10 Manfaat Kesumba Keling Untuk Kesehatan

Kesumba keling terkenal karena biji buahnya. Memiliki warna merah yang sangat kuat biji ini telah lama digunakan orang. Sebagai pewarna makanan untuk makanan tertentu. Secara tradisionil beberapa suku bangsa mengoleskan cairan bubuk biji tanaman ini ke tubuh. Sebagai kosmetika dan pelindung surya.

Zaman sekarang kesumba keling sebagai pewarna telah merambah ke dunia industri makanan menggantikan bahan sintetis. Dimanfaatkan juga perusahan tekstil. Industri kosmetik tertarik pada kesumba keling ini terutama karena kandungan zat tokotrienil yang terkandung pada tanaman ini. Itu senyawa yang bermutu tinggi sebagai antioksidan  kulit. 

lDunia farmasi juga, karena untuk kesehatan kesumba keling adalah tanaman obat yang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Antioksidan, antimikroba dan kaya akan vitamin E. Sangat penting buat kesehatan tulang. Antimikroba tanaman ini mampu menghambat perkembangan bakteri. 

Kesumba keling juga berkhasiat sebagai antikanker. Di bawah ini ada ulasan tentang sebagian manfaat kesumba keling keling itu.

Beberapa Manfaat Kesumba Keling Untuk Kesehatan

kesumba-keling

1 Melindungi mata

Sangat besar peran kesumba keling untuk melindungi mata. Kandungan karotenoidnya berkhasiat meredam dampak sinar ultra-violet. Antioksidannya kuat. Berguna menjaga mata Anda agar terhindar dari katarak dan dari kemungkinan penyakit mata yang lain.

2. Melindungi kulit

Sebagai tanaman obat kesumba keling memiliki khasiat tinggi memperbaiki kerusakan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Pasta yang dibuat dari biji herba atau daunnya dicampur alkohol,  keduanya sama sama berkhasiat menyembuhkan luka kulit, seperti luka bakar dan luka karena tergores atau tersayat,

Daunnya dicampur minyak bermanfaat mencegah gigitan nyamuk dan serangga.

3. Membantu menguatkan tulang

Kesumba keling bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan kalsium, mineral penting untuk melindungi tulang agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada tulang, osteoporosis misalnya.

4. Mengobati sakit perut

Berkhasiat menyembuhkan sakit perut yang disebabkan virus atau karena makanan yang terlalu pedas. Tanaman ini juga bisa mengobati sakit maag.

5. Meningkatkan kerja sistem pencernaan

Biji dan daunnya yang tinggi serat sangat membantu  menciptakan sistem pencernaan yang baik. Kesumba keling bisa mencegah sembelit.

6. Melindungi jantung

Daun kesumba keling mengandung tokotrienol, khasiatnya sangat penting yaitu bisa mengontrol organ hati memproduksi kolesterol jahat yang dikenal sebagai penyumbat pembuluh darah, penyebab serangan jantung.

7. Mencegah janin dari resiko lahir cacat

Asam folat sangat diperlukan oleh seorang ibu hamil. Agar calon bayinya bisa lahir sempurna. Salah satu keistimewaan kesumba keling adalah kekayaan kandungan asam folat. 

8. Mencegah penuaan 

Karotenoid dan tokotrienol pada kesumba keling adalah dua antioksidan yang tangguh. Keduanya berkhasiat melindungi setiap sel dalam tubuh. Sehingga efek buruk radikal bebas bisa dihindari

9. Mencegah diabetes

Kesumba keling busa mencegah diabetes berkat manfaatnya yang bisa menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

10. Membantu menurunkan berat badan

Selain kemampuannya yang bisa mengontrol penyerapan kadar gula oleh darah kesumba keling adalah herba diuretik yang bermanfaar membantu menurunkan berat badan.

Vitamin E yang dimiliki kesumba keling ini tergolong sebagai vitamin  kualitas tinggi, sangat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel sel dan organ yang bisa menjadi salah satu pemicu obesitas.

Kesumba keling tergolong sebagai salah satu makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara mengkonsumsi kesumba keling

Untuk memperoleh manfaat dari kesumba keling ini, selain membuat ramuan dari biji atau daun untuk obat luar, cara konsumsi terbaik ialah mengolah herba kesumba keling dalam bentuk teh.

Rebus 4-6 lembar daun segarnya dengan air setengah liter, dibiarkan tetap mendidih sekitar 10 menit baru matikan api.

Dinginkan dulu dan teh kesumba keling siap diminum tiga kali sehari masing masing satu gelas.

Masih banyak manfaat lain kesumba keling untuk kesehatan, seperi :

Sebagai ekspektoran meredakan batuk dan asma

Mencegah malaria kumat 

Mengobati hepatitis.

Untuk anak anak kesumba keling tergolong herba terbaik  membasmi cacing.

Teh biji kesumba keling dipercaya bisa sebagai afrodisiak alami.

Cara aman menggunakan kesumba keling

Buahnya tidak untuk dimakan. Yang dikonsumsi adalah bijinya.

Rasanya pedas seperti lada ditambah sensasi manis seperti biji pala.

Belum ada anjuran atau larangan agar tidak dikonsumsi oleh para wanita hamil dan menyusui tetapi cara paling aman tentu saja sebelumnya minta saran dari tenaga kesehatan.

Sebagai tanaman obat herba ini telah digunakan turun temurun mulai dari leluhur kita. Umumnya tidak berbahaya. Dan jikalau ada masalah biasanya itu terjadi pada yang alergi. 

Kulit mereka bisa mengalami gatal serta bengkak. Juga gangguan sakit perut hingga tekanan darah rendah.

Kemungkinan lain ada gejala Irritable Bowel Syndrome.

Timbul gangguan nyeri pada perut bahkan sembelit.

Segera stop menggunakannya jika demikian yang terjadi.

Sekian tentang manfaat kesumba keling untuk keseharan ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel