Manfaat Si Mungil Buah Carica Untuk Kesehatan

Dari tampilannya bisa diduga bahwa carica ini masih sejenis tanaman pepaya. Meski tinggi pohon yang berasal dari pegunungan Andes yang terletak di Amerika Selatan ini cuma  maksimal 3 meter. Jauh berbeda  dan lebih rendah dibanding pepaya biasa yang bisa mencapai 7 meter. Warna daunnya  hijau tua dan uratnya pun  lebih kelihatan menonjol. Buahnya mirip torpedo. Hanya sebesar buah pisang gendut, bergerigi.

Tapi kandungan papainnya jauh lebih tinggi,. Tiga kali lipat dari buah  pepaya yang biasa kenal. Papain adalah enzim yang sangat berguna. Bermanfaat mengatasi banyak masalah di dalam tubuh termasuk yang berhubungan dengan gangguan pencernaan.

Buah carica memang berkhasiat mengatasi masalah pencernaan. Tapi masih banyak manfaat lain buah ini, termasuk beberapa diantaranya berikut di bawah ini.

10 Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan

buah-carica

1. Membantu mencegah anemia

Anemia bisa membuat kita cepat merasa lelah. Seringkali kita tidak menyadari sedang mengidap anemia karena rasa cepat lelah itu kita anggap bisa pulih dengan banyak istirahat. Menghindari pekerjaan berat juga. Tapi jika rasa lelah tetap berlanjut apalagi disertai dengan wajah yang pucat dan kerap mengalami nyeri di dada maka besar kemungkinan Anda sedang anemia. Tubuh Anda kekurangan darah. Kekurangan zat besi.

Carica adalah sumber vitamin C. Saat tubuh sedang kekurangan zat besi cobalah mengkonsumsi carica. Tubuh Anda akan menjadi lebih mudah menyerap zat besi. 

Karena manfaat vitamin C  yang berasal dari buah carica ini yang bisa membuat tubuh lebih aktif menyerap zat besi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Hampir tidak ada efek samping setelah Anda makan buah carica ini. Malah memberi khasiat. Sangat berguna jika Anda masukkan dalam menu diet untuk menurunkan berat badan. Nilai kalorinya rendah. Dari 100 gram cuma ada 20 kalori. Ditambah lagi kadar natrium yang sedikit maka sangat beralasan kalau buah ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin langsing. Jangan khawatir dengan bahaya kolesterol karena kandungan itu hanya tersedia sedikit di dalamnya. Nilai gula  juga sangat sedikit, indeks glikemiknya rendah. Jadi  Anda aman dari kemungkinan terkena diabetes.

Serat yang juga tinggi akan membuat rasa kenyang.

3. Mengatasi sembelit

Menjaga sistem pencernaan senantiasa bekerja optimal adalah salah satu syarat agar kelangsungan hidup bisa berjalan dengan baik.

Sayangnya kita tidak selalu sanggup  melindungi sistem pencernaan agar bisa terhindar dari  berbagai gangguan. Ada saatnya pencernaan kita bermasalah. Sehingga kerja usus terganggu dan Anda  mengalami sembelit.

Enzim papain dalam buah carica berguna melancarkan kerja usus.

Carica sangat membantu sistem pencernaan sehingga bisa diandalkan untuk mengatasi sembelit.

Segelas jus carica dikonsumsi setelah makan sangat berhasil untuk menjaga Anda selalu terhindar dari sembelit.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Beta karoten adalah antioksidan yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan mata. 

Mengkonsumsi buah yang kaya beta karoten sangat dianjurkan.

Buah ini penuh dengan beta-karoten yang akan mendukung kesehatan organ mata serta meningkatkan daya visual .Buah carica ini kaya akan Vitamin A,  selain melindungi organ mata, juga dapat meningkatkan penglihatan termasuk di malam hari.

5. Mencegah penuaan

Kolagen diproduksi oleh tubuh. Hampir semua protein yang terdapat dalam tubuh adalah kolagen. Tapi tidak setiap orang memiliki kolagen yang cukup, ada beberapa faktor yang membuat itu bisa terjadi.

Dampaknya beragam dan bisa terlihat. Elastisitas kulit pun menjadi berkurang dan lambat laun kerutan mulai muncul. 

Buah kecil ini memiliki kemampuan membentuk kolagen, melindungi kulit Anda. Rambut pun bisa dijaga terpelihara kesehatannya. Begitu juga dengan kuku. Kandungan vitamin E dalam buah carica yang akan membuat rambut sehat dan berkilau, kuku juga senantiasa kuat tidak mudah patah dan kulit tetap prima, bahkan bekas luka pun bisa cepat sirna.

Radikal bebas penyebab penuaan akan dilawan oleh buah yang juga kaya vitamin A, vitamin C dan E yang di dalam tubuh bisa bekerja sebagai antioksidan.

6. Mengatasi insomnia

Manusia perlu tidur. Untuk mengisterahatkan otak agar energinya tetap prima. 

Anda bisa memanfaatkan buah yang mengandung melatonin  untuk mencapai tidur yang baik. Buah carica salah satunya.

Hormon melatonin yang tersedia bisa mencegah Anda yang sedang kesulitan mencapai tidur yang normal. Melatonin akan  melemahkan sinyal yang membuat Anda tetap bangun dan terjaga menjadi lemah. 

Sehingga Anda akan terdorong untuk tidur.

7. Mengontrol tekanan darah

Potasium satu kandungannya, yang akan membuat fungsi pembuluh darah bisa tetap terpelihara. Jantung pun jadi bisa bekerja, detaknya terkontrol, normal tanpa gangguan.w

8. Sumber energi

Bagi orang yang mengalami masalah stamina dan mudah lelah, carica adalah buah yang tinggi karbohidrat sehingga layak dikonsumsi untuk mendapatkan tambahan energi.

9. Mencegah kram

Tubuh yang kekurangan potasium rentan mengalami kram otot. Anda bisa mendapatkan potasium dengan makan carica. 

Otot Anda bisa menjadi lebih kuat.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat. Makan carica akan membuat tubuh lebih mampu mencegah infeksi dan penyakit.

Cara mengkonsumsi carica

Carica adalah buah antioksidan yang bisa dimakan segar.

Itu memang lebih baik. Karena nutrisi dan khasiatnya lebih terjamin. Sebaiknya dimakan saat kulitnya sudah total berwarna kuning.

Rasanya agak asam. 

Jika mau Anda bisa makan buah ini sekaligus dengan kulitnya. Bijinya dibuang.

Demikian sedikit uraian tentang manfaat carica untuk kesehatan ini, semoga memberi manfaat.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel