11 Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Tanaman ini tumbuh di beberapa negara tropis. Berasal dari Afrika bagian utara, beberapa negara di Timur Tengah dan Asia. Terkenal sebagai tanaman obat dengan khasiatnya sebagai pencahar yang kuat. Juga berkhasiat mengatasi beberapa masalah pada kulit. Daun senna termasuk sebagai tanaman obat yang menyumbang banyak manfaat untuk tubuh.

Ketenarannya memang sebagai obat alami untuk pencahar. Tetapi daun senna juga memiliki keunggulan yang lain. Bahkan daun senna telah lama digunakan sebagai komponen penting dalam berbagai produk farmasi.

Khasiat paling utama diperoleh dari daunnya. Buahnya juga bermanfaat. Tapi tidak seefektif daun senna.

Beberapa Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

daun-senna

1. Pencahar alami

Daun senna sebagai pencahar alami. Ini adalah manfaatnya yang paling terkenal. Efeknya sangat kuat. Herba ini mampu membasmi bakteri di usus dan memicu kontraksi. Anda bisa buktikan sendiri hasil kerja daun senna ini. Tidak lama setelah mengkonsumsi daunnya segera bersiaplah ke toilet.

Anda juga bisa memanfaatkan senna dengan cara berbeda karena mungkin tidak suka dengan rasanya yang pahit. Contohnya mengkonsumsi kapsulnya dengan konsentrasi antara 50 sampai 100 mg. Senna 75 mg mungkin cocok. Hasilnya dalam 6 sampai 12 jam Anda akan buang air besar.

Sayangnya manfaat tumbuhan ini sebagai pencahar sering disalah artikan.Sebagian pihak menganggap daun senna bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Padahal yang terjadi adalah isi usus Anda yang terkuras habis akibat tindakan daun senna yang pencahar.

Melansir artikel healthline daun senna tidak boleh digunakan untuk menurunkan berat badan.

Benar, saat itu memang daun senna ini bisa menurunkan berat badan.

Tapi itu cuma sebentar.

2. Diuretik

Mirip seperti manfaat di atas tapi yang dikeluarkan beda materi. Selain manfaatnya membuang cairan daun senna juga dapat membantu menguatkan otot otot pada saluran kemih.

3. Mengeluarkan racun 

Berkaitan dengan dua manfaat sebelumnya daun senna juga berkhasiat menghilangkan racun dan mengeluarkan makanan yang tidak tercerna dari usus.

Sebagai detoksifikadi alami daun senna mendukung kerja usus. Meningkatkan fungsi hati. Sehingga kedua organ tersebut merangsang keluarnya racun, keluar bersama atau di dalam tinja dan urin.

4. Mencegah batu empedu

Salah satu manfaat khas tumbuhan ini adalah sebagai kolagog yang baik. Daun ini mengandung zat cholagogues, zat yang dapat merangsang keluarnya batu empedu dari dalam kantong empedu. Manfaat itu masih ditambah lagi dengan manfaat daun senna yang juga berkhasiat meningkatkan kekuatan kantong empedu.

5. Mencegah pembengkakan

Pembengkakan yang bisa terjadi akibat kelebihan cairan dalam tubuh bisa dicegah berkat sifat daun senna yang diuretik ini. Sifatnya sebagai anti inflamasi ringan berkhasiat meredakan pembengkakan baik internal maupun eksternal.

6. Membantu mengatasi iritasi usus

Sebagai pencahar daun senna bermanfaat membantu peningkatan kesehatan usus. Makanan atau materi apa saja yang ada dalam usus yang berpotensi mengiritasi akan dikeluarkan.

Saran untuk penggunaannya memerlukan nasihat para ahli. Baik ahli medis maupun ahli herbal. 

Karena daun senna bisa berbahaya bagi orang yang sedang mengidap gangguan pencernaan. 

Atau yang alergi pada herba senna.

7. Mengobati wasir

Daun senna bisa memberi kemudahan dalam hal buang air besar, itu sudah jelas. Sebagai pencahar  melancarkan buang air besar karena dapat melunakkan tinja. Tekanan menjadi berkurang pada anus. Dan Anda akan terhindar dari kemungkinan mengidap wasir. 

Pun pada orang yang telah mengidap wasir. Sebaiknya segera sajalah mengunakan senna yang dapat meredakan pembengkakan ini. Daun senna juga berkhasiat mengobati luka robek pada dubur

8. Membasmi parasit di usus

Meminum air rebusan daun senna yang berkhasiat membasmi cacing adalah salah satu cara alami paling aman buat orang dewasa untuk membersihkan usus.

Sayang sekali daun senna ini tidak dianjurkan untuk anak anak.

9. Mengobati gangguan pencernaan

Senna adalah tanaman obat yang bisa meredakan perut kembung. Mengobati mual dan mulas. Orang yang sering bersendawa akibat mengidap dispepsia pun bisa diatasi.

Untuk mengurangi gas berlebihan dalam perut. Untuk keperluan ini pengunaan daun senna biasanya dikombinasikan dengan kapulaga. Juga bisa dengan rempah lain, contohnya adas atau jahe.

Dampak positif lain setelah menggunakannya bau mulut bisa lenyap.

10. Menyembuhkan infeksi

Seperti infeksi mulut dan radang gusi. 

Daun senna dengan minyak atsiri dan kandungan tanin serta berbagai senyawa ini adalah anti bakteri yang ampuh. Untuk membendung laju perkembangbiakan mikroorganisma, penyebab kedua infeksi tadi.

11. Mencegah rambut rontok

Meningkatkan kualitas kulit kepala. Membasmi ketombe. Keduanya adalah manfaat lain daun senna yang berhungan erat dengan pencegahan rambut rontok. Ramuan daun senna adalah kondisioner yang kuat.

Bermanfat untuk semua jenis rambut. Daun senna juga mencegah penipisan serta ujung rambut bercabang. Uban prematur tidak akan Anda alami

Untuk mencegah rambut rontok ramuan daun senna  dikombinasikan dengan bahan tambahan seperti rempah rempah. Juga teh herbal atau jus jeruk.

Penggunaan daun senna

Senna biasanya digunakan dalam bentuk ekstraknya. Direbus untuk mendapatkan ekstrak infus. Dosis daun senna cuma 1-8 gram  per hari. 

Cara membuat teh daun senna

Pada segelas air panas masukkan 05 hingga 2 gram(=1/4 sdt) ektrak kering daun senna. Tutup dan biarkan 10 menit. Sebelum diminum disaring dulu. Teh ini rasanya pahit, berwarna kekuningan. Hampir tidak beraroma.

Dikonsumsi satu kali sehari, diminum malam hari menjelang tidur. Cuma satu kali per hari. Lebih dari itu adalah berbahaya. Sekedar mengingatkan sebagian besar efek samping daun senna terjadi karena pengunaan yang overdosis. Mengkonsumsinya pun jangan melebihi sepuluh hari berturut turut.

Untuk memperoleh ektrak kering Anda bisa mengeringkannya lebih dahulu.Kemudian dihaluskan. Hasilnya adalah ekstrak kering dalam bentuk bubuk.

Dosis ekstrak kering yang dianjurkan adalah 20 mg per hari.

Demikian tentang 11 manfaat daun senna untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel