10 Cara Mengolah Daun Krokot Untuk Kesehatan

Dulu status krokot ini hanyalah tanaman gulma.. Kaum petani tidak suka dengan krokot. Karena membuat gangguan di lahan. Tumbuhan yang spontan tumbuh.merayap, bisa sampai 30 cm, bercabang ke kiri ke kanan, mengusik dan sangat invasif menghalangi perkembangan tanaman mereka. Tetapi sebenarnya tanaman yang memiliki nama   latin portulaca oleracea ini adalah tanaman yang penuh gizi. 

Krokot adalah sumber nabati yang paling banyak mengandung omega 3, lemak baik yang berkhasiat mengurangi peradangan. Juga memiliki kandungan vitamin A, B dan C.  Dilengkapi dengan berbagai mineral. Kandungan pigmen karotenoid juga sudah pasti ada, buktinya adalah warna batangnya yang kemerahan, terjadi akibat adanya kandungan tersebut. 

Krokot bisa dimakan. Rasanya mirip bayam. Tapi yang paling penting adalah manfaatnya sebagai obat. Di Tiongkok krokot sudah lama dikonsumsi karena khasiatnya. Krokot juga dikenal dalam pengobatan Yunani kuno. Khasiatnya sebagai tanaman obat memang banyak.

Sifat farmakologis antara lain antimikroba, antidiabetik, antioksidan, antiinflamasi. Krokot juga bisamelindungi sistem syaraf dari beberapa gangguan.

Beberapa Cara Mengolah Tanaman Daun Krokot Untuk Kesehatan

daun-krokot

1. Anti-inflamasi

Memilik antioksidan yang kuat krokot berkhasiat mengurangi atau meredakan peradangan yang terjadi akibat berbagai  penyakit.

Ambillah herba krokot yang masih segar sekitar 100 gram, Layukan sebentar dengan cara dikukus. Tidak perlu terlalu layu. Kemudian peras dan minum semua air perasan itu.

Itu adalah ramuan yang bisa  digunakan untuk mengobati penyakit rematik Anda.

2. Mengobati gangguan penglihatan

Krokot sudah lama dikenal sebagai tumbuhan yang bisa mengobati gangguan pada mata. Berkat kandungannya, yaitu vitamin A dan beta-karoten. Krokot bisa mencegah degenerasi makula. 

Mampu menghalau gangguan yang terjadi karena radikal bebas, yang membuat katarak. Serta dapat mencegah berbagai gangguan lain pada organ mata yang berhubungan dengan usia tua.

3. Mengobati berbagai luka pada kulit

Kandungan vitamin C-nya bermanfaaat meningkatkan daya kekebalan tubuh .Ketika ada gangguan ataupun bibit penyakit, tubuh sudah punya kemampuan  mencegah infeksi. Jika ada luka bisa lebih cepat sembuh. 

Didukung pula oleh kandungan krokot lainl, yaitu zat besi. Yang akan bekerja membantu pembentukan sel sel darah merah. Pulihnya luka  jadi lebih cepat. Itu yang membuat krokot yang juga kaya vitamin A ini mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit. 

Berbagai mineral di dalam krokot akan mendukung fungsi vitamin A ini, meningkatkan penampilan kulit Anda, bisa mengurangi kerutan. 

Memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa sakit, juga anti-inflamasi krokot bisa meredakanberbagai masalah peradangan pada kulit. 

Luka bekas gigitan binatang berbisa juga bisa diobati dengan ramuan krokot ini, cara mengolahnya herba krokot ditumbuk halus, diperas. Air perasannya dioleskan pada area luka untuk meredakan bengkak. Dan mengurangi rasa nyeri.

Ramuannya yang bisa mengobati luka bahkan masih berlanjut dengan khasiat berikutnya, yaitu jika Anda terus menggunakannya maka noda bekas luka itu akan lenyap.

Buatlah ramuan dari biji krokot. Sepuluh gram bijinya direbus selama 10 menit. Tempelkan pada luka Anda. Dan balut menggunakan daun segarnya.

Bisul bisa diobati dengan minum teh krokot.

4. Mengobati penyakit gastrointestinal

Seperti diare dan disentri. 

Juga dapat mengobati ambeien dan pendarahan pada usus. Penelitian ilmiah tentang manfaat ini memang belum mendukung, akan tetapj penggunaan krokot untuk mengatasi masalah gastrointestinal sudah dilakukan turun temurun dalam pengobatan tradisional di negeri Tiongkok.

5. Mencegah sakit kepala

Krokot bisa mencegah migrain. Vitamin B2 adalah kandungan krokot yang bermanfaat mengatasi dan meredakan rasa sakit akibat migrain tersebut.

6. Mengobati pilek dan flu

Vitamin A tersedia, vitamin C juga. Kedua vitamin itu bersama vitamin B kompleks yang juga terkandung dalam krokot akan membuat Anda lebih kuat menghadapi ancaman penyakit. Seperti pilek dan flu.

7. Mencegah osteoporosis

Hampir semua bahan penting untuk pembentukan tulang yang kuat tersedia dalam krokot. 

Kalsium, magnesium, mangan dan zat besi adalah beberapa elemen bermanfaat untuk mendukung perkembangan tulang, mengobatinya jika sedang menghadapi gangguan atau penyakit. Itu akan membuat kesehatan tulang terjaga. Sehingga proses osteoporosis akibat usia tua bisa ditunda.

8. Mencegah pendarahan parah saat menstruasi

Krokot juga bisa berguna banyak buat wanita menstruasi. Mereka yang mengkonsumsi biji tumbuhan ini menjelang masa menstruasi bisa terhindar dari berlimpahnya darah yang keluar saat tiba waktu haid itu.

9.Mengobati gangguan saluran kemih

Gunakan 2 sdm bubuk herba krokot, siram dengan segelas air mendidih. Tutup dan tunggu 10 menit untuk kemudian Anda minum.

Ramuan ini Anda minum tiga kali sehari maka masalah saluran kemih Anda akan sembuh.

10. Menyehatkan jantung

Dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki kandungan tinggi omega 3, krokot pantas dianggap sebagai tumbuhan yang benar benar berharga. Kandungan omega 3 bisa membantu mengurangi kolesterol jahat. Sekaligus dapat mengontrol dan meningkatkan keseimbangan kolesterol baik di dalam darah.

Orang yang biasa makan makanan kaya omega 3 seperti krokot  bisa aman dari kemungkinan serangan jantung. Tentu pula bisa terhindar dari stroke. Karena jantung Anda selalu bekerja maksimal.

Kemungkinan  Anda mengidap tekanan darah tinggi bisa dicegah. Kandungan potasiumnya yang bekerja menurunkan tekanan darah itu.

Krokot juga berkhasiat melemaskan pembuluh darah. Yang berguna membuat sirkulasi darah tetap lancar.

Cara mengolah krokot

Selain menggunakan cara membuat ramuan di atas cara lain untuk mendapatkan manfaatnya adalah mengkonsumsi daunnya sebagai sayuran.

 Patut diingat bahwa krokot kaya akan kandungan oksalat. 

Jadi tanaman ini tidak baik untuk penderita batu ginjal.

Demikianlah uraian tentang 10 cara mengolah tanaman daun krokot untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel