9 Manfaat Bunga Lily Sebagai Obat Luar Untuk Kesehatan

Terkenal karena aroma serta keindahannya, ini adalah bunga yang mendapat tempat istimewa di hati manusia. Pada zaman peradaban kuno bunga lily adalah lambang kesucian. Kelopak bunganya simbol kepolosan sementara daunnya sebagai ungkapan rasa kesopanan.

Tanaman ini bisa ditemukan hampir di seluruh dunia karena bunga lily putih memiliki kemampuan bertahan hidup di segala iklim, meski diselimuti embun atau dinginnya salju beku.

Untuk kesehatan bunga lily yang indah berbentuk terompet ini adalah obat luar yang penyembuhannya sangat efektif. Umbi atau rimpang bunga lily memiliki manfaat yang hampir sama seperti rimpang jahe meski jahe lebih kuat.

Tapi minyak yang berasal dari umbinya itu nuga sangat dibutuhkan oleh pabrik obat obatan. Kalangan dunia industri di bidang kosmetika pun sangat membutuhkan umbinya. Berhubungan dengan khasiatnya yang ampuh meregenerasi kulit.

Selain untuk kulit tanaman ini juga memiliki sifat lain yaitu manfaat penyembuhan untuk insomnia, luka, diare. dan beberapa lagi yang lain seperti di bawah ini.

Beberapa Manfaat Bunga Lily Untuk Kesehatan

bunga-lily

1. Mencegah serangan jantung

Berbagai kandungan glikosida yang terdapat pada tanaman bunga lily  berkhasiat mengatasi berbagai kelemahan jantung. 

Kemungkinan  serangan jantung akibat denyutnya yang berdegup di luar batas dan tidak teratur bisa dicegah. Katup jantung yang kerjanya tidak sempurna juga bisa dihindari hingga kemacetan jantung  tidak terjadi.

2. Mencegah depresi

Minyak bunga lily juga berkhasiat tinggi dalam aromaterapi. Manfaat yang bisa mencegah sakit kepala. Untuk mengatasi kelemahan mental minyak itu bahkan dapat melenyapkan emosi sedih. 

Atau rasa melakolis yang rentan mengakibatkan stres.

Juga bermanfaat mengembalikan kemampuan daya ingat yang lemah. Bisa membantu mencegah kehilangan kemampaan berbicara. Dapat mencegah kelumpuhan.

3. Mengobati angina pektoris

Mampu memaksimalkan pengiriman oksigen menuju otot jantung, bunga lily bisa dimanfaatkan untuk mengatasi angina pektoris.

Angina pektoris itu adalah rasa nyeri yang terasa pada dada akibat pembuluh arteri koroner yang kaku serta kejang akibat peredaran oksigen yang tidak optimal.

4. Mengobati luka

Kelopak bunga lily yang antiseptik ini berkhasiat menyembuhkan luka bakar dan eksim. Umbi segar maupun umbi yang kering berkhasiat meredakan peradangan pada bisul.

Umbi bunga lily direbus kemudian dihaluskan hingga menjadi pasta kemudian ditempelkan pada luka bisul, itu akan membuat bisul cepat matang dan pecah.

Khasiat tambahan dari tumbuhan ini, yaitu cepat mengobati luka luar. sekaligus tuntas menghilangkan bekasnya. Bintik bintik hitam apabila ada pada kulit juga bisa dibuat lenyap.

5. Meredakan nyeri rematik

Minyak yang diolah dari umbi tanaman ini bisa digosokkan pada otot atau sendi yang sedang sakit karena rematik dan tidak lama kemudian rasa nyeri akan berkurang.

6. Mengobati infeksi saluran kemih

Dengan cara mengolah minyak bunga lily dan dibuat menjadi tingtur.

Tingtur itu bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih.

Bunga lily berkhasiat mencegah kelebihan cairan dalam tubuh.

Dan memecah batu ginjal.

7. Mengobati demam dan batuk

Sebagai anti piretik minyak bunga lily bisa menurunkan suhu tubuh.

Mengobati batuk sekaligus mengatasi gangguan pernafasan.

 Berkhasiat juga mengobati sakit tenggorokan.

8. Mengobati sakit telinga 

Otitis adalah infeksi yang terjadi pada bagien tengah rongga telinga. Pada orang dewasa kadang bisa sembuh sendiri. Tapi pada anak anak otitis bisa merepotkan jadi harus segera diobati.

Minyak bunga lily memiliki kemampuan yang bagus mengobati otitis. Dengan memasukkan beberapa tetes minyak bunga lily pada saluran telinga maka sakit telinga akan sembuh.

9. Membantu ibu melahirkan

Bunga lily bisa mencegah kontraksi yang lemah bagi ibu yang sedang atau akan melahirkan.

Apakah aman mengkonsumsi bunga lily ?

Bahwa bunga lily telah lama digunakan sebagai obat herbal, itu benar. Banyak penelitian telah memberi bukti bahwa tanaman ini memiliki khasiat  pengobatan yang efektif.

Tapi belum ada bukti yang cukup tentang cara kerja tanaman ini. Termasuk tentang dosis yang tepat. Padahal itu yang paling penting. Apalagi jika pengunaannya secara oral atau dikonsumsi.

Karena tidak semua obat herbal alami itu aman maka sebaiknya kita harus juga mengambil langkah aman dalam penggunaannya.

Yaitu tidak mengkonsumsi bunga lily.

Demikian tentang 8 manfaat bunga lily untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel