8 Manfaat Daun Zaitun Untuk Kesehatan

Zaitun paling terkenal dengan khasiat minyak ekstraknya. Dipercaya sebagai salah satu minyak paling menyehatkan. Minyak ekstrak itu biasanya diambil dari buahnya.

Selain buahnya daun zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena memiliki sifat vasolidator, antihipertensi, antidiabetes dan diuretik. Sebagai antimikroba daun zaitun sangat bagus untuk melawan bakteri atau mikroba lain. Mengkonsumsi daun yang rasanya sangat pahit itu berguna besar meningkatan daya tahan tubuh. Manfaat lain adalah berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Zaitun Untuk Kesehatan

daun-zaitun

1. Membantu menurunkan berat badan

Daun ini bisa membantu mengurangi berat badan. Ini berkaitan dengan manfaatnya yang bisa mengurangi kadar gula darah.

Akibatnya kadar insulin menjadi menurun. 

Pada gilirannya akumulasi lemak pada perut pun menjadi berkurang.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Daun zaitun bekerja merangsang aliran empedu. Bisa meredakan iritasi dan peradangan. Gastritis dan tukak lambung  bisa dicegah jadinya. Gangguan lain seperti keracunan juga bisa diredakan oleh daun zaitun. 

Senyawa fenolik sebagai antioksidan bisa menghambat meningkatnya perkembangbiakan jamur dan bakteri pada saluran pencernaan yang terutama berada di usus

Selain itu daun zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit.

3. Membantu mengobati kanker

Antioksidan daun zaitun menguatkan setiap sel dalam tubuh. 

Sehingga tidak mudah mengalami kerusakan akibat radikal bebas, penyebab kanker. 

Anti-nflamasi daun herbal ini berkhasiat mengurang perkembangan sel kanker. Bersama beberapa kandungan zat lain didalamnya daun zaitun dapat melawan virus virus penyebab kanker pankreas serta kanker payudara.

4. Mencegah hipertensi

Sebagai vasolidator daun zaitun yang bisa mengendurkan pembuluh darah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Pengobatan alami untuk hipertensi 

Daun zaitun ini juga bermanfaat mengatasi beberapa gangguan yang berhubungan dengan hipertensi seperti angina dan aritmia.

Air rebusan daunnya adalah obat hipertensi alami, bisa Anda buat sendiri dengan merebus 30 gr daun dengan seliter air. Diminum tiga gelas sehari.

Jika anda ingin menggunakan daun zaitun segar maka :

2 gelas air dimasak, begitu mendidih masukkan 2 gram daun zaitun segar, biarkan tetap mendidih dan matikan api 10 menit kemudian.

Penelitian juga menyatakan bahwa penderita hipertensi stadium 1 yang rutin dua kali sehari mengkonsumsi ekstrak daun zaitun 50 mg berhasil mendapat manfaat penting, yaitu tekanan darahnya menjadi berkurang.

Daun zaitun juga memberi efek menenangkan. Membuat rileks, yang berguna untuk mencegah kecemasan yang secara tak langsung bisa memicu hipertensi.

5. Mencegah peradangan

Oleocantal adalah nama senyawa pada daun zaitun ini. 

Berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang bisa menghambat peradangan serta penyakit lain yang berhubungan dengan inflamasi.

6. Mengobati  flu dan pilek

Rebusan daunnya bisa merangsang keluarnya keringat. Suhu tubuh menjadi berkurang. Penyakit ringan seperti flu dan pilek pun bisa sembuh. 

7. Mengobati sakit kulit

Melembutkan kulit adalah juga manfaat daun ini. Kulit menjadi sehat dan halus, terhindar dari kerutan.

Bisul, eksim, herpes simpleks bisa diobati oleh daun zaitun. 

Rebuslah 30 gr daun keringnya dengan seliter air, air rebusannya bisa dipakai untuk mencuci, mensterilkan dan membasmi mikroba pada luka. Hasilnya luka lebih cepat sembuh.

Selain beberapa penyakit tadi daun ini juga berguna untuk mengatasi gangguan kulit akibat gigitan serangga. 

Dan luka bakar.

8. Mencegah kolesterol

Rebusan daunnya berkhasiat melindungi tubuh dari kolestrlerol jahat. Mencegah plak pada pembuluh darah. Kandungan squalence pada daun zaitun itu yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.


Daun segarnya sangat pahit jika dimakan langsung. Paling jika ingin secara oral Anda cuma bisa menggunakannya dengan berkumur yang bermanfaat untuk gusi berdarah dan sakit gigi berlobang.

Cara penggunaan daun zaitun untuk obat.

Selain dengan perebusan seperti telah tercantum di atas ada cara lain untuk mengkonsumsi daun zaitun.

Menelan ekstrak daun zaitun yang sudah dikemas dalam kapsul, itu adalah cara paling mudah dan praktis. Rasa pahit daunnya tidak akan terasa.

Rasa daun zaitun memang sangat pahit.

Mengandung polufenol, itu yang membuat herba ini menjadi terlalu pahit jika dimakan langsung.

Ada cara lain untuk menggunakannya. Orang yang hendak minum obat daun zaitun bisa mengolahnya terlebih dahulu, yaitu membuat teh daun zaitun.

Rebus setengah liter air, setelah mendidih matikan api dan masukkan bubuk daun keringnya sebanyak 10 sdm. Tutup dan tunggu sampai agak dingin.

Minum beberapa kali sehari tanpa harus dipanaskan lagi.

Satu kendala untuk membuat teh ini adalah tidak setiap orang bisa memperoleh daun zaitun. Jika sudah begini Anda harus mengkonsumsi ekstraknya. 

Kapsul daun zaitun bisa dibeli di apotik, sambil selalu ingat untuk minta saran ahli medis terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Sekian tentang manfaat daun zaitun untuk kesehatan ini.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel