12 Manfaat Thyme Untuk Kesehatan

Thyme itu hanya tanaman kecil. Semak rendah. Tingginya cuma 30 sampai 35 sentimeter. Tapi nutrisi dan manfaatnya tidak serendah batangnya yang berwarna coklat itu. 

Tidak perlu meragukan khasiatnya. Banyak bukti yang menyatakan kebenaran manfaat tumbuhan ini. Thyme bahkan termasuk salah satu tanaman obat tertua. Herba ini sudah dikenal dan digunakan oleh bangsa Romawi untuk antidepresi. 

Sebelum berangkat ke medan perang prajurit yang kurang percaya diri disuruh mandi dulu menggunakan ramuan daun thyme. Agar berani dan tampil perkasa di medan tempur

Bapak kedokteran Hipocrates sangat merekomendasikan herba ini untuk mengatasi pilek dan gangguan pernafasan.

Seiring dengan kemajuan zaman akhirnya terbukti bahwa untuk kesehatan thyme memang memiliki beragam manfaat. Berikut di bawah ini diantaranya

Manfaat Thyme Untuk Kesehatan

thyme

1.Menurunkan tekanan darah

Respon tikus terhadap penyakit sangat mirip dengan manusia. Ada sebuah penelitian tentang hipertensi yang dicoba pada hewan ini. Ekstrak thyme ternyata mengurangi frekwensi detak jantung tikus. Kesimpulannya, asupan thyme pada tubuh manusia bermanfaat menurunkan tekanan darah.

2. Membantu mencegah tumor

Thyme mengandung carvacrol. Itu adalah kandungan yang memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan tumor.

3. Meningkatkan mood positif

Tadi telah disebut tentang manfaat zat carvacrol untuk tumor.

Sesungguhnya manfaat lain masih ada. Yaitu bisa menimbulkan efek positif dalam jiwa. Carvacrol mempengaruhi otak sedemikian rupa sehingga yang tercipta di otak adalah rasa bahagia dan senang.

Aromanya pun membantu meredakan ketegangan Anda

4. Menurunkan kolesterol

Thyme mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL serta trigliserida. Sebaliknya bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

5. Menghilangkan jerawat

Tumbuhan ini sudah lama dikenal sebagai antibakteri dan salah satu khasiatnya ampuh menghilangkan jerawat. Buatlah larutan  yang diolah dari thyme,  dengan merendamnya selama beberapa hari di dalam cairan alkohol. 

Larutan itu adalah ekstrak yang mujarab untuk membuat kulit wajah bebas dari jerawat. Sekaligus menjaga kebersihan wajah sehingga bebas dari kotoran.

Beberapa penelitian bahkan menyatakan hasilnya jauh lebih memuaskan dibanding produk priduk olahan dari pabrik, bahan alami dan segar ini tidak menimbulkan sensasi atau rasa terbakar. Tidak ada iritasi.

6. Mengobati sakit tenggorokan

Minyak thyme dengan kandungan carvacrol-nya memang ampuh mengatasi bakteri. Daya basminya sangat kuat. Bermacam macam jenis bakteri yang menimbulkan infeksi di rongga mulut dan saluran tenggorokan bisa dibasmi menggunakan minyak thyme.

Thyme adalah tanaman obat yang antiseptik dan antimikroba. Banyak produk kebersihan yang menggunakan thyme ini. Anda juga  bisa mengolahnya menjadi obat kumur untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Selain menjaga kebersihan rongga mulut aromanya juga wangi.

7. Melindungi tubuh dari bahaya kanker

Ekstrak thyme berkhasiat untuk membantu menumpas sel kanker.

8. Desinfektan

Sebagai antibakteri thyme tidak diragukan keampuhannya. Ditambah lagi dengan sifatnya yang antijamur thyme bisa menjadi jawaban untuk mengatasi gangguan berbagai hama pembawa bibit penyakit.

Minyak essensial thyme bisa mengusir nyamuk, kecoak bahkan tikus. Mereka akan segera menyingkir sehingga rumah dan lingkungan Anda lebih terjamin kebersihannya. 

Sudah tentu Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan minyak thyme ini.

Anda dan anak serta hewan peliharaan akan aman dari resiko bahan kimia.

9. Meningkatkan kerja usus

Tumbuhan ini kaya senyawa aktif yang dapat meningkatkan produksi air liur dan empedu. Berguna untuk melindungi lambung dan usus. 

10. Melindungi mata

Selain kaya vitamin A thyme juga mengandung flavonoid yang dapat membantu memperlambat degenarasi makula. Thyme juga memberi kontribusi dalam hal pencegahan gangguan kesehatan mata. Dapat membantu mencegah katarak contohnya.

11. Mengatasi masaah pernafasan

Memiliki manfaat sebagai ekspektoran thyme bisa mencegah berbagai penyakit yang mengganggu sistem pernafasan seperti pilek. Juga bisa membantu pencegahan penyakit lain yang lebih serius. 

Contohnya bronkhitis dan asma,

12. Meningkatkan kekebalan 

Berbagai manfaat di atas bisa menjadi sebuah alasan paling rasionil untuk menyatakan bahwa tumbuhan ini bisa berperan sebagai bahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ada alasan tambahan untuk mendukung kesimpulan tadi, yaitu: thyme kaya dengan vitamin.

 Vitamin C tersedia dalam kadar yang tinggi. Itu adalah vitamin yang akan menjamin ketersediaan sel darah putih dalam tubuh Anda. Fungsi utama vitamin ini memang merangsang produksi sel darah putih. 

Untuk kulit, otot dan jaringan vitamin ini memiliki manfaat penting meningkatkan produksi kolagen. 

Tidak ketinggalan pula dengan dukungan dari berbagai nutrisi lain. Seperti serat dan zat besi. 

Thyme akan membuat tubuh Anda jauh lebih siap untuk menghalau bibit penyakit ataupun infeksi.

Penggunaan

Cara praktis penggunaannya adalah dikonsumsi dalam bentuk segar, dicampurkan ke dalam makanan sebagai bumbu penyedap.

Penggunaan thyme sebagai bumbu tidak umum dalam masyarakat kita, tetapi perlu diketahui makanan yang mengandung thyme  adalah nutrisi yang sangat berkhasiat mencegah berbagai penyakit, termasuk beberapa manfaat thyme yang telah diuraikan di atas.

Satu lagi caranya yaitu untuk tujuan obat. Menggunakan daun thyme kering. Dikonsumsi sebagai teh. Satu sendok makan herba keringnya dengan 1 liter air mendidih.

Dosis aman paling banyak 3 gelas sehari. 

Berlebihan bisa merusak sistem pencernaan. Merusak hati juga.

Orang yang sedang menggunakan obat medis pencegah pembekuan darah atau antikoagulan harus menghindari thyme.

Demikian uraian tentang 12 manfaat thyme untuk kesehatan ini.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel