11 Cara Mengobati Gondongan Secara Alami

Gondongan bukan penyakit berbahaya. Walaupun begitu penyakit ini sebaiknya dirawat karena dampaknya yang  membuat tidak nyaman. Lebih spesifik menyerang kelenjar ludah, gondongan yang berada di bawah pipi di bawah telinga ini juga menular. 

Penularan biasanya melalui udara, umpamanya penderita terbatuk dan udaranya terhirup oleh orang di sekitar. Persis seperti penularan pilek dan flu. Bisa juga melalui kontak langsung melalui air liur.

Dengan perawatan serius gondongan biasanya akan sembuh. Biasanya membutuhkan waktu satu sampai dua minggu. Pada beberapa orang gondongan bahkan bisa hilang sendiri. 

Di bawah ini terdapat beberapa pengobatan alami untuk gondongan yang bisa Anda simak, mungkin suatu saat perlu, untuk diri sendiri atau buat orang lain.

Beberapa Cara Mengobati Gondongan Secara Alami

soda-kue

1 Soda kue

Dapat membantu membasmi virus penyebab gondongan. Soda kue itu adalah anti-inflamasi yang sudah terjamin keampuhannya.

Buatlah pasta dengan bahan soda kue ini. Sedikit saja. Oles pada area gondongan, lakukan di pagi hari.

Jangan dibiarkan menempel terlalu lama. Cukup dua menit dan segera bersihkan. Nanti sore ulangi perawatan ini sekali lagi.

2. Air rebusan beras

Disebut juga air tajin. Segelas air tajin diberi sedikit jahe lumat atau 1 sdt bubuk jahe kering. Setiap hari minumlah tiga sampai empat gelas agar gondongan Anda bisa sembuh.

3. Minyak zaitun

Tetaskan minyak zaitun ke sepotong kapas dan oleskan sambil ditekan tekan pada area bengkak karena gondongan.

Dilakukan dua hingga tiga kali sehari.

4. Daun beringin dengan minyak zaitun

Daun beringin bermanfaat mengempiskan bengkak. Bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Selembar daun beringin diolesi munyak zaitun, dihangatkan di atas api kecil. Tempelkan daun beringin hangat ini pada area gondongan.

Sebaiknya dilakukan malam menjelang tidur. Agar daun beringin tetap berada pada pipi, Anda bisa tidur miring, dengan pipi yang kena gondongan sebelah atas. Usahakan daun itu tetap menempel beberapa jam. Kalau bisa, semalaman bahkan lebih baik.

5. Cabe rawit

Dicampur dengan cuka, dipanaskan sebentar agar hangat. Ramuan ini digosokkan secara perlahan pada bagian yang sakit.

6. Jahe

Sebagai antivirus jahe sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Anti-inflamasinya berkhasiat mengurangi bengkak yang tentu saja itu bisa mengurangi rasa sakit.

Bubuk jahe 1 sdm dicampur air sekedarnya. Diaduk hingga menjadi larutan kental atau pasta. Digunakan sebagai obat oles. Apabila telah mengering larutan kental itu dibersihkan mengunakan lap basah.

Ulang cara perawatan ini saban hingga empat kali. Lakukan selama seminggu agar bengkak mereda.

7. Fenugreek

Ini tanaman obat dengan anti-inflamasi dan antivirus yang berkhasiat tinggi. Ampuh mengobati semua jenis infeksi yang diakibatkan virus. Termasuk gondongan. 

Sering seringlah menempelkan bubuk biji fenugreek yang telah Anda olah menjadi pasta pada bagian bawah pipi yang terkena gondongan. Khasiatnya membuat rasa sakit berkurang, dalam waktu cepat akan menyembuhkan gondongan.

8. Bunga chamomile

Minum teh chamomile selain membuat bengkak di pipi menyusut juga meredakan rasa sakit. Juga membantu melawan virus sang penyebab gondongan. Teh ini diminum dua sampai tiga kali sehari.

Bunga chamomile ini bisa juga digunakan untuk obat kumur.

Masukkan 1 sdm bubuk bunga chamomile kering(15 gram) ke dalam 1/2 gelas air yang bar mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan obat kumur ini setiap pagi dan malam.

9. Lidah buaya

Khasiatnya untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit. Daging lidah buaya digosokkan setiap muncul rasa sakit.

10. Lada hitam

Ini adalah rempah yang bagus untuk gondongan. Dihaluskan hingga  menjadi bubuk, campur atau tambah air hingga menjadi pasta, dioles pada area gondongan. Dalam waktu singkat penyakit Anda akan reda. 

11.  Air garam

Meski sederhana sebenarnya ini adalah obat bagus untuk gondongan. Berkumur dengan air garam hangat sangat berguna untuk mengatasi peradangan kelenjar liur. Bisa meredakan bengkak. Berkhasiat mengurangi rasa sakit.

Makanan yang harus dihindari

Jangan makan jeruk atau lemon selama Anda masih menderita sakit gondongan. Kedua jenis jeruk itu cenderung membuat air liur makin bertambah. 

Jika air liur bertambah rasa sakit pun semakin bertambah.

Jika selama ini jeruk adalah buah favorit Anda untuk sementara ganti dengan wortel dan bayam. Anda olah keduanya menjadi jus. 

Hindari juga makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Apapun makanan hindari makanan yang memerlukan banyak mengunyah.

Anak anak lebih umum menderita gondongan dibanding remaja dan dewasa.

Sebaiknya anak yang mengidap gondongan istirahat saja. Tidak usah pergi sekolah atau bermain di luar rumah. Orangtua sebaiknya tidak merawat sendiri  anak yang menderita gondongan. Kecuali atas saran dokter.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel