10 Cara Mengobati Bisul Dengan Bahan Alami Dan Cepat

Bisul biasanya terjadi pada kulit di ketiak, pangkal paha, belakang leher dan bokong. Umumnya itu adalah area kulit yang ditumbuhi rambut dan sering berkeringat. Juga kerap bergesekan.

Bisul diawali dengan timbulnya benjolan merah pada area kulit. Benjolan itu perlahan lahan membesar dan beberapa hari kemudian ukurannya semakin nyata bertambah. Berwarna merah atau ungu. Ada nanah di dalamnya. Penyebab itu semua adalah bakteri. Nama bakterinya staphylococcus aureus.

Bisul juga ada hubungannya dengan keadaan mental dan fisik yang kurang baik hingga membuat kekebalan tubuh menurun. Banyak orang menyepelekan hal ini. Apalagi saat bisul masih dalam tahap gejala. Sering dibiaarkan saja. Baru mulai gelisah bila keadaan makin serius. 

Tapi ada khabar baik. Mengobati bisul tidak sulit. Banyak pengobatan alami untuk mengobatinya. Di sini ada beberapa cara pengobatan itu. Teruslah membaca, semoga apa yang diulas di bawah ini bisa berguna buat Anda.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami Dan Cepat

bawang-merah

1. Bawang merah

Antiseptik alami dan antibakteri

Tutupi bisul dengan Irisan bawang merah. Dibalut. Obat ini  akan mengeluarkan nanah dari bisul, dan mengempeskannya.

Cara perawatan menggunakan bawang merah ini Anda lakukan empat kali sehari.

2. Bawang putih

Lumat bawang putih secukupnya. Tempelkan pada bisul dan biarkan semalaman. Esok pagi bawang putih ini dibersihkan dari bisul. Sama seperti bawang merah bawang putih ini pun bisa mengeluarkan nanah.

Bawang putih ini pun bisa Anda gunakan bersamaan dengan bawang merah. Keduanya dihaluskan, ditempelkan pada bisul. Kombinasi dari kedua jenis bawang ini akan meningkatkan efektivitas penyembuhan. Membuat bisul cepat mengering dan segera menyusut.

3. Kunyit

Sifat anti-inflamasi kunyit bisa meredakan bengkak akibat bisul dan mengempeskannya.

-Haluskan kunyit dan campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Pasta dioles pada bisul. Dilakukan tiga kali sehari.

-Membuat pasta dari bubuk kunyit dicampur gel lidah buaya. Pasta ini dioleskan pada kulit yang bermasalah. Perlu dibalut agar pasta tidak copot. Biarkan semalaman. Besok pagi dibersihkan. Ulangi perawatan sekali lagi dan biasanya bisul akan kempes.

4. Garam Epsom

Selain antibakteri yang bisa mencegah infeksi, garam Epsom pun bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merelaksasi kulit. Untuk mengatasi bisul garam Epsom akan mengeringkan bisul dari nanah.

Masukkan air hangat ke dalam sebuah wadah yang cukup besar dan masukkan juga garam Epsom satu atau dua gelas. Rendam area kulit yang terkena bisul di dalam wadah tersebut sekitar seperempat jam dan ulangi setap hari sampai tiga kali.

Cara ini belum tentu cocok dengan yang Anda kehendaki dan jika demikian lakukan cara berikut di bawah ini.

Masukkan garam Epsom 1 sdt dalam segelas air hangat. Celupkan kain bersih ke dalamnya, peras kain itu. Kain yang sudah hangat itu Anda gunakan untuk menutup bisul selama 15 menit. Setiap hari lakukan tiga kali sampai bisul susut dan sembuh.

5. Daun sendok (plantago major)

Daun sendok mencegah pembekuan darah. Itu  bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan.

Siapkan satu genggam daun sendok segar. Bersihkan lalu rendam paka mengunakan air hangat. Daun basah itu kemudian dikeringkan dan selanjutnya dihaluskan. Beri lagi air hangat, buat daun yang sudah halus itu menjadi pasta.

Tempelkan pasta pada kulit bisul dan balut.

Biasanya bisul akan menghilang.

6. Teh hitam

Saat Anda sedang membuat teh hitam. Sachet yang masih hangat itu Anda taruh di atas bisul selama 15 menit. Lakukan beberapa kali.

7. Propolis

Khasiatnya sebagai obat luar telah dimanfaatkan sejak berabad lalu, terutama di benua Eropa.

Antibiotik dan antiseptiknya dapat mengobati luka termasuk bisul. Penyembuhannya semakin efektif karena propolis yang juga bernama lem lebah ini adalah anti-inflamasi dan antijamur.

Propolis yang usianya setua madu ini diencerkan dahulu. Dioleskan pada kulit yang terkena bisul. Dipercaya sangat bisa menyembuhkan bisul. Ulangi perawatan tersebut hingga delapan kali dalam satu hari.

8. Labu kuning

Mengurangi rasa sakit denyut, meredakan kulit yang kemerahan dan mengeluarkan inti bisul. Daging labu kuning dimasak hingga empuk, ambil dan saat suhunya berkurang tempelkan pada bisul, biarkan selama 20 menit. Kemudian lakukan cara yang sama hingga dua kali sehari.

9. Tepung jagung

Tidak umum menggunakan tepung jagung untuk mengobati bisul. 

Tepung jagung memang tidak memiliki sifat obat. Tapi bisa membuat bisul menyusut dan hilang.

Rebus air secukupnya dan masukkan tepung jagung  Tunggu sampai mendidih. Angkat dan aduk hingga menjadi pasta

Oleskan pada bisul dan dibalut.

Diulangi setiap dua jam. 

10. Tepung terigu dengan susu

Panaskan segelas susu sambil masukkan garam sedikit demi sedikit. Biarkan susu mendidih 10 menit. Angkat dan segera tepung terigu dimasukkan ke dalamnya, aduk hingga ramuan menjadi kental.

Gunakan ramuan ini dengan cara menempelkannya pada bisul.


Disarankan untuk tidak memencet bisul.

Tiidak ada alasan untuk mengeluarkan bisul dengan tujuan agar cepat kempes. Anda menggunakan peniti atau jarum untuk mengempeskan  dan menyembuhkannya ? Bukan untuk meringankan makin menambah masalah. Bisa infeksi, bahkan sampai demam dan meriang. 

Mencegah bisul mungkin bisa saja.Tapi hanya pada saat awal gejala. Dikompres dengan air hangat, masukkan handuk ke dalam air panas peras dan tekan handuk itu pada kulit yang baru bergejala akan bisul itu. Kompres akan membuat pori pori membuka dan nanah akan keluar.

Jika Anda telah menerapkan beberapa cara di atas dan bisul tidak juga sembuh cara paling tepat adalah memeriksakan diri  ke dokter.

Sampai di sini ulasan tentang cara mengobati bisul dengan bahan alami ini.

Semoga dapat memberi manfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel