10 Manfaat Buah Bidara Dan Cara Menggunakannya

Ziziphus mauritiania atau tumbuhan bidara adalah tanaman asli Asia Tenggara. Tumbuhan yang masih tergolong dari keluarga Rhamnaceae ini memiliki kemampuan hidup yang tangguh pada tanah gersang dan miskin hara. Meski demikian tanaman ini sangat bergizi. 

Dan semua bagian tanaman berkhasiat obat. Daun, kulit batang, buah dan bijinya hingga akar, semuanya dapat memberi manfaat kesehatan pada manusia.

Daunnya bisa mengobati bisul, kulit batang bidara bisa diolah menjadi obat tetes mata dan bijinya adalah bahan untuk obat sakit lever. 

Lalu manfaat buahnya apa ?

Itulah yang akan diulas seperti berikut di bawah ini

Manfaat Buah Bidara Dan Cara Menggunakannya

buah-bidara

1. Antioksidan

Tinggi dengan kandungan vitamin A dan C, buah bidara adalah buah yang memiliki banyak khasiat . Mampu meremajakan setiap sel dalam tubuh orang yang biasa mengkonsumsinya. Khusus untuk ginjal serta hati, bidara akan membuat kedua organ itu menjadi lebih kuat. Bidara bisa mencegah berbagai gangguan yang bisa membuat kesehatannya terganggu.

Flavonoid dalam bidara efektif melawan radikal bebas. Efeknya dapat membuat sistem peredaran Anda jadi lancar. Aman dari penyumbatan jantung. 

2. Mencegah anemia dan menurunkan tekanan darah

Bahan paling utama yang terdapat pada setiap sel darah merah adalah zat besi dan fosfor. Anda bisa meningkatkan jumlah kedua kandungan itu dalam tubuh dengan memakan buah bidara. 

Anda tentu saja akan terbantu terhindar dari anemia. Terhindar dari otot otot yang lemah. Buah ini akan memberi Anda dorongan energi. 

Terkait dengan kandungan lainnya, potasium dan vitamin B kompleks, buah ini dapat menurunkan tekanan darah.Bukan sekedar meredakan tapi tekanan darah Anda bisa mencapai tingkat paling substansial.

3. Bisa mengurangi rasa lelah

Nutrisinya bermanfaat meningkatkan kinerja sistem saraf. Kondisi ini  sangat mendukung untuk membuat saraf menjadi relaks. 

Rasa lelah pun jadi berkurang. 

4. Mengatasi gangguan pada kulit

Buah ini punya keistimewaan terkait keampuhannya mengobati  luka kulit. Bisa menyembuhkan luka bakar. Mengatasi kulit kering. Keriput yang timbul bisa kembali kencang.

Buah bidara dengan kandungan asam aminonya bahkan bermanfaat mempercepat sembuhnya luka kulit yang tergores. 

Juga pada luka akibat peradangan seperti psosiaris dan eksim. Ampuh pula menghilangkan jerawat.

5. Menguatkan otot dan tulang

Kalium dan fosfor tersedia dalam buah bidara.  Otot otot yang lemah akan menjadi lebih kuat setelah rutin makan buah yang  mengandung zat besi ini. Tulang Anda bisa lebih terjamin kesehatannya dan untuk  pengidap osteoporosis buah ini bisa memberi manfaat yang besar.

Menurunnya kekuatan tulang akibat usia tua mungkin tidak akan bisa dicegah, tapi kandungan mineralnya bisa memperlambat proses itu. 

Untuk penderita radang sendi, Anda juga akan mendapat manfaat. Itu berkat efek anti-inflamasinya yang bisa meredakan pembengkakan di persendian.

6. Membantu mengontrol berat badan

Bagus sekali jika Anda menambahkan buah bidara ini ke dalam menu diet. Kalorinya rendah. Tapi buah ini sumber energi. Tinggi serat serta protein. Anda aman makan buah ini untuk menurunkan berat badan. Rasa kenyang setelah makan buah ini bisa bertahan lama karena efek berbagai nutrisinya. Niat Anda untuk menyantap makanan lain jadi berkurang.

7. Mengatasi sembelit

Makan buahnya yang sudah dikeringkan bisa membuat sembelit Anda teratasi. Bidara adalah buah yang dapat membuat sistem percernaan yang bermasalah kembali normal. Selain sembelit buah ini juga dapat mencegah perut kembung dan kram perut.

8. Menghilangkan stres

Efek sedatif buah bidara bermanfaat menenangkan sistem saraf.

Manfaat itu bisa Anda dapatkan dari buah ini. Untuk meredakan stres. Ada satu gangguan yang paling sering Anda lami saat sedang dilanda kecemasan. Yaitu insomnia. 

Makan buah bidara ini dapat membuat sistem saraf Anda relaks,  dan Anda akan bisa tertidur dengan mudah

Rebuslah beberapa buah bidara dan makan malam hari, itu sangat membantu.

Masih ada satu cara lain menggunakannya untuk mengatasi insomnia. Mengkonsumi ekstrak biji buah bidara.

9. Mencegah pilek dan batuk

Kandungan buahnya dilengkapi dengan vitamin A. Bersama vitamin C yang juga tersedia, buah ini bisa menjaga tubuh Anda agar terhindar dari pilek dan batuk.

10. Untuk detoksisifikasi darah

Senyawa saponin dan alkaloid pada buah ini adalah dua kandungan vital berkaitan dengan pemurnian darah. Banyak penyakit yang bisa dicegah karena manfaat buahnya ini dapat menghilangkan berbagai racun berbahaya. 

Sistem kekebalan tubuh Anda lebih meningkat karenanya.

Cara menggunakannya cukup dengan memakan buah segarnya.

Buang bijinya, buah berikut kulitnya Anda kunyah. Mungkin ada juga  yang tidak suka kulitnya, jadi harus dikupas dulu.

Rasa buah bidara ini asam manis. 

Ketika memakannya Anda bisa  menambahkan garam sekedar untuk membuat rasanya lebih enak. 

Itulah beberapa manfaat buah bidara, buah yang sangat bergizi dan memiliki nilai obat dan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Semoga bermanfaat dan tetimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel