10 Manfaat Kecubung Si Tanaman Beracun Untuk Kesehatan

Bunga tanaman ini mirip terompet. Sangat indah, cantik sempurna. Mungkin bagus untuk dekorasi. Tapi nama atau julukan tumbuhan ini mengerikan. Yaitu terompet malaikat. Nama lainnya juga serba masih memberi kesan mengerikan seperti terompet kematian, rumput iblis dan rumpur gila. Kecubung adalah tanaman beracun. Bisa memberi khasiat jika Anda menggunakan kecubung sebanyak dosis untuk obat. Tapi jika dengan dosis berlebihan maka kecubung adalah racun. 

Kecubung memang beracun. Bahkan di dunia ini kecubung tergolong sebagai salah satu tanaman paling beracun. Sebab utamanya karena tumbuhan ini memiliki sifat halusinogen. Kandungannya kaya dengan alkanoid tropane. Kandungan inilah yang membuat halusinasi pada orang yang mengkonsumsinya. berlebihan.

Perlu diingat bahwa apapun bentuknya menyalahgunakan kecubung adalah illegal, melanggar hukum. Dan apa yang tertulis selanjutnya di bawah ini adalah sekedar untuk menambah wawasan. Selalu hati hati dan harus menuruti saran dokter sebelum menggunakannya. Sengaja atau tidak sengaja, jika digunakan dengan dosis yang salah hasil yang Anda dapatkan adalah kerugian.

Sebenarnya apa saja manfaat tanaman ini untuk kesehatan ?

Beberapa Manfaat Kecubung Untuk Kesehatan

  kecubung

1. Mengobati asma

Memiliki sifat antispasmodik kecubung bisa mengendurkan serta bisa menenangkan saluran udara. Mencegah saluran udara itu menutup.

Saluran udara yang tertutup bisa menghambat udara masuk ke paru paru. Itu yang mengakibatkan batuk.

Untuk mengatasinya bisa Anda bisa menghirup uap yang berasal dari bunga kecubung. Air yang baru mendidih Anda tuangkan ke dalam wadah yang sudah berisi sejumlah bunga kecubung. Uap yang keluar dari wadah tersebut dihirup. 

Atau membuat rokok yang terbuat dari bunga dan daun kecubung. Digunakan sebagaimana Anda sedang merokok.

Hati hati, berlebihan membuat bahaya.

2. Mengobati demam

Buah kecubung  telah lazim digunakan sebagai obat tradisional yang ampuh meredakan demam. Termasuk demam karena malaria.

3. Mengatasi insomnia

Daun kecubung dapat menenangkan saraf. Untuk penderita insomnia ini sangat bermanfaat untuk mencapai tidur yang lelap.

4. Mengobati sakit gigi

Bunga kecubung dikeringkan kemudian digiling sampai halus seperti tepung. Tepung ini dimasukkan pada gigi yang sedang kumat dan membuat sakit.

Dengan cara lain Anda juga bisa memanfaatkan akarnya, baik  dalam bentuk kering maupun masih segar. Giling hingga halus dan oles dan tempelkan, biarkan tetap pada gigi tersebut paling tidak 10 hingga 15 menit.

Menghirup asap dari biji kecubung yang sedang dibakar. Ini juga cara berkhasiat meredakan sakit gigi Anda.

5. Membantu mencegah kebotakan

Kecubung juga bisa membantu mengatasi kebotakan karena memiliki kemampuan meningkatkan kesehatan rambut. 

Dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Mengatasi impotensi

Biji kecubung berkhasiat meningkatkan aliran darah menuju ke alat vital. Kecubung juga termasuk obat tradisional yang bisa menambah daya energi seksual. Meningkatkan kesuburan. Efek lanjutnya juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

7. Mengobati rematik

Zat zat penenang yang terdapat pada tanaman tropis asli benua Asia ini berkhasiat membuat otot jadi rileks, analgesiknya menghilangkan rasa sakit.

Daun dan bunga kecubung dibuat layu dulu, caranya celupkan dulu sebentar saja pada air mendidih. Oleskan pada area otot otot juga di sendi yang bermasalah. Ulangi berkali kali sampai sakit reda.

Daunnya juga bisa Anda haluskan sebagai obat tempel.

8. Mengobati batuk

Antispasmodik kecubung ini pun bermanfaat mengobati batuk.

8. Membasmi ketombe

Masalah kulit kepala yang berketombe bisa Anda atasi menggunakan daun kecubung segar, digiling hingga halus kemudian digosokkan hingga menyentuh kulit kepala.

9. Mengobati sakit telinga

Minyak kecubung juga memiliki berbagai khasiat yang bisa mengobati beberapa ganguan kesehatan. Salah kasiatnya mengobati sakit telinga.

Hanya beberapa tetes, masukkan ke lubang telinga Anda. Itu juga akan mengatasi masalah. Sakit telinga sembuh dan aman dari risiko infeksi.

10. Mengobati payudara bengkak

Menggiling bunga kecubung dan beras masing masing dalam jumlah yang sama. Ramuan ini Anda tempelkan pada payudara yang bengkak ( Sumber : 1001 resep herbal dr Setiawan Dalimartha ).

Anda tidak boleh makan kecubung meski dalam jumlah sedikit. Kecuali didampingi dokter

Efek samping mengkonsumsi kecubung

Beberapa diantaranya :

-jantung berdegup kencang

-halusinasi dan kebingungan mental

-vertigo

-mual dan muntah

-mata, mulut dan kulit menjadi kering

-hipetermia

Kecubung banyak manfaatnya.

Tapi sangat beracun jika digunakan berlebihan.

Akibatnya bisa mengerikan.

Membuat kematian.


Referensi :

dr Setiawan Dalimartha. Buku 1001 Resep Herbal 

Healthbenefitstimes. Facts and health benefuts of Thorn Apple(Datura)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel