11 Manfaat Talas Belitung Untuk Kesehatan

Tidak mudah menemukan talas belitung dijual di pasar. Pemasoknya mungkin tidak ada, pedagangnya pun mungkin tidak punya minat menjualnya. Takut tidak laku. Orang tidak tertarik, tampilannya yang tidak istimewa itu bisa jadi penyebab. Atau bisa karena tidak kenal.

Talas belitung memang tidak terkenal sebagai makanan. Hal ini yang mendukung ketidaktahuan orang bahwa selain bergizi tumbuhan ini pun punya keistimewaan. Berbeda dengan talas lain, hanya umbinya yang aman dimakan. Talas belitung, selain umbinya daun tumbuhan ini juga aman dikonsumsi.

Untuk kesehatan ini adalah tumbuhan yang bisa memberi banyak kegunaan. Mengandung lebih banyak vitamin A daripada wortel talas belitung sangat berkhasiat meningkatkan kesehatan mata. Talas ini juga penting karena manfaat dan fungsinya yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain dua manfaat yang disebut tadi, marilah kita simak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari talas belitung ini.

Manfaat Talas Belitung Untuk Kesehatan

talas-belitung

1. Menambah kekebalan tubuh

Tanaman ini bisa menambah daya tahan Anda dari risiko bermacam penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri atau jamur seperti pilek dan flu.

Mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Ketiga vitamin ini ditambah folat yang juga tersedia dalam talas belitung akan membuat ketersediaan sel darah putih terjamin, yang bertugas menghadang dan mencegah penyakit itu.

Risiko Anda mengidap penyakit tidak menular  semakin kecil. Talas belitung dengan kandungan berbagai senyawa bioaktif di dalamnya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih bagus. 

2. Meningkatkan kesehatan mata

Kemungkinan menderita rabun senja ataupun katarak bisa dicegah dengan mengkonsumsi talas belitung ini. Kandungannya yang sangat kaya vitamin A ini berkhasiat menangkal gangguan mata yang terjadi karena usia tua.

3. Mencegah sembelit

Transportasi makanan dalam usus perlu dijaga agar berjalan baik. Kalau tidak, usus akan mengalami masalah. Talas belitung akan bisa  menjaga sistem pencernaan, jumlah kandungan serat yang banyak dalam tumbuhan ini bisa membuat usus tetap sehat, bisa menambah jumlah air pada tinja sehingga tidak ada gangguan saat buang air.

Dan sembelit bisa dicegah.

4. Menguatkan tulang

Faktor usia yang mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti daya tahan tulang yang berkurang bisa diperlambat. Talas belitung ini termasuk sumber alami untuk kalsium dan fosfor, dua unsur penting untuk pembentukan tulang yang kuat.

5. Mengontrol tekanan darah

Sayuran ini bisa meredakan ketegangan pembuluh darah. Manfaatnya sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol.

 Kalium adalah salah satu zat penting lain yang terkandung  tanaman ini. 

Perannya di dalam tubuh adalah mengembalikan ketidakseimbangan kembali normal.  

Kandungan penting lain yang sama penting yaitu potasium yang juga tersedia pada tumbuhan ini. Mencegah tekanan darah  meninggi, zat potasium adalah vasodilator atau pencegah pembuluh darah yang bisa tegang.

6. Mencegah kram

Zat kalium juga berperan mencegah kram. Tubuh yang rendah kalium sangat rentan mengalami kram dan mengkonsumsi talas belitung bisa diandalkan untuk mencegah kram.

7. Mencegah anemia

Ketika merasa gejala anemia telah menimpa, cobalah lebih banyak mengkonsumsi talas belitung. Ini adalah tanaman yang kaya zat besi, mineral penting untuk terbentuknya hemoglobin dan mencegah anemia.

Keluhan yang biasa Anda alami akibat anemia seperti lemas, pusing dan sering mual kelak tidak akan ada lagi.

Membuat jus dari daun talas belitung, diminum setiap pagi, itu adalah cara yang mudah dan sederhana. Tapi efisien untuk mengatasi anemia Anda.

8. Mencegah penuaan dini

Vitamin A dan kandungan karotenoid akan menjaga kulit Anda tetap sehat. Vitamin A pun berguna untuk merangsang produksi kolagen, senyawa yang paling vital peranannya sebagai penjaga kesehatan kulit itu. 

Jadi kulit tetap terjaga, kulit kendur, tanda munculnya kerutan bisa  dicegah.

 Antioksidan talas belitung berkhasiat menghambat kerusakan kulit karena radikal bebas.

 9. Membantu menurunkan berat badan

Sedikit kalori kaya serat. Sayur daun talas belitung juga bisa membuat Anda cepat merasa kenyang. Dengan diimbangi dengan pola makan sehat ditambah olahraga teratur daun talas belitung bisa memberi bantuan berarti untuk mengurangi bobot Anda.

10. Mengatasi depresi

Vitamin B6 dalam prosesnya dalam tubuh akan meningkatkan mood positif, membuat suasana hati yang baik. Talas belitung bermanfaat mengubah mood orang yang sedang depresi kembali menjadi positif.

11. Mengobati sakit karena sengatan serangga

Daun talas belitung adalah obat berkhasiat untuk  mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat gigitan serangga. Dengan cara menggosokkan daunnya pada bekas sengatan perlahan rasa nyeri akan berkurang. Tindakan ini juga sekaligus untuk mencegah kemungkinan terjadinya pembengkakan.

Meski umbi dan daunnya aman dimakan,  para ahli kesehatan serta herbalis umumnya menyarankan agar selalu mengkonsumsinya jika  sudah dimasak. Jika dimakan mentah orangnya bisa mengalami rasa tidak nyaman pada mulut dan bibir. Hal yang sama juga terasa pada tenggorokan.

Daun yang dimasak adalah yang urat uratnya sudah dibuang. Sedang pada umbi, harus dikupas dan kulitnya dibuang. Kemudian umbi yang akan dimasak sebaiknya direndam dulu dalam air selama satu malam.

Batangnya juga dimasak dulu, Anda bisa merebusnya bersama sama daunnya menjadi menu sayuran. Rasanya seperti bayam. 

Demikianlah tentang 11 manfaat talas belitung untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel