Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Wajah Dan Cara Menggunakannya

Oarmeal itu makanan kaya nutrisi. Cocok untuk semua jenis makanan dan bahan populer untuk cereal. Untuk kesehatan oatmeal ini adalah  makanan yang banyak manfaat. Oatmeal kaya serat. Mampu untuk meningkatkan sistem pencernaan. Termasuk masalah pada usus, yang secara tak langsung itu berhubungan dengan kulit wajah karena usus yang sehat dan bekerja baik bisa membuat kulit wajah yang baik. 

Bahwa oatmeal memberi manfaat untuk kulit, itu telah diketahui sejak dulu. Ribuan tahun lalu bangsa Arab dan Romawi telah menggunakan oatmeal ini untuk meningkatkan tampilan kulit, termasuk kulit wajah.

Manfaat dan khasiatnya memang banyak. Membuat kulit jadi lebih kencang dan elastis. Oatmeal  mengandung bermacam nutrisi yang berkhasiat ampuh mengatasi masalah kulit. Seperti beta-glukan yang khasiatnya Tinggi kandungan amino amino. Ada asam avenat, asam salisilat dan asam pantonenat. Dan Vitamin B1, B2.

Baiklah kita simak saja lebih jauh tentang manfaat oatmeal ini untuk kulit wajah.

Beberapa Manfaat Oatmeal Untuk Wajah Dan Cara Menggunakannya

oatmeal

1. Pembersih

Oatmeal adalah pembersih berkhasiat tinggi. Kotoran serta minyak pada pori pori kulit bisa dibersihkan. Sel sel kulit mati yang menutupi pori pori akan disapu bersih. Anda bisa membuat masker oatmeal untuk pembersih ini dengan bahan:

1 sdm oatmeal yang telah digiling halus, 2 sdm madu, 0,75 sdt air mawar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Agar rata lebih sempurna diamkan dulu selama lima menit.

Oleskan campuran ini ke sekujur wajah, biarkan hingga setengah jam baru dibersihkan mengunakan air hangat.

Itu adalah masker pembersih yang bisa digunakan oleh setiap orang, untuk setiap jenis kulit, baik kulit berminyak dan berjerawat. 

Jika mau Anda bisa menggunakan campuran ini setiap hari ke wajah Anda.

Karena oatmeal ini bisa digunakan setiap orang dengan usia berapa pun.

Kecuali yang alergi pada bahannya.

Anda tidak perlu khawatir dengan oatmeal ini, efek pembersihnya tidak akan membuat iritasi.

2. Mencerahkan kulit wajah

Area yang bernoda pada kulit wajah memberi efek penampilan yang kusam dan ini tak dikehendaki setiap orang. Apalagi kaum wanita.

Oatmeal adalah salah satu bahan favorit untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Itu sebabnya produk produk industri perawatan kulit banyak yang menggunakan oatmeal sebagai bahan pokok.

Perawatan dengan oatmeal ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara mencampur oatmeal dengan perasan jeruk lemon, aduk sampai rata lalu oleskan pada wajah. Biarkan setidaknya 20 menit. Kemudian dibersihkan menggunakan air dingin.

Perawatan ini Anda lakukan dua kali seminggu di malam hari. Tidak disarankan di siang hari, kulit yang diolesi lemon rentan  mengalami efek negatif jika kena sinar matahari.

3. Melembabkan kulit

Oatmeal mengandung beta-glukan, senyawa ini akan membentuk lapisan tipis pada kulit. Itu akan melindungi kulit  Anda. Manfaat positif bera-glukan yang melembabkan ini akan merasuk, menembus jauh ke bawah. Itu yang menjamin hidrasi pada kulit Anda.

Cobalah membuat masker dari oatmeal, Anda aduk 3 sdm oatmeal ini dengan 4 sdm susu, setelah keduanya padu simpan dan diamkan sepuluh menit. Jika kulit Anda termasuk kategori kulit berminyak ganti susu itu dengan air.

Kemudian Anda gunakan dengan mengoleskannya ke kulit wajah.

 Oleskan mulai dari bawah, dengan arah memutar sampai ke atas agar sirkulasi darah di wajah Anda meningkat. Biarkan masker ini tetap di wajah 20 menit lamanya.

Masker oatmeal tadi adalah pelembab alami, buatlah sekali setiap minggu.

Selain itu oatmeal akan mengangkat sel sel kulit mati di wajah.

 Menyembuhkan luka atau bekas iritasi ringan, bahkan sejak berabad abad lalu oatmeal ini telah digunakan sebagai obat kulit yang terkena cacar air, eksim atau luka bekas gigitan serangga. 

Kemampuannya yang membuat kelembaban kulit wajah tetap  terjaga itu juga didukung oleh peningkatan kekebalan kulit. 

4. Melindungi kulit dari dampak bahan kimia

Kemungkinan kulit Anda terkena eksim akan aman berkat oatmeal sebagai penghalang dampak bahan kimia. Kulit juga akan terhindar dari rosacea dan ruam. Pengaruh sinar ultraviolet akan dibendung. Lapisan pelindung oatmeal akan selalu menjaga kulit Anda.

5. Mencegah jerawat

Pada segelas susu masukkan 2 sdm oatmeal, aduk sampai homogen. Oleskan ke wajah dan biarkan campuran ini  tetap di wajah selama 20 menit baru dibersihkan.

Cara lain penggunaannya : haluskan 2 sdm oatmeal dengan blender, setelah halus campur dengan 1 sdt baking soda. Kedua bahan dibuat menjadi pasta setelah dicampur dengan air secukupnya. Pasta ini dioles ke wajah yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Pasta dibiarkan di wajah sekitar 10 menit kemudian dibilas.


Selain beberapa cara menggunakan oatmeal untuk kulit wajah seperti yang telah diuraikan di atas cara lainnya adalah bisa menggunakan oatmeal secara oral.

Namun itu butuh waktu lama untuk melihat hasilnya.

Di pasaran banyak tersedia krim oatmeal. Tapi umumnya tidak cocok untuk kulit berminyak.

Cara paling aman adalah membuat campuran buatan sendiri.

Beberapa cara di atas contohnya

Sekian tentang manfaat oatmeal untuk kulit wajah dan cara menggunakannya ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel