12 Manfaat Mugwort Bagi Kesehatan

Hampir setiap bagian dari tanaman ini memiliki khasiat. Paling sering menggunakan daunnya. Yang diambil daun yang muda. Untuk diambil minyaknya setelah melalui pengeringan.Minyak mugword itu penuh dengan kandungan yang kaya manfaat.

Kandungan itu antara lain :sineol, flavonoid, saponin, tanin dan tentu saja kandungan khas mugwort yaitu artemisinin.

Daun mugwort yang sudah dikeringkan juga biasa digunakan sebagai teh. Itu adalah penggunaan paling umum secara tradisional. Diminum hingga dua gelas setiap hari.

Antioksidan dan berbagai nutrisinya dipercaya efektif  dan berkhasiat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada hampir seluruh bagian tubuh kita.

Beberapa Manfaat Mugwort Bagi Kesehatan

daun-mugwort

1 Membersihkan darah

Berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi pada darah.  Termasuk akibat pengaruh zat zat kimia yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Dampaknya bisa membuat darah tercemar.

Mugwort mengandung vitamin E, memiliki antioksidan dan flavonoid yang bisa bekerja membasmi racun yang terdapat pada darah.

2. Mengobati gondongan

Penyakit ini sangat mengganggu pernafasan. Karena terjadi pada area leher maka itu juga akan menimbulkan sakit saat mengunyah. 

Mugwort, dengan adanya polifenol yang terkandung di dalamnya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit gondongan.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Bermanfaat meningkatkan proses pertumbuhan pada usia anak anak, mugwort dengan ketersediaan berbagai mineral seperti kalsium dan magnesium bisa menguatkan tulang.

Orang dewasa juga baik sekali menggunakan tumbuhan ini terkait manfaatnya yang sangat penting untuk regenerasi dan pembentukan tulang.

Mugwort juga bekerja menguatkan tulang pada kaum usia lanjut.

4. Mengatasi sakit maag

Anda bisa mengalami sakit maag jika memiliki kelebihan kandungan asam lambung. Daun mugwort berkhasiat mengobati sakit maag. Ini bisa terjadu karena adanya senyawa senyawa penting yang berguna  membuat asam lambung menjadi netral. Khasiat itu pula yang nanti akan membuat otot lambung Anda lebih tahan menghadapi berbagai jenis makanan, yang beberapa diantaranya bisa membuat kerusakan.

5. Mengatasi bau mulut

Mugwort bisa membantu menormalkan keasaman mulut.  Memiliki senyawa dengan kemampuan sebagai anti bakteri, mugwort melalui senyawa ini akan selalu menjaga rongga mulut sehingga aman dari mikroba penyebab bau.

6. Membasmi cacing

Terutama untuk anak anak, tumbuhan yang bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan ini berguna juga untuk membasmi cacing. Sangat  efektif untuk membunuh cacing gelang.

7. Mengobati payudara bengkak

Satu derita yang paling umum seorang ibu menyusui adalah payudara bengkak. Bayi yang berkali kali menyusui rentan membuat payudara sang ibu bengkak.

Ada senyawa penting dalam mugwort yang berkhasiat mengatasinya. Nama senyawa itu adalah terpenoid, anti inflamasi yang dapat meredakan payudara bengkak.

8. Mengatasi dismenore

Dismenore adalah masalah yang umumnya menimpa kaum wanita. Gangguan yang menimbulkan kram pada rahim disertai sakit punggung dan mual mual.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mugwort memang berkhasiat mengatasi dismenore.

9. Mengobati malaria

Mugwort adalah obat alami untuk malaria. Khasiatnya sangat manjur. Bahkan lebih manjur dari kina. Senyawa artemisin pada mugwort itu yang membuat tumbuhan ini menjadi herbal istimewa.

Ampuh membasmi plasmodium falsifarum, penyebab Anda mengidap malaria. Penelitian telah membuktikan itu. 

Bahkan tokoh penting dalam penelitian ini telah dianugerahi hadiah Nobel.

10. Mengobati sakit kepala

Mugwort bisa meredakan rasa sakit.

Tanaman ini juga tergolong sebagai analgesik alami. Khasiatnya pun bukan hanya sekedar mengobati sakit kepala. Rumbuhan ini juga baik digunakan untuk meredakan nyeri rematik. 

Minum teh mugwort bisa menjadi pilihan yang tepat jika sakit kepala sedang menyerang.

11 Menambah nafsu makan

Seorang ibu yang sering pusing menghadapi anak yang kurang nafsu makan bisa terbantu berkat tanaman ini. Tumbuhan mugwort dengan kandungan quercetin.

Itu adalah senyawa yang dapat meningkatkan selera makan. Mugwort tentu saja bisa bermanfaat untuk orang sedang sakit, yang beberapa fungsi sarafnya tidak oprimal sehingga cenderung kehilangan selera untuk makan.

12. Meningkatkan libido

Teh mugwort memiliki sifat afrodisiak.

Cara membuat teh mugwort

Sangat berbahaya mengkonsumsi mugwort dalam keadaan segar atau mentah. Dan belum ada dosis ideal yang dianggap paling aman. Tapi seperti telah disebut di awal tulisan ini tadi bahwa cara paling umum menggunakan mugwort untuk kesehatan adalah mengolah daunnya menjadi teh, maksimal diminun 2 gelas per hari.

Ambil 1 sdt daun mugword yang sudah dikeringkan, dimasukkan ke dalam gelas. Tuang air mendidih ke dalam gelas tersebut dan tunggu lima sampai sepuluh menit. 

Saring dan minum. Beraroma bagaikan madu tapi rasanya pahit. Jika suka bisa ditambahkan pemanis.

Teh mugwort memberi efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Bisa mengakibatkan pelebaran pemhuluh darah. Serta merusak fungsi hati dan ginjal. Keguguran juga bisa.

Perlu lebih berhati hati menggunakannya apalagi jika Anda mengidap penyakit tertentu.

Demikian tentang 10 manfaat mugwort bagi kesehatan ini.

Terimakasih, wassalam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel