10 Manfaat Sarsaparilla Untuk Kesehatan

Tumbuhan sarsaparilla adalah tanaman liar yang merambat dengan kemampuan merambat yang uar biasa, bisa menjalar sampai lima puluh meter. Ini herba yang telah digunakan sebagai tanaman obat sejak ratusan tahun lalu.

Akarnya yang paling banyak digunakan untuk kesehatan. Rasanya sangat pahit. Mungkin perlu dicampur gula jika Anda ingin membuatnya menjadi minuman tonik, umpamanya untuk obat kuat atau afrodisiak.

Dapat meningkatkan daya sexual hanyalah salah satu dari manfaat tanaman ini. Manfaat lainnya untuk kesehatan masih ada. Itu yang akan diulas berikut di bawah ini.

Manfaat Sarsaparilla Untuk Kesehatan

tumbuhan-sarsaparilla

1. Untuk kekebalan tubuh

Satu manfaat pentingnya untuk kekebalan tubuh adalah khasiatnya yang bisa membasmi bakteri penyebab pilek. Ramuan yang terbuat dari tumbuhan ini, umpamanya teh sarsaparilla, adalah minuman pencegah batuk. Menghilangkan ingus, serta mengatasi kesulitan bernafas karena sedang flu atau masuk angin.

2. Mencegah kanker

Batang, daun serta buah tanaman liar ini adalah obat alami dengan kandungan antioksidan yang kuat untuk mencegah kanker. Menurut penelitian efek sampingnya rendah.

3. Melindungi hati

Sarsaparilla itu hepaprotektif. Memiliki kemampuan mencegah hati dari kerusakan. Bahkan diyakini pula memiliki dampak negatif yang tidak begitu berarti meski digunakan dalam jangka panjang.

4. Mengatasi masalah kulit

Sarsaparilla adalah obat alami yang efektif untuk menyembuhkan eksim. Wajah bisa mulus kembali berkat kemampuannya yang bisa menghilangkan jerawat. Antibakteri dan anti-inflamasi sarsaparilla pun bisa mengatasi psoriasis. 

Masalah kulit lainnya juga bisa disembuhkan, seperti luka ringan dan gatal.

5. Melancarkan air kencing

Untuk penggunaan yang ini Anda akan buang air kecil lebih sering dari biasa. Perlu agak hati hati menggunakannya. 

Apabila Anda sedang mengidap penyakit tertentu yang mana saat itu pencernaan Anda sedang tidak bisa optimal menahan cairan.

6. Menurunkan berat badan

Akar sarsaparilla adalah bahan herbal yang baik dalam hal menekan nafsu makan. Minum teh saparilla dua atau tiga gelas sehari sangat berguna membantu menurunkan berat badan.

7. Mengatasi peradangan

Akar sarsaparilla juga manjur meredakan sakit pada otot dan nyeri persendian. Anda yang menderita ganguan peradangan lain seperti asam urat pun bisa mencoba memanfaatkan khasiatnya.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

8. Peningkat daya seksual

Bisa memberi daya rangsang yang tinggi. Hasrat seksual yang kendor bangkit lagi. Impotensi seksual bisa kembali pulih. Baik untuk lelaki maupun wanita, sarsaparilla benar benar bisa membantu mengubah rumahtangga dengan malam yang dingin kembali bergelora.

Bak steroid, sarsaparilla akan memacu hasrat seksual.

Anda bisa beli bubuk sarsaparilla di market online atau di toko herbal terpercaya. Satu atau dua sendok makan bubuk itu disiram dengan segelas air mendidih. Tutup dan bersabar menunggu sekitar 10 baru disaring. 

Tiga kali sehari Anda mengulangi membuat ramuan itu untuk meraih  kembali kehidupan Anda yang penuh gairah.

9. Mengobati sipilis

Sarsaparilla yang bernama ilmiah smilax ornata ini adalah legenda herbal abadi untuk mengobati sipilis. Mungkin sekarang penyakit ini sudah jarang tetapi sepanjang sejarah tumbuhan merambat ini adalah obat tradisional paling konvensional untuk mengobati sipilis.

10. Mendetoksifikasi tubuh

Pada era 1950-an sarsaparilla sempat populer di beberapa kawasan di Eropa. Sebagai tonik memurnikan darah. Untuk tonik melancarkan keluarnya keringat.

Sarsaparila yang mengandung kalium dan flavon ini bisa merangsang fungsi ginjal mengeluarkan racun dari tubuh. Sebagai diuretik mampu merangsang produksi urin, mengurangi penumpukan cairan lain yang tidak diperlukan. 

Antibakteri sarsaparilla juga mampu mengikat bakteri yang membuat kerusakan pada saluran darah.

Apa manfaat minuman sarsaparilla yang dijual di pasaran ?

Anda perlu lebih seksama untuk bisa menemukan minuman yang asli.

Sayang sekali kalau minuman sarsaparilla yang Anda miliki ternyata tanpa manfaat. Produknya ternyata mengandung rasa dan pewarna buatan.Tidak sedikitpun bahannya dari tumbuhan asli. 

Biasanya menggunakan akar tanaman sassafras sebagai pengganti sarsaparilla. Rasanya tidak sepahit akar sarsaparilla. Akar sassafras ini dikombinasikan dengan minyak yang berasal dari tumbuhan birch.  Keduanya tanaman obat, tapi sassafras memiliki efek samping yang jauh lebih banyak dari pada manfaatnya.

Efek samping sarsaparilla

Dikategorikan aman asal dikonsumsi setelah makan.

Tetapi dengan penggunaan yang tidak berlebihan atau tidak dengan dosis besar. Bisa membuat sakit perut karena gangguan saluran cerna.

Sarsaparilla bukan buat ibu hamil dan pengidap sakit ginjal. Penderita asma sebaiknya menghindari sarsaparilla karena penyakit yang Anda derita justru akan bertambah parah.

Demikian tentang 10 manfaat sarsaparilla untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat dan salam sehat.


Referensi :

Healthline. Diakses 27/01/2022. Sarsaparilla: Benefits, Risks, and Side Effects

BulkSupplements. Diakses 27/01/2022. Sarsaparilla Root: Benefits, Side Effects & Dosage

Lybrate. Diakses 27/01/2022. Health Benefits Of Sarsaparilla And Its Side Effects


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel