12 Manfaat Dewandaru Untuk Kesehatan

Nama latin tumbuhan ini eugenia uniflora. Sejenis ceri. Warna kulit buahnya berubah ubah, seiring perkembangan usianya. Mulai dari hijau, kuning, oranye dan merah kalau sudah matang.

Zat lycopene, zat yang membuat warna merah pada buah dewandaru ini sangat bermanfaat buat kesehatan. Sebagai antioksidan, bisa untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. Didukung berbagai vitamin dan mineral dewandaru pun mampu memerangi serta mengobati bermacam macam penyakit, antara lain seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Dewandaru Untuk Kesehatan

dewandaru

1. Melindungi jantung

Tekanan darah tinggi bisa membuat serangan jantung atau stroke. Semua ini erat hubungannya dengan jantung yang tidak sehat. Buah dewandaru adalah buah yang bagus untuk melindungi jantung. Kaya dengan antioksidan yang berkhasiat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. 

2. Meningkatkan fungsi paru paru

Dewandaru dengan sifat anti-inflamasinya itu pun bisa membantu meningkatkan fungsi paru paru agar terhindar dari infeksi maupun penyakit lainnya yang terkait paru paru.

3. Menguatkan tulang

Dewandaru yang kaya vitamin A ini bisa memberi manfaat banyak untuk membantu pembentukan tulang. Melindunginya agar kuat. Kandungan kalsium buah dewandaru memberi manfaat percepatan pemulihan jika tulang mengalami cedera.

4. Mengatasi peradangan

Arthritis dan asam urat, dua contoh gangguan karena peradangan. Pada keduanya buah kecil berwarna merah akan sangat berarti untuk mengurangi rasa sakit. Rajin mengkonsumsinya berguna  mencegah dan mengobati berbagai jenis peradangan.

Anda juga bisa terhindar dari gangguan lain terkait peradangan. Yaitu  pilek dan flu yang bisa mengakibatkan demam itu.

5. Mengobati diare

Dewandaru juga berkhasiat meningkatkan kerja sistem pencernaan.

 Diare bisa disembuhkan olehnya.

6. Membantu menurunkan berat badan

Dewandaru bisa dijadikan pilihan sebagai salah satu menu diet. 

Kalorinya rendah.

Dewandaru juga diuretik, bermanfat membantu mengeluarkan cairan melalui urin. Dengan pemakaian yang bijaksana, tidak mengkonsumsi berlebihan. 

Jus buah dewandaru positif bisa membantu program pelangsingan. Apalagi jika diiringi dengan olahraga yang konsisten.

Sebagai diuretik juga, manfaat yang sama bisa Anda peroleh dari daunnya, diolah menjadi teh.

7. Mencegah anemia

Jumlah hemoglobin akan meningkat, dewandaru penuh dengan zat besi yang bermanfaat merangsang pembentukan sel sel darah merah. Stamina Anda akan meningkat, jika selama ini Anda sering mengalami mata berkunang kunang, pusing atau tubuh terasa cepat lelah maka perlahan kondisi kondisi ini akan berkurang dan lenyap.

8. Mencegah penuaan dini

Dewandaru mampu membantu memerangi radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Kulit akan terjaga tetap kencang, terhindar dari kerutan dan noda noda hitam.

Dewandaru juga berkhasiat menghilangkan jerawat.

9. Menyehatkan rambut.

Daun dewandaru adalah astringen yamg baik untuk rambut terutama rambut berminyak. Daun ini juga akan mencukupi kebutuhan rambut akan mineral dan vitamin sehingga sangat bermanfaat pula untuk rambut kurus dan tipis 

10. Melindungi mata

Vitamin A pada dewandaru bermanfaat meningkatkan kesehatan mata. 

11. Mencegah kanker

Molekul DNA dalam tubuh akan dicegah dari resiko terjadinya mutasi sel. Dewandaru kaya kandungan fenol. 

Bersama antosianin, kedua senyawa ini adalah nutrisi istimewa yang sangat kuat mencegah degenerasi sel tadi yang jika tidak dicegah bisa membuat kanker.

12. Pengusir serangga

Kerubungan lalat yang kerap membawa bibit penyakit itu bisa diatasi dengan mengusirnya menggunakan daun dewandaru. Tebarkan saja daunnya di beberapa sudut ruangan maka lalat akan pergi dan tidak akan datang lagi.

Cara mengkonsumsi buah dewandaru

Buah segarnya boleh dimakan langsung. Sembilan puluh tiga persen mengandung air buah ini bisa menjaga Anda dari dehidrasi. Jangan berlebihan mengkonsumsinya. Dua ratus gram buah dewandaru per hari adalah batas maksimal. Umumnya tidak berdampak negatif pada tubuh. Paling cuma bobot Anda bertambah menjadi kegemukan. 

Rasanya manis campur sedikit asam. Aromanya segar. Pun jus buah dewandaru juga enak. Tapi harus segera diminum agar khasiatnya tidak terlanjur hilang. 

Buah dewandaru tidak tahan lama, cepat rusak. Juga jus buahnya. Itu sebabnya Anda tak pernah menemukannya dijual di pasar buah tradisionil. Di supermarket pun mungkin jarang.

Anda juga bisa mendapat manfaat kesehatan dari dewandaru ini yaitu dengan cara mengolah daunnya menjadi teh, tiga sampai tujuh lembar diseduh dengan segelas air mendidih. Teh daun dewandaru adalah teh yang enak diminum setelah makan.

Mengunyah daun segarnya saja bahkan berkhasiat sebagai obat sakit perut.

Walau bisa disebut aman mengkonsumsi dewandaru sebaiknya minta saran ahli medis lebih dahulu.

Terutama bagi ibu hamil dan menyusui.

Atau bagi orang yang sedang mengidap sakit kronis.

Sekian sedikit tentang manfaat dewandaru untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel