9 Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

Meski termasuk tanaman liar kacang arab telah lama ditanam orang. Sejak ribuan tahun lalu. Boleh jadi karena mudah dibudidayakan. Dan karena rasanya yang enak.

Selain enak kacang arab sebenarnya mengandung nutrisi tinggi. Yang semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk kaum wanita kacang arab ini sangat berharga sumber folat, senyawa penting yang salah satu manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin. Bagi kaum pria kacang paling populer kedua setelah kedelai ini diyakini dapat meningkatkan produksi sperma. 

Dan secara umum tumbuhan penuh serat ini memang sangat berguna buat manusia. Bisa membuat kita lebih aman dari kemungkinan serangan jantung adalah salah satu diantaranya.

Masih banyak manfaat lain dari tumbuhan ini. Seperti berikut yang diuraikan di bawah ini.

Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

tumbuhan-kacang-arab

1. Meningkatkan rasa bahagia

Membuat suasana hati dan emosi menjadi positif. Perasaan bahagia serta sejahtera adalah beberapa efek baik yang bisa tercipta pada mental orang yang memakan kacang arab.

Hati selalu diliputi dengan rasa senang, kecemasan berkurang dan tentu saja pikiran akan menjauh dari stress. 

Kacang arab mengandung zat yang mengaktifkan pusat otak yang bisa memberi rasa nyaman.

2. Sangat baik untuk wanita

Suasana hati wanita yang biasa stress saat menstruasi sudah tentu bisa berkurang. Wanita hamil juga akan mendapat manfaat penting jika makan kacang arab. Ada asam folat dalam kacang arab yang membantunya agar memiliki kehamilan yang sehat. Juga menambah kesehatan janin sehingga kelak akan lahir dengan jasmani sempurna dan saraf yang sehat.

Kacang arab juga mengandung zat besi, nutisi penting untuk proses pembuatan sel darah merah dalam tubuh.

Kandungan ini akan segera mengganti kekurangan darah pada wanita karena menstruasi. Dan pada ibu sehabis melahirkan.

3. Mencegah penyakit jantung

Tekanan darah tinggi tentu rentan menimbulkan penyakit jantung.

Adalah dua mineral penting yang berperan banyak untuk mengontrol tekanan darah. Yaitu magnesium dan potasium. Keduanya itu dimiliki oleh kacang arab.

Kandungan omega-3 serta omega-6 dalam kacang arab juga memberi bantuan pada tubuh agar terhindar dari penyakit jantung. 

Kacang ini bisa meminimalkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung.

Makanlah 3/4 gelas kacang arab setiap hari selama satu bulan.  Sangat berkhasist membuat tubuh aman dari penyakitbyang diakibatkan oleh kolesterol jahat.

4. Mencegah diabetes

Sebagai sumber serat dan protein kacang arab akan memperlambat penyerapan karbohidrat. Indeks glikemiknya rendah. Lonjakan gula darah tidak akan terjadi dalam tubuh Anda setelah memakan kacang arab. 

Sebagian besar serat pada kacang arab adalah serat larut yang dapat membantu tubuh menghilangkan gula serta kolesterol jahat.

Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi 1/2 gelas kacang arab setiap hari selama tujuh hari berturut turut. Itu sudah cukup untuk  mengontrol glukosa darah

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Struktur tulang yang lemah rentan memar bahkan patah. Kekurangan tulang akan kalsium, fosfor dan miskin vitamin K  dapat dipenuhi oleh kacang arab. Tulang menjadi lebih kuat, massive dan tidak rapuh.

Orang yang biasa makan kacang arab bisa terhindar dari osteoporosis.

6. Mencegah kanker

Berbagai vitamin ada dalam kacang arab. Dilengkapi dengan senyawa asam folat dan antioksidan. Semuanya itu akan membuat kacang arab mampu mengurangi  kemungkinan terjadinya peradangan pada usus. Itulah juga sebabnya kacang arab berguna untuk mencegah timbulnya kanker usus.

7. Mencegah nafsu makan yang berlebihan

Protein dan serat yang terkandung dalam kacang arab itu bermanfaat memperlambat kerja sistem pencernaan. 

Kalorinya rendah. Tapi kacang ini akan menimbulkan rasa kenyang. Rasa kenyang yang luar biasa. Kita dapat merasakannya dalam waktu lama sehingga pikiran kita akan menjauh dari keinginan untuk segera makan.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti kacang lainnya kacang arab ini juga memiliki unsur seng dan vitamin E. Kedua kandungan itu berkhasiat menjaga tubuh dari risiko flu dan pilek.

9. Meningkatkan kesuburan 

Kacang arab penuh dengan kandungan yang bermanfaat dalam proses produksi sperma pada pria.

Apakah setiap orang boleh makan kacang arab ?

Kacang arab yang sudah dimasak aman dimakan siapa saja. Termasuk penderita asam urat tinggi. Kandungan purin dalam 100 gram kacang arab cuma 50 mg.

Sangat rendah.

Kacang arab ini bagus untuk penderita asam urat. 

Mereka bisa makan kacang arab dan memperoleh manfaat nutrisinya sambil kadar purin dalam tubuh tetap rendah.

Orang yang tidak toleran pada serat memang bisa mendapat dampak negatif jika makan kacang arab ini. Bisa membuat rasa tidak nyaman karena perut jadi penuh gas.

Bisa saja mereka tetap makan kacang arab.

Asal kulitnya dibuang.

Demikian uraian tentang 9 manfaat kacang arab untuk kesehatan ini.

Semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel