8 Manfaat Minyak Kemenyan Untuk Kesehatan

Pada zaman dahulu minyak atsiri kemenyan umumnya digunakan sebagai parfum. Juga untuk pelengkap ritual. Kini di zaman modern sekarang, ini adalah minyak aromaterapi yang memiliki banyak manfaat. Sebagai obat penyembuhan kandungannya diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah yang akhirnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit. 

Penggunaan untuk perbaikan penampilan kulit ini terutama sekali digunakan di negara negara barat. Masyarakat timur umumnya menggunakannya sebagai penyembuh luka. Termasuk juga untuk mengobati kusta. Beragam sebenarnya manfaat minyak essensial kemenyan ini

Beberapa di antaranya akan diulas, berikut di bawah ini.

Manfaat Minyak Kemenyan Untuk Kesehatan

minyak-kemenyan

1. Penyembuh luka

Minyak kemenyan adalah anti mikroba yang bisa membunuh bakteri dan mikroba lain.Sejak dahulu telah digunakan sebagai penyembuh luka.

Dioleskan pada kulit yang luka atau memar. Ampuh juga mengatasi luka akibat gigitan serangga.

Minyak kemenyan 1 tetes dicampurkan pada 2 sdm minyak kelapa adalah obat luka yang bersifat antiseptik. Ampuh mengobati luka ringan

2. Anti radang

Minyak kemenyan paling sering digunakan sebagai anti radang.

Hasilnya memang efektif. Rasa sakit jadi berkurang karena sifat anti nyerinya. Peradangan pada otot atau sendi sembuh. Bisa meredakan gejala pilek dan flu.

3. Menguatkan tulang

Sebagai obat alternatif minyak kemenyan andal menjaga tulang tetap prima dan kuat.

Mencegah tulang menjadi rapuh dan tidak mudah patah.

4. Meredakan kecemasan

Minyak kemenyan ini bisa memperbaiki nafas Anda yang cepat dan memburu. Memperlambat  dan membuatnya menjadi lebih tenang. Manfaat positifnya mental yang sedang dilanda gelisah atau cemas bisa berubah menjadi santai. Suasana kini penuh dengan kedamaian mental.

Itu sebabnya minyak essensial ini dulu sering digunakan orang sebelum melakukan meditasi.

Manfaat lainnya membuat tidur lebih berkualitas, lebih nyenyak.

Cara penggunaannya, beberapa tetes dimasukkan ke dalam air yang baru mendidih. Dekatkan wajah Anda dan tarik nafas dalam dalam untuk menghirup uapnya.

5. Relaksasi otot

Minyak essensial ini juga bisa digunakan sebagai minyak urut untuk  memulihkan otot otot yang pegal setelah beraktivitas seharian. 

Minyak kemenyan yang telah Anda encerkan dengan minyak kelapa dioleskan pada otot otot tangan atau telapak kaki atau pada bagian tubuh manapun yang terasa penat.

Setelah dipijat Anda akan mendapatkan efek relaksasi, tenaga serasa pulih kembali dan tentu saja Anda akan lebih siap untuk aktivitas esok hari.

6. Meredakan asma

Menghirupnya selain untuk mengatasi stress Anda juga bermanfaat buat penderita asma. 

Asma adalah penyakit yang berbahaya buat kehidupan. Penyakit yang membuat nafas sesak dan rasa berat di dalam dada. Hembusan nafas berbunyi, diiringi batuk yang buruk.

Siapkan air mendidih 1 liter dan masukkan sekitar 7-8 tetes minyak kemenyan. Tutupi kepala dengan handuk dan hiruplah uapnya berkali kali.

Yang terbaik Anda melakukannya berulang ulang selama 15 menit .

Minyak essensial kemenyan adalah dekongestan yang effisien. 

Bisa juga digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan gangguan lain terkait sistem pernafasan.

7. Meremajakan kulit

Di negara negara barat minyak essensial kemenyan telah lamaini biasa digunakan untuk kesehatan kulit. Untuk mencegah penuaan dini.

Berkhasiat melembabkan dan menghaluskan kulit. Kulit yang lelah dan berkerut dibuat kencang, kembali muda. Sifar astringennya membuat Anda bebas dari kulit berminyak.

Juga berkhasiat menyembuhkan luka di kulit, bisul. Pada kulit yang bermasalah karena peradangan yang menimbulkan jerawatpun bisa diobati. Satu atau dua tetes dimasukkan ke dalam krim pelembab yang biasa Anda. gunakan sebagai lotion.

8. Menyehatkan rambut

Campurkan beberapa tetes minyak essensial kemenyan ini ke dalam shampo yang biasa Anda gunakan. Gunakan untuk keramas.

Untuk penggunaan lain Anda bisa menambahkan 3 tetes ke dalam 1 sdm minyak kelapa. Pijat pijat sampai menyentuh akar rambut, diamkan sepuluh menit dan kemudian dibilas.

Akar rambut Anda akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Cara penggunaan dan efek samping minyak kemenyan

Pertama tama yang perlu diingat minyak kemenyan bukan untuk dikonsumsi. Menelan sedikit saja minyak essensil ini bisa membuat masalah serius buat kesehatan karena beracun.

Tidak menggunakannya secara internal adalah cara paling aman.

Hindari penggunaan yang bisa membuat kontak dengan area sensitif sepert mata. Jangan sampai masuk ke dalam lubang telinga

Tidak menggunakannya dalam bentuk minyak essensial murni. 

Harus diencerkan dahulu. 

Diteteskan paling banyak tiga tetes ke dalam 1 sdm minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak wijen. 

Baru digunakan sebagai minyak oles atau untuk mengurut.

Demikianlah tentang manfaat minyak kemenyan untuk kesehatan ini, semoga berfaedah. Jangan lupa untuk menghentikan penggunaannya jika Anda mengalami mual, diare dan reaksi negatif pada kulit seperti ruam. Itu pertanda bahwa Anda alergi pada minyak essensial ini.

Salam sehat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel