12 Manfaat Daun Jambu Biji Dan Cara Menggunakannya

Banyak orang yang gemar makan buah jambu biji. Rasanya  manis segar. Diketahui juga buah jambu biji adalah sumber vitamin A, B   kompleks dan sangat terkenal dengan kandungannya yang  tinggi vitamin C. Buah jambu biji, selain enak juga penuh nutrisi penting yang bermanfaat buat kesehatan.

Tapi selain buah jambu biji, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa daun jambu biji juga memiliki sejumlah manfaat  kesehatan. Bisa mengobati demam berdarah, sakit maag, kolera, diare, sakit perut serta mampu mengobati berbagai penyakit yang menimpa kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Untuk lebih detilnya marilah kita simak saja beberapa manfaat daun jambu tersebut untuk kesehatan.

Manfaat Daun Jambu Biji Dan Cara Menggunakannya

daun-jambu-biji

1. Mencegah obesitas

Daun jambu biji memiliki kandungan senyawa quercetin. Itu alasan utama yang membuat daun jambu biji ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah obesitas. Proses terbentuknya sel lemak di dalam tubuh bisa dibendung oleh quercetin ini. Bobot Anda dapat dikontrol. Tidak naik dan tidak bertambah. Berat ideal Anda terpelihara serta tetap terjaga. 

Manfaat daun jambu biji bukan cuma untuk mencegah obesitas. Bagi yang sudah kadung kegemukan, manfaat daun jambu biji juga bisa menurunkan berat badan. Selain berkat quercetin,  daun jambu biji masih memilik kandungan catechin. Kandungan ini juga memiliki kemampuan membakar lemak.

2. Mencegah kolesterol

Lemak jahat pembentuk plak pada pembuluh darah  bisa dihambat oleh senyawa quercetin. Mengkonsumsi daun jambu bisa membuat tubuh Anda terhindar dari penumpukan kolesterol.

Minum segelas teh daun jambu biji adalah cara penggunaan paling terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kolesterol itu. 

Diminum rutin setiap hari selama 3 bulan.

3. Mencegah diabetes 

Aktivitas senyawa daun jambu biji tidak hanya sekedar membakar lemak. Senyawa daun jambu biji juga dapat mengontrol kadar gula darah. 

Memiliki efek menormalkan kadar gula darah, termasuk  kadarnya saat berada di bawah normal.

Daun jambu biji ini membuat tubuh Anda aman dari resiko diabetes, terutama diabetes type 2.

Penggunaannya minumlah teh daun jambu biji selama 12 minggu.

Gula darah akan turun, tanpa diiringi peningkatan insulin

4. Mencegah kanker

Kalangan ahli herbal sangat mengenal daun jambu biji sebagai herbal terpercaya pencegah kanker. Khasiat minyak daun jambu ini bahkan empat kali lebih ampuh dari obat obat tertentu pencegah kanker.

Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah itu adalah kanker lambung dan kanker payudara pada wanita. Juga kanker kelenjar prostat dan kanker yang terdapat pada mulut.

Tingginya kadar antioksidan daun jambu biji inilah yang membuatnya mampu mencegah semua itu. 

Mencegah berbagai kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Mengobati demam berdarah

Daun jambu biji yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah ini adalah obat alami yang baik untuk proses penyembuhan  demam berdarah.

Gunakan 5 gelas air untuk merebus 9 lembar daun segarnya. Setelah mendidih saring airnya dan minum tiga kali sehari masing masing 1 gelas setiap minum.

Ramuan itu bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit dan menyembuhkan demam berdarah.

6. Mengobati sakit maag

Kandungan metanolnya bermanfaat mengobati sakit maag  serta menyembuhkan luka atau iritasi pada saluran pencernaan.

7. Mencegah penyakit kolera

Daun jambu ini adalah antibakteri yang kuat, mampu membasmi berbagai mikroba  termasuk bakteri vibrio cholera.

8. Mengobati diare

Sudah tidak perlu lagi meragukan manfaat daun jambu biji ini sebagai obat tradisional mengobati diare.

Daun herbal ini sangat efektif mengatasi masalah usus besar yang tidak bekerja maksimal. Yang tidak berfungsi untuk menyerap air akibat infeksi bakteri staphylococcus aureus.

Tanin pada daun jambu biji  berfungsi sebagai zat anti oksidan dan antiinflamasi. Itu akan membantu mengurangi dan meredakan peradangan yang terjadi akibat diare.

Daun keringnya seberat 30 gram ditambah tepung beras 1/2 gelas, direbus menggunakan air dua gelas. Hasil rebusan kemudian disaring. Diminum dua kali sehari, dalam waktu singkat diare Anda akan berhenti.

Untuk sakit disentri, iris atau potong potong daun jambu biji,  potong juga kulit buahnya, rebus dengan api yang tidak terlalu besar. Saring dan minum airnya 2-4 kali sehari sampai disentri Anda sembuh.

9. Mengobati sakit perut

Daun jambu biji dapat merangsang produksi enzim pencernaan. Itu berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Sebagai anti bakteri bisa menangkal dampak enzim beracun.

Bisa mengobati sakit perut terutama yang disebabkan oleh keracunan makanan. 

Minumlah air ramuan yang terbuat dari 4 lembar daun jambu biji yang direbus menggunakan air 750 ml. Diminum tiga kali sehari, sakit perut Anda akan reda, mual dan muntah muntah juga  akan berhenti.

10. Mencegah penyakit kulit

Daun serba manfaat ini memiliki senyawa etil asetat. Untuk kulit itu bermanfaat mencegah penuaan.

Berguna pula untuk mencegah timbulnya penyakit kulit, terutama radang kulit atau dermatitis.

Tindakan penyembuhan dan pemulihannya sangat cepat.

Khusus untuk wajah daun jambu biji biasanya digunakan dengan cara mengkompreskan daunnya langsung pada pada area yang berjerawat.

Minum segelas teh daun jambu biji setiap hari bermanfaat menjaga kulit Anda lebih kuat menghadapi gangguan penyakit.

11. Mengurangi rasa nyeri

Rasa nyeri yang dirasakan akibat radang sendi dapat diatasi berkat kandungan quercetin pada daun jambu biji ini. Anti-inflamasinya ampuh meredakan nyeri karena sakit gigi, gusi bengkak dan sariawan. Gunakan teh daun jambu biji ini sebagai obat kumur maka rasa nyeri langsung berkurang bahkan hilang dama sekali.

Selain beberapa efek signifikan dari quercetin yang tadi sudah disebut di atas, quercetin ini juga membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi karena infeksi.

12.  Mencegah kebotakan

Kerontokan rambut sangat membuat panik bagi pria apalagi wanita. Anda mulai merasakan ini saat bangun pagi melihat begitu banyak rambut rontok yang telah menutupi bantal Anda.

Daun jambu dapat memberi manfaat besar pada setiap helai rambut Anda. Membantu pertumbuhan rambut, mencegah rontok, kembali membuatnya sehat kuat. Daun ini  banyak mengandung vitamin A, vitamin B dan C, potasium dan likopen.

Mampu meningkatkan produksi kolagen di akar rambut, berkhasiat meningkatkan pertumbuhan.

Manfaatkanlah daun jambu biji ini.

Cara penggunaannya mudah, cuma dengan mengoleskan teh daun jambu langsung ke kulit kepala.

Bagaimana cara membuat teh daun jambu ini ?

- masak dua gelas air, begitu air mulai mendidih masukkan daun segar jambu biji secukupnya. Tunggu 30 detik saja, segera matikan api, langsung tutup. Seperempat jam kemudian baru dibuka dan airnya disaring.

Tunggu agar panasnya turun. Selanjutnya oleskan ke kulit kepala. Biarkan beberapa jam dan kalau mau Anda bisa membiarkannya semalaman sebelum dibilas esok pagi.

Demikianlah 12 manfaat daun jambu biji dan cara menggunakannya ini, semoga Anda dapat memperoleh faedah yang berguna untuk peningkatan kesehatan.

Terimakasih dan salam sehat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel