12 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Tidak ada alasan bagi seseorang untuk suka pada rasa labu siam. Hal ini tentu berhubungan dengan rasanya, hambar. Boleh jadi itu salah satu penyebab sayuran buah ini dijual dengan harga murah. Padahal makanan ini penuh nutrisi. Tidak mengandung kolesterol, penuh serat dan kaya akan berbagai vitamin.

Ada beberapa varietas labu siam. Pertama kulitnya kuning, dagingnya kuning muda, mengarah ke warna putih. Ada yang kulitnya hijau tua. Terakhir warna hijau muda kulitnya berduri. Tetapi ada juga yang tak atau tanpa duri. Ini lebih disukai. 

Mengenai bermacam manfaatnya baiklah kita simak berikut dibawah ini.

Beberapa Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

labu-siam

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain vitamin A vitamin C yang juga terkandung dalam dalam jumlah tinggi pada labu siam, bermanfaat meningkatkan kesehatan  seluruh tubuh. Termasuk pada kulit. Anda tidak akan mudah terkena pilek dan flu.

2. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Vitamin B9 adalah salah satu kandungan labu siam. Vitamin penting  yang dikenal juga sebagai asam folat ini sangat bermanfaat dan untuk ibu hamil dapat meningkatkan kesehatan bayi dalam kandungan. 

Ibu hamil bisa mengkonsumsi labu siam yang memiliki kandungan zat besi ini untuk mencegah anemia. Serat labu siam  juga akan membuat ibu hamil bebas dari sembelit.

3. Meningkatkan kualitas kulit dan rambut

Labu siam sangat melembabkan. Mineral seng  bersama vitamin C dan E yang terkandung pada labu siam ini bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C penting untuk menunda proses penuaan. Vitamin E berguna menjaga elastisitas kulit dan mineral seng mencegah kulit berminyak.

Kulit menjadi lebih sehat rambut jadi lebih berkilau. 

4. Mencegah osteoporosis

Labu siam dilengkapi oleh vitamin K dan kalsium, manfaatnya tentu sangat baik untuk peningkatan kesehatan tulang. Dampak positifnya osteoporosis bisa dicegah.

5. Menguatkan daya ingat

Kandungan vitamin B9 pada labu siam bisa menjadi alasan agar kita rutin mrngkonsumsinya. Sangat berguna buat peningkatan daya ingat. Dan meningkatkan kesehatan mental.

6.. Mencegah kram

Labu siam juga bisa mencegah kram karena salah satu kandungannya yaitu magnesium yang bisa meningkatkan kekuatan otot.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan airnya dapat membantu sistem pencernaan.

Didukung oleh kandungan seratnya maka labu siam ini akan semakin ampuh mencegah sembelit.

8. Mencegah anemia

Labu siam mengandung vitamin B2 dan zat besi. 

Keduanya bermanfaat merangsang pembentukan sel darah merah. Meningkatkan kadar hemoglobin. Mengkonsumsi labu siam akan membuat tubuh lebih efektif menyerap zat besi.

9. Membantu mencegah diabetes

Selain melancarkan pencernaan seratnya itu juga akan mendukung  mengontrol kadar gula darah tetap dalam batas normal.

Indeks glikemik labu siam sangat rendah. Tidak akan meningkatkan insulin.

10. Mencegah kanker

Pengaruh radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel.  Membuat  pertumbuhan menjadi tidak teratur dan mengarah ke perkembangan kanker.

Antioksidan labu siam dapat membantu mencegah kerusakan sel.

11. Mencegah depresi

Berbagai vitamin dalam sayuran ini berkhasiat memulihkan kelelahan dan depresi, khususnya berkat tersedianya vitamin B kompleks  dalam kandungan labu siam

12. Mencegah hipertensi

Rendah kalori dan lemak. Mineral potasium sangat memberi manfaat pada kesehatan jantung. Bisa mengontrol tekanan darah tetap normal. Labu siam ini kaya potasium, sekitar 170 mg pada 100 gram labu siam. Ini akan membuat orang yang biasa mengkonsumsi buah labu siam  lebih aman dari risiko tekanan darah tinggi. 

Dikonsumsi dalam keadaan segar, tidak perlu dimasak supaya kadar kalium di dalamnya tidak berkurang. Membuat jus labu siam mungkin bisa jadi pilihan terbaik.

Kandungan air yang tinggi membuat labu siam memiliki efek diuretik. Jadi labu siam dapat membuang cairan berlebih yang akan membuat ginjal lebih sehat. Ginjal yang sehat sudah tentu sangat berguna untuk mendukung kesehatan jantung. 

Dan pada akhirnya akan membuat tekanan darah tetap normal.

Rutin minum jus labu siam, itu memang jus dengan efek diuretik, tapi salah satu manfaatnya adalah membantu mengontrol tekanan darah,  dengan satu catatan tidak dikonsumsi berlebihan. Labu siam ini tinggi kalium dan bisa membuat hiperkalemia atau kelebihan kalium.

Cara membuat jus labu siam

4 buah labu siam utuh berikut kulitnya dicincang menjadi potongan potongan kecil, dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan air 2 liter. Juga air perasan lemon, untuk menambah efek diuretiknya. Haluskan hingga rata.

Bisa ditambahkan pemanis dan diminum tanpa perlu disaring.

Demikian tentang 12 manfaat labu siam untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel