10 Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan Tubuh

Termasuk sebagai salah satu bunga terindah. Meski lahir dan tumbuh di tengah lumpur. Nelumbo nucifera yang biasa kita sebutkan sebagai tanaman teratai ini selain dapat dimakan juga telah lama digunakan sebagai obat. Semua bagian tanaman ini bermanfaat.

Daun tumbuhan ini contohnya, ini adalah obat yang berkhasiat untuk menyehatkan organ hati. Ampuh juga mengobati sakit maag. Kelopak bunganya berkhasiat menjaga elastisitas kulit. Sedang biji teratai juga memiliki beberapa khasiat, seperti mengobati peradangan dan diare kronis. 

Selanjutnya di bawah ini terdapat uraian lebih lanjut tentang manfaat bunga teratai tersebut.

Berbagai Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan Tubuh

teratai

1. Mengobati stress

Teratai bermanfaat mengobati stress. Ada kandungan yang bernama piridoksin yang terdapat dalam akar tanaman ini. Kandungan yang bekerja pada reseptor saraf, langsung di bagian otak. Yang bermanfaat untuk meningkatkan perasaan bahagia dalam tubuh manusia.  Stress bisa reda. Suasana hati dan mental berubah nyaman. 

Penuh ketenangan. Sakit kepala jika ada juga akan lenyap.

2. Mengobati insomnia

Mengkonsumsi bunga teratai berkhasiat membuat tubuh rileks.

Itu membantu membuat Anda terhindar dari kesulitan tidur. Ini juga berkat manfaat kandungan piridoksin tadi.  Jadi Anda tidak perlu lagi menghadapi gangguan susah tidur. Kini Anda bisa terlelap lebih awal. Malam yang damai kembali Anda nikmati.

3. Mengobati anemia dan meningkatkan sirkulasi darah

Dua mineral penting berkaian dengan pencegahan  serta pengobatan anemia adalah zat besi dan tembaga. Kebutuhan pada dua mineral itu bisa dipenuhi oleh tanaman bunga teratai.

Jika tubuh Anda menderita karena anemia, mudah lelah dan gampang diserang penyakit cobalah untuk memanfaatkan tanaman teratai yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sekaligus bermanfaat  meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mengatasi haid tidak teratur 

Belum banyak penelitian ilmiah yang mengulas ini. Tetapi yang jelas ini adalah obat tradisional untuk mengatasi haid tidak teratur.

Semenjak dulu dilakukan turun temurun oleh masyarakat Tiongkok,    menggunakan ramuan yang terbuat dari daun dan akar teratai.

Disebut juga bahwa wanita yang haid berat bisa terbantu. Khasiatnya bisa mencegah anemia akibat menstruasi. Teratai yang memiliki zat besi akan membantu mengganti darah yang hilang.

5. Membantu mengobati penyakit pernafasan

Untuk asma, pilek atau flu akar teratai memiliki berbagai khasiat. 

Membantu mengatasi masalah atau gangguan pernafasan yang dapat terjadi akibat kedua penyakit tersebut. 

Bahkan masih ada tambahan,  khusus pada penyakit pneumonia, pun tumbuhan ini sangat membantu. Akarnya berkhasiat meredakannya. Membuat pernafasan Anda kembali normal.

6. Mengobati gangguan kesehatan pada kulit

Teratai bermanfaat menangkal kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas. Teh teratai bisa membuat pertahanan kulit Anda  menjadi lebih kuat. Vitamin C bunga teratai adalah antioksidan yang sangat baik.

Termasuk untuk membantu produksi kolagen. Fungsi kolagen sangat vital untuk kesehatan kulit. Kolagen cukup, vitalitas kulit terjaga. Elastisitasnya meningkat. Bintik bintik serta kerutan pada kulit bisa dicegah. Penuaan dini bisa dihambat.

Akar teratai juga bermanfaat membantu penyembuhan luka di kulit seperti kudis.

7. Meredakan batuk

Mengandung senyawa neferin, bubuk biji teratai bisa meredakan batuk. Neferin adalah senyawa organik yang bisa mengobati batuk. Sekaligus menghambat penyebaran sel sel penyebab kanker paru paru.

8. Menghilangkan jerawat

Teratai berkhasiat mengurangi jumlah sebum yang menyumbat pori pori di kulit wajah penyebab jerawat. Teh hijau dikombinasikan dengan teratai, airnya dioleskan ke wajah efektif dapat mengurangi jumlah sebum dan menghilangkan jerawat.

9. Menurunkan tekanan darah

Rimpang teratai itu mengandung kalium. Salah satu manfaatnya yaitu bisa melemaskan pembuluh darah. Serat teratai berguna menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Kalium didukung serat berkhasiat mengurangi kontraksi pembuluh darah. Tidak kaku dan tidak  tegang. Pembuluh darah akhirnya dapat bekerja maksimal dan  aliran darah pun meningkat lancar. Anda akan terhindar dari ancaman tekanan darah tinggi.

10. Mengatasi sembelit

Teratai dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Hal ini bisa memberi dampak positif pada sistem pencernaan. Yaitu merangsang kerja usus. Buang air besar jadi mudah dan lancar. 

Gangguan  pencenaan seperti  diare juga bisa diobati. Meminum air rendaman biji teratai dengan air panas berkhasiat meredakan diare. 

Atau dengan teh daun teratai.  

Saat ini teh kantung daun teratai banyak tersedia di pasaran. Minum empat gelas setiap hari sudah cukup untuk membuat sembelit Anda hilang.

Manfaat lain tanaman teratai 

-menghilangkan bau badan

-meningkatkan kesuburan

-pria yang minum air rebusan teratai bisa mendapat manfaat dengan jumlah sperma yang meningkat dan menambah kesuburan

-meningkatkan daya penglihatan, madu alami yang berasal dari bunga teratai adalah obat yang manjur untuk penyakit mata

-minyak rambut teratai terkenal bisa mencegah uban tumbuh di usia dini

Demikian uraian tentang 10 manfaat bunga teratai untuk kesehatan tubuh ini

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel