diobati.

Bukan hanya sekedar mengobati jerawat, selanjutnya buah leci akan membuat kulit menjadi halus. Noda noda lain yang ada pada kulit juga akan dibuat lenyap. 

Buah leci tanpa biji dan kulitnya dihancurkan, diuleni sampai menjadi pasta. Celupkan kapas pada pasta ini dan oleskan pada sekujur wajah. Biarkan sekitar seperempat jam baru dicuci dengan air dingin.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Buah leci mengandung berbagai mineral. Ini mendukung tercapainya suasana hati menuju terjadinya tidur yang berkualitas.

3. Mendukung pertumbuhan kuku dan rambut

Senyawa fenolik yang antioksidan ini akan merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah bahan penting untuk pembentukan struktur pada kuku dan rambut. Kolagen juga berguna sebagai menghambat pengaruh radikal bebas pada keduanya.

Daging buah leci dilumat, dicampur dengan gel lidah buaya, dioleskan pada rambut sampai ke kulit kepala, biarkan satu jam baru dicuci, ini adalah ramuan yang berkhasiat menyuburkan rambut Anda.

Buah leci melengkapi kuku dan rambut dengan kecukupan nutrisi. 

Sirkulasi darah pun terjamin. Hingga daya tumbuh kuku rambut tidak terhambat karena telah menjadi sehat.

4. Mencegah katarak

Buah kecil bernama leci ini memang kaya manfaat. 

Berhubungan dengan kemampuannya yang bisa mencegah salah satu pemicu katarak yaitu pertumbuhan sel yang abnormal.  Buah leci bisa memberi manfaat yang bagus untuk mencegah katarak.

5. Mencegah sakit jantung

Oligonol adalah senyawa penting pada buah leci. Khasiatnya mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah tetap maksimal.

6. Mencegah sakit liver

Selain sakit jantung dan penyakit kardiovaskular lain leci juga dapat mencegah penyakit hati. Zat zat penting pada daging buah ini berguna untuk mengurangi kerusakan sel sel hati. Rutin mengkonsumsi leci setelah makan akan mencegah Anda dari resiko penyakit hati atau liver.

7. Mengobati flu

Buah leci mengandung senyawa lain yang berguna untuk melawan virus termasuk virus penyebab flu. Vitamin C yang terkenal sebagai vitamin kuat untuk kekebalan tubuh itu banyak terkandung dalam buah ini.

8.Mencegah obesitas

Mengandung karbohidrat tapi kaya serat. Leci berkhasiat mencegah penimbunan lemak dalam tubuh. Jumlah kalori rendah dan indeks glikemiknya juga rendah. 

Beberapa alasan ini sudah cukup untuk memakan buah leci sebagai pencegah obesitas.

9. Mencegah sembelit

Bukan cuma karena kandungan airnya yang tinggi. Kandungan serat pun tinggi. Ditambah lagi oleh pektin, ketiga kandungan ini membuat leci sebagai makanan bermanfaat untuk menormalkan kerja usus dan keseluruhan saluran pencernaan.

Nutrisi pada leci juga bermanfaat mencegah kanker usus besar dan mengurangi resiko sembelit.

Apakah buah leci berbahaya ?

Buah leci tidak berbahaya. 

Asal tidak dimakan dengan perut yang masih kosong. Juga tidak memakan biji dan kulitnya, tidak disertakan juga untuk keperluan pengobatan. Dan jangan makan dalam keadaan belum matang.

Dulu pernah buah leci ini dianggap berbahaya. Bahkan dipercaya bisa menyebabkan kematian. Ini sehubungan dengan peristiwa di India. 

Pada suatu daerah yang banyak perkebunan leci. Banyak anak anak yang mengalami kasus sakit parah setelah makan buah leci. Mereka kejang dan demam. 

Juga terjadi perubahan mental akibat gangguan fungsi otak.

Sebenarnya itu benar adanya. 

Kandungan hipoglisin terdapat pada buah ini. Hipoglisin ini membuat kadar gula darah turun. Menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan oleh orang yang tingkat glukosanya tidak cukup.

Melansir berita dari CNN leci ini diduga telah menyebabkan epidemi penyakit misterius di India.

Itu sebabnya buah leci tidak boleh dimakan saat perut masih kosong. Apalagi oleh orang yang kadar glukosanya rendah.

Anda sedang melihat seorang anak yang asyik makan leci mentah atau belum dikupas ?

Beri dia satu sendok gula dan siap siap saja untuk membawanya ke rumah sakit.

Sekian tentang manfaat buah leci untuk tubuh ini semoga ada hikmah dan manfaatnya.


Referensi :

CNN. Diakses 21/1/2022. Fruits and veggies that could poison you.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel