Manfaat Paku Ekor Kuda Si Tumbuhan Purba Untuk Kesehatan

Meski tidak memilki bunga pakis atau paku adalah tumbuhan. Bahkan tergolong sebagai tumbuhan purba. Banyak fosil sudah membuktikan hal itu. Berbagai penemuan itu mengungkapkan bahwa pakis ini telah menghuni bumi semenjak 475 juta tahun lalu. Tumbuh di lingkungan lembab dan sedikit sinar matahari pada sebagian besar daerah tropis. Pakis memilik ukuran beragam. Mulai dari ukuran paling kecil sampai yang paling besar, ada yang tingginya bisa 20 meter.

Dari penemuan fosil tumbuhan pakis ataupun paku ekor kuda zaman purba diketahui bisa setinggi pohon. Tapi sekarang hanya sekitar 30 sentimeter. Ada beberapa jenis tanaman paku ekor kuda, contohnya paku ekor kuda kayu( Equisetum arvense ). Nama ilmiah untuk jenis paku ekor kuda lainnya adalah Equisetum variegatum dan Equisetum hyemale. Dan yang kita ulas di sini adalah paku ekor kuda biasa yaitu Equisetum arvensis.

Khusus tentang paku ekor kuda, ini adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penduduk asli di berbagai negara telah menggunakannya untuk obat flu dan pilek. Selain itu paku ekor kuda juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan pencernaan. Wanita yang ingin memiliki kulit indah dan mulus juga bisa memanfaakan tumbuhan ini. Masih banyak manfaat lainnya. Itu yang akan diulas berikut di bawah ini.

Manfaat Paku Ekor Kuda Untuk Kesehatan

paku-ekor-kuda

1. Membantu berbagai masalah pada wanita

Paku ekor kuda itu sumber berbagai mineral seperti potasium, fosfor, kalsium, dan silikon. Deretan mineral yang sangat berperan penting untuk pembentukan kolagen. Itu sebabnya tanaman asli Eropa  ini berkhasiat membuat kulit lebih cantik.

Khasiat itu bahkan lebih efektif karena paku ekor kuda juga memiliki kandungan vitamin C. Berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga tampilan kulit tetap muda dan Anda akan terhindar dari penuan dini.

Wanita yang kerap mengalami siklus menstruasi tidak teratur pantas berterimakasih pada tanaman ini. Paku ekor kuda bisa mengurangi berlimpahnya aliran menstruasi. Anemia yang mungkin terjadi juga bisa dipulihkan oleh paku ekor kuda. Antioksidannya akan membantu tubuh menyerap zat besi.

Masih ada keuntungan paku ekor kuda ini khusus untuk wanita. Yaitu mencegah osteoporosis.Wanita menopause rentan mengalami ini. Tapi tulang Anda yang rapuh itu bisa jadi padat kembali. 

Paku ekor kuda  terkenal karena tinggi kandungan mineral silika dan silikon yang berkhasiat menguatkan tulang.

2. Mengobati bisul

Paku ekor kuda adalah antimikroba yang dapat mengobati luka. Pula tanaman ini mengandung asam kynurenic. Itu adalah kandungan anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit.

Untuk mengobati luka bisul itu Anda bisa membuat ramuan dari paku ekor kuda dikombinasikan dengan tanaman daun sendok( plantago major). Dibuat pasta dan ditempelkan pada area bisul.

Minyak esensial paku ekor kuda juga ampuh mengobati bisul. 

3. Mengatasi rambut rontok

Silika dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Dampaknya akan meningkatkan jumlah kolagen. Rambut Anda bisa menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok.

Pada orang yang terlanjur mengalami rambut rontok paku ekor kuda bahkan bisa membantu. Dalam beberapa bulan rambut  akan kembali tumbuh.

4. Mengobati gangguan pernafasan

Paku ekor kuda juga berkhasiat sebagai ekspektoran. Dapat mengobati pilek dan flu. Menghilangkan dahak yang bersarang di tenggorokan. 

Bakteri yang ada di dalamnya akan dibasmi. 

Hasilnya sistem pernafasan Anda akan kembali normal. Hidung yang tersumbat menjadi lega.

5. Mengobati sakit tenggorokan

Rendam paku ekor kuda dengan air mendidih. Bubuhi sedikit garam. Air rendaman itu kemudian dicampur dengan jus lemon. 

Gunakan ramuan itu dengan cara berkumur maka sakit tenggorokan Anda akan sembuh.

6. Membantu mengobati peradangan

Radang sendi bisa membuat peradangan. Begitu juga asam urat. 

Ketika Anda jatuh dan cedera bisa saja pada bagian tertentu terjadi pembengkakan. Membuat ramuan paku ekor kuda dalam bentuk teh bisa Anda  gunakan untuk mengobatinya.

Cara membuat teh paku ekor kuda

Merebus segelas air sampai mendidih kemudian masukkanlah 1 sdm bubuk tangkai  paku ekor kuda dan matikan api. Diamkan 10 menit.

Diminum 2 gelas setiap hari setelah makan. 

Selain mengobati peradangan teh ini berkhasiat mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam tubuh.Sekaligus bermanfaat mengurangi berat badan.

Beberapa efek samping

- ramuan menggunakan tanaman ini tidak baik untuk pendetita ginjal

- penderita diabetes bisa menderita hipoglikemia(gula darah rendah) jika menggunakan paku ekor kuda.

- Food and Drug Administration( FDA) menyatakan keamanan paku ekor kuda ini belum bisa ditentukan. Belum menyetujui pemakaian paku ekor kuda.

Demikian tentang manfaat paku ekor kuda untuk kesehatan ini

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel