10 Manfaat Kacang Pistachio Untuk Kesehatan

Hampir semua orang suka makan kacang. Enak dan menyehatkan. Praktis dan mudah dimakan. Bahkan saat di perjalanan atau ketika di rumah sedang nonton tv, kacang adalah makanan terbaik. 

Didukung pula oleh manfaatnya yang menyehatkan. Segala jenis kacang kaya nutrisi. Sumber lemak dan serat. Mengandung beragam vitamin dan mineral. Kacang almond yang dianggap sebagai kacang paling favorit itu telah banyak digunakan sebagai bahan makanan industri karena kekayaan nutrisinya. Kacang tanah, masyarakat kita sangat akrab dengan cemilan klasik ini, paling banyak dicari karena rasanya yang enak dan punya banyak manfaat antara lain mencegah berbagai penyakit seperti depresi, penyakit jantung, stroke dan mencegah batu empedu. Kacang tanah juga bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih baik serta meningkatkan kesuburan.

Kacang mete memang kalah populer tapi kandungannya pun memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Lalu apa itu kacang pistachio ?

Kacang ini adalah biji dari buah yang berasal dari pohon pistachio. Tingginya cuma berkisar 5-7 meter. Tetapi usianya bisa mencapai 400 tahun. Hidup di wilayah tropis dan subtropis. Suriah adalah negara asal pistachio ini. Telah dikenal ribuan tahun sebelum masehi. 

Melansir US Departement of Agriculture Nutrient Database(USDA) nutrisi yang terdapat pada  pistachio lebih dari 30 macam yang terdiri dari berbagai vitamin, mineral dan fitonutrien yang berbeda.

Komposisi itu sudah tentu membuat pistachio ini bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat itu, baiklah kita simak beberapa diantaranya berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Kacang Pistachio Untuk Kesehatan

kacang-pistachio

1. Menjaga kesehatan jantung

Pistachio adalah makanan tanpa kandungan natrium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Satu hal lagi yang istimewa pada pistachio adalah jumlah kandungan asam aminonya, tertinggi dibanding kacang lain.

Asam amino yang hanya bisa di dapat dari asupan makanan ini adalah bahan pembuat penting penyusun protein. Asam amino ini bermacam macam jenis, salah satunya akan menjadi oksida nitrat, suatu senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah yang sangat berguna menjaga jantung tetap sehat.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Karena kacang ini kaya serat. Serat sangat penting untuk membuat saluran usus selalu dalam kondisi baik. Kemungkinan Anda untuk mengalami sembelit dapat dihindari. Serat juga mempercepat proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Dibanding jenis kacang lain,  pistachio adalah yang makanan yang paling banyak kandungan antioksidannya. Antioksidannya dapat mencegah dampak radikal bebas yang salah satunya mengarah ke perkembangan kanker termasuk kanker kulit. Memakan kacang postachio juga bermanfaat mencegah kanker prostat.

4. Menjaga kesehatan mata

Kacang kacangan yang paling banyak mengandung lutein serta zeaxanthin adalah kacang pistachio ini. Kedua kandungan tadi adalah antioksidan yang sangat berperan menjaga kesehatan mata. 

Pistachio bisa melindungi mata, menjaganya tetap aman dari radiasi ultaviolet. Menjaga otot dan jaringan mata tetap kuat. Karotenoidnya dapat menjaga retina. Vitamin E-nya meningkatkan penglihatan.

Mengkonsumsi pistachio memberi manfaat besar mencegah resiko degenerasi makula, suatu gangguan penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

5. Mencegah diabetes

Kandungan karbohidratnya lebih tinggi dibanding kacang jenis lain. Tetapi kacang pistachio ini termasuk salah satu makanan paling kaya akan vitamin B6, yang sangat berguna untuk mengontrol kadar gula darah.

Serat dan lemak, dua kandungan ini secara bersamaan  bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa.

Mengemil pistachio setelah makan juga membantu mengurangi penyerapan glukosa darah.

6. Mencegah migrain

Vitamin B6 pun bermanfaat meredakan ketegangan yang bisa terjadi pada sistem syaraf. Salah satu penyebab migrain adalah rendahnya kadar magnesium dalam darah. 

Magnesium yang terdapat pada pistachio akan mengatur fungsi otot syaraf sehingga dapat membantu mengurangi migrain.

7. Membantu menurunkan berat badan.

Seperti kacang lainnya pistachio padat energi. Tetapi kaya serat dan protein. Lemak dalam pustachio adalah lemak baik, tidak berakibat menaikkan berat badan.

Makan sedikit saja akan cepat merasa kenyang, itu berguna mencegah Anda makan berlebihan.

8. Menurunkan kolesterol

Menurut University of State of Pennsylvania, US  orang  yang telah memanfaatkan pistachio dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara signifikan hanya dalam tempo satu bulan.

9. Enak dimakan

Enak dimakan, sebagai camilan sehat pistachio rasanya lezat.

Menyenangkan untuk disantap dan secara keseluruhan bermanfaat untuk kesehatan seperti beberapa diantaranya yang telah diuraikan di atas.

10. Manfaat lainnya

Manfaat lainnya bisa mencegah pusing dan mual. Mengatasi insomnia. Pria yang rutin mengkonsumsinya bisa mendapat manfaat dalam hal peningkatan fungsi ereksi. 

Untuk wanita bisa meningkatkan hasrat seksual.

Pistachio juga memberi khasiat penting untuk mencegah sakit gigi dan membantu tubuh mencegah infeksi.

Satu lagi, pistachio bisa meningkatkan mood. 

Makan pistachio maksimal 30 gram setiap hari akan membuat kehidupan Anda selalu bergairah.

Penuh semangat.

Demikian 10 manfaat kacang pistschio untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel