8 Manfaat Semanggi Merah Untuk Kesehatan

Biasa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, tanaman ini tumbuh pada lingkungan beriklim sedang. Dulu tumbuhan ini bernama triphyllon. Artinya tiga daun. Kini namanya telah berubah jadi red clover serta masyarakat kita menyebutnya semanggi merah. Aneh juga. Karena sedikitpun semanggi merah ini tidak menampilkan warna merah. Daun hijau dan bunganya berwarna ungu.

Selain makanan ternak orang juga bisa memakan bagian tanaman ini sebagai sayuran. Terutama tyang dikonsumsi adalah bunga dan tunas muda yang berasal dari kecambah bijinya. Untuk masalah kesehatan umumnya yang digunakan adalah daun dan bunganya. Khasiat serta sangat penting buat para wanita menopause. 

Namun manfaat semanggi merah untuk kesehatan bukan cuma untuk wanita. Secara umum tanaman ini berguna untuk mengatasi kelainan pigmentasi pada kulit manusia. Bisa meredakan gangguan pernafasan dan beberapa gangguan lainnya yang semua itu akan diuraikan dalam penjelasan di bawah ini.

Manfaat Semanggi Merah Untuk Kesehatan

semanggi-merah

1. Mengatasi masalah pernafasan

Semanggi merah memiliki kandungan dengan manfaatnya yang dapat membantu membersihkan lendir yang menganggu sistem pernafasan. Batuk rejan dan pilek adalah penyakit ringan terkait penafasan yang bisa diobati menggunakan semanggi merah.

Sifat ekspektorannya juga sangat membantu untuk penyakit yang lebih serius seperti asma dan bronkhitis.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskuler

Bisa membantu meningkatkan kadar kolestetol baik semanggi merah juga berkhasiat melebarkan pembuluh darah. Pembuluh arteri dapat menjadi lebih kuat dan elastis. Ditambah lagi dengan kemampuannya sebagai pencegah pembekuan darah semanggi merah ini benar benar sangat berguna melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga  nutrisinya dapat diterima oleh setiap sel dalam tubuh.

Terrmasuk di otak sehingga serangan jantung atau stroke bisa dicegah.

3. Mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh

Sebagai diuretik alami yang dapat mengurangi kelebihan cairan yang tersimpan dalam tubuh tumbuhan ini layak dikonsumsi oleh mereka yang berbadan gemuk yang kelebihan cairan.

4. Mengobati radang kulit

Tanaman ini juga dapat memperbaiki masalah kulit. Terutama yang berhubungan denga perubahan tekstur kulit. Seperti psisoaris, eksim dan ruam.

5. Mencegah kanker

Sebagai antioksidan yang kuat semanggi merah bermanfaat mencegah beberapa jenis kanker.

Penelitian telah membuktikan pria yang minum  teh semanggi merah secara teratur bisa terhindar dari kanker prostat dan para wanita bisa aman dari kemungkinan terkena kanker ovarium.

2 sdt daun semanggi dicincang dimasukkan ke dalam 1 gelas air yang mendidih, ditutup selama 10 sampai 15 menit dan dikonsumsi setelah suhunya turun dan bisa diminum.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Semanggi merah dapat mencegah pengeroposan tulang. 

Terutama pada kaum wanita yang telah menginjak masa menopause yang kekurangan hormon ovarium. Salah satu kandungannya adalah isoflavin fitoestrogenik. 

Itu adalah senyawa yang sangat ermanfaat  mencegah osteoporosis luhususnya pada wanita menopause.

7. Meredakan gangguan saat menopause

Semanggi merah bisa disebut sebagai tumbuhan istimewa buat wanita menopause. Manfaatnya bukan cuma menyehatkan tulang tetapi juga mampu mengurangi beberapa gangguan saat menopause. Seperti rasa hangat yang datangnya tiba tiba atau biasa disebut hot flashes.

Khasiat lainnya untuk bagi wanita adalah membantu mencegah kram dan pembengkakan payudara yang bisa terjadi menjelang menstruasi.

8. Meningkatkan kesuburan

Ini satu lagi manfaat semanggi merah untuk wanita.

Magnesium dan kalsium dikenal sebagai dua stimulan untuk masalah kesuburan. Isoflavon bisa mengontrol dan mengatur kadar hormonal dalam tubuh wanita. Kondisi ini sangat membantu untuk mendukung pembuahan sekaligus meningkatkan kesuburan wanita.

Cara menggunakan semanggi merah

Bunga, daun, akarnya dan bijinya aman dikonsumsi.

Daun dan bunganya dibuat pasta untuk mengobati masalah kulit. 

Termasuk mengobati luka bakar dan gigitan serangga.

Tetes ke mata untuk mengobati konjungtivitis, sebaiknya minta saran  dokter.

Semanggi merah sebagai obat kompres bisa meredakan nyeri rematik dan asam urat.

Untuk mencegah hot flash Anda juga bisa  menggunakan tanaman ini, 

Sebaiknya dimulai dengan dosis rendah. Setelah mengamati dampak positif dan dampak negatif pada tubuh maka Anda bisa memutuskan untuk meningkatkan dosis, tapi lakukan dengan hati hati. 

Karena dosis minimum adalah yang paling baik. Semanggi merah bisa membuat kadar hormonal jika digunakan berlebihan.

Karena bisa membuat ketidakseimbangan hormonal itu pulalah maka tumbuhan ini tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Berlebihan mengkonsumsi semanggi merah juga bisa berakibat perut kembung, sakit perut dan mual sampai kehilangan nafsu makan.

Orang yang memiliki masalah pembekuan darah atau yang baru saja menjalani pembedahan sangat berbahaya makan semanggi merah ini karena efeknya yang mengencerkan darah. 

Pada kulit bisa menimbulka ruam.

Untuk lebih memastikan tidak ada risiko Anda bisa minta saran dokter untuk mengetahui saat yang tepat agar aman menggunakan semangi merah ini.

Sebagai tambahan, ternak betina yang makan semanggi merah secara berlebihan secara nyata tingkat kesuburannya menjadi  berkurang.

Demikian ulasan manfaat semanggi merah untuk kesehatan ini. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel