6 Manfaat Labu Kabocha Untuk Kesehatan

Labu kabocha, nama latinnya cucurbita maxima. Nama lainnya untuk buah ini adalah labu jepang. Dibanding dengan labu lain kulit buah ini ebih tebal. Dagingnya lebih kering. Itu sebabnya ketika memakannya Anda akan terbayang pada ubi jalar.

Penggunaannya memang belum umum untuk kesehatan sebab kurang dikenal. Tetapi kualitasnya sebagai makanan yang penuh manfaat, itu sudah diakui. 

Melansir Agricultur Research Service USDA, ini fakta nutrisi yang terdapat dalam 100 gram kabocha :

- kalori               : 35

- lemak              :  0

- sodium            :  0

- karbohidrat   :  8, 2 gram

- serat                :  1,2 gram

- gula                 :   3,5 gram

- kalsium          :   24 mg

- protein           :   1,1 gram

- beta-karoten :   1,782 mcg

- vitamin C       :   9 mg

- kolesterol      :    0 mg

Kabocha makanan bergizi,  fakta di atas menunjukkan itu. Ada sedikit kalori, kaya serat dan aman bagi para pengidap diabetes karena tidak akan membuat gula darah melonjak.

Manfaat Labu Kabocha Untuk Kesehatan

labu-kabocha

1. Untuk kekebalan tubuh

Ini adalah sayuran buah yang kaya senyawa antioksidan. Kerusakan pada tubuh yang bisa terjadi akibat radikal bebas seperti peradangan.  Kemungkinan sel sel yang bermutasi bisa menyebabkan tumor dapat dicegah.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Kabocha bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika pun rasa lapar akhirnya terasa lagi Anda boleh memakannya lagi, berkali kali, karena kalorinya yang sedikit itu tidak akan menaikkan bobot badan. Bukan berarti tubuh Anda akan kekurangan gizi.

Labu hibrida ini kaya beta-karoten atau vitamin A, kabocha sumber beberapa vitamin lain sepert seperti vitamin B kompleks, C dan E. Kalium, kalsium dan zat besi juga tersedia. Seratnya akan menjamin tubuh mampu mencegah penyerapan lemak. Karbohidrat kompleks yang dimilikinya membuat buah ini aman untuk pengidap diabetes karena kabocha tidak akan menaikkan kadar insulin.

Jika Anda mengkonsumsinya disertai dengan olahraga yang teratur maka peran kobucha bisa menjadi sangat penting untuk penurunan berat badan. 

3. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Apa yang terjadi pada mata dan kulit kalau tubuh kekurangan beta-karoten ? Kulit dan mata mengering.

Kulit kekurangan kemampuan regenerasi sel. 

Rentan mengalami peradangan.

Mata juga jadi kering karena kehilangan daya memproduksi air mata. Itu bisa membuat berbagai masalah.

Seperti rabun senja. 

Nutrisi utama kabocha yang paling berguna untuk mata adalah beta-karoten, yang di dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A. 

Bisa mencegah berbagai masalah umum yang terjadi pada mata seperti katarak dan degenerasi makula. 

Pada kulit kabocha juga berkhasiat mencegah penuaan dini.

4. Meningkatkan kerja sistem pencernaan

Sepuluh persen kebutuhan tubuh akan serat harian Anda terpenuhi  oleh kobucha ini. Dibantu dari berbagai serat dari makanan lainnya maka jumlah itu sudah cukup untuk membantu Anda terhindar dari sembelit.

5. Melindungi jantung

Kabocha aman untuk penderita darah tinggi. 

Bahkan memberi manfaat penting.

Berkat seratnya kabocha dapat membantu memberi perlindungan pada jantung. Membantu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida. Secara tidak langsung itu akan membuat dinding pembuluh darah aman dari plak. Darah akan lancar. Jantung tidak perlu bekerja keras memompa darah.

6. Mencegah kanker

Telah diakui oleh para professional bahwa beta-karoten bermanfaat mencegah bermacam jenis kanker. Vitamin C yang juga terdapat pada kabocha juga memiliki kemampuan sama.

Khasiat itu bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi labu kabocha, memakannya sebagai makanan segar. Bukan dari hasil olahan atau suplemen.

Adakah dampak buruk makan kabocha ?

Hampir tidak ada.

Anda mungkin pernah berlebihan makan wortel ?

Dampaknya kulit menjadi kekuningan. Itu juga akibatnya jika Anda makan kabocha berlebihan. Wortel dan kabocha mengandung beta-karoten, itu penyebabnya.

Itu tidak berbahaya.

Setelah mengurangi porsi mengkonsumsinya kulit akan kembali normal.

Demikian tentang 6 manfaat labu kabocha untuk kesehatan ini.

Semoga berguna.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel