8 Manfaat Bunga Geranium Untuk Kesehatan

Tumbuhan asal Afrika Selatan, Selandia Baru serta dari  Australia ini terdiri dari beberapa varietas. Ada sekitar 200 spesies. Masing masing memiliki aroma berbeda, yang pada umumnya mirip aroma mawar. 

Warna bunganya juga bermacam macam. Merah cerah, merah muda, ada yang putih polos. Tapi semuanya memiliki manfaat  khasiat yang sama, termasuk varietas yang ada di Indonesia yang tanamannya itu bernama tapak dara. 

Pertumbuhan tanaman ini bagus pada daerah dengan suhu 5 sampai 25 derajat celsius. Tapi geranium tahan menghadapi suhu yang dingin. Selain dengan biji Anda juga bisa menggunakan stek geranium kalau Anda ingin menanamnya. 

Minyak esensial geranium diolah dari daun dan bunganya. Digunakan dalam aromaterapi. Ramuan dari tanaman ini umumnya dengan daun keringnya. Dapat memberi banyak manfaat termasuk mengobati diare dan mengontrol siklus menstruasi. Baiklah disimak berikut di bawah ini tentang berbagai manfaat geranium ini.

Beberapa Manfaat Bunga Geranium Untuk Kesehatan

bunga-geranium

1. Meredakan stres dan nyeri otot

Ada saatnya tubuh Anda terasa tegang.

Gunakan minyak geranium untuk mengurut bagian tubuh Anda yang terasa tegang itu. Perlahan perubahan akan Anda akan rasakan. Serta Anda akan menikmati suasana penuh relaksasi. Anda hirup juga uap minyak geranium ini. Untuk membantu meningkatkan suasana itu.

Jika Anda oleskan juga pada bagian otot yang terasa pegal, otot itu pun juga akan relaks.  Apabila sebelumnya otot itu terasa nyeri, rasa itu pun akan hilang.

2. Mengobati kaki bengkak

Retensi atau kelebihan cairan di dalam tubuh bisa membuat tampilan seseorang menjadi tidak sedap dipandang mata. 

Terutama tampilan kaki yang menjadi bengkak.

Minyak esensial geranium dicampurkan pada air hangat. Oles minyak itu  pada kaki bengkak. Itu akan mengubah tampilan kaki kembali ke proporsinya.

3. Mengencangkan perut kendur

Manfaat yang sangat berguna terutama bagi wanita. Minyak esensial geranium dapat mencegah kulit serta otot yang kendur. Perut kendur sangat tidak disukai dan untuk membuat massa otot dan kulit di perut kembali kencang Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari 5 tetes minyak geranium dengan 1 sdm minyak jojoba.

Minyak jojoba akan membantu memulihkan kondisi kulit yang kendur berkat manfaatnya yang dapat merangsang produksi kolagen.

Ramuan ini Anda gunakan untuk memijat area otot di perut Anda.

4. Mengobati diare

Anda bisa minum ramuan dari bubuk kering daun geranium, diseduh dengan segelas air mendidih

5. Mengobati masalah pada kulit

Minyak geranium adalah antiseptik, antijamur dan antibakteri yang sangat efektif mengobati berbagai masalah iritasi pada kulit. 

Sifat antiinflamasinya juga akan membantu penyembuhan.

Minyak geranium berkhasiat mengobati kulit yang luka bakar. eksim, dan berbagai gangguan lain karena jamur. Minyak geranium juga bisa mengencangkan kulit yang berkerut, menghilangkan selulit.  Khasiat lainnya bisa mengobati jerawat. Kulit kering pun bisa menjadi normal setelah diolesi minyak geranium.

6. Mengusir nyamuk

Tadi pada awal tulisan telah disebut setiap varietas bunga geranium memiliki perbedaan aroma. Tetapi apapun bentuk perbedaan itu yang namanya aroma geranium tidak akan disukai oleh nyamuk. 

Mereka akan minggir menjauh. 

Taruhlah pot geranium pada salah satu sudut di rumah Anda. Maka nyamuk tidak akan bisa mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga.

7. Mengurangi rasa sakit yang diakibatkan virus herpes

Virus herpes bisa membuat rasa nyeri yang bukan main sakitnya. Rasa sakit itu terasa pada kulit di sepanjang saraf.

Mengoleskan minyak esensial geranium bisa memberi efek lain yang sangat berharga. Yaitu mengurangi rasa sakit karena dampak virus tersebut. Efeknya memang tidak berlangsung lama. Agar rasa sakit itu benar benar reda Anda harus mengoleskannya berulang kali.

8. Bermanfaat untuk wanita menopause

Minyak esensial geranium bermanfaat merangsang produksi estrogen. Mendukung keseimbangan hormonal. Keseimbangan hormonal yang mutlak diperlukan terutama untuk menghindari efek tidak diinginkan oleh wanita menopause dan pramenstruasi.

Cara menggunakan minyak esensial geranium

Sebelum digunakan untuk kulit sebaiknya diencerkan terlebih dahulu ke dalam minyak pembawa. 

Minyak pembawa itu bisa minyak wijen atau minyak kelapa. Gunakan minyak pembawa yang Anda tidak alergi terhadapnya. 

Baru digunakan sebagai minyak urut.  Atau  dioleskan pada kulit yang gatal. 

Bisa pada spot jerawat di wajah supaya wajah kembali mulus, dengan harapan semoga Anda berhati hati agar minyak itu tidak menyentuh mata karena bisa membuat iritasi.

Dosis yang dianjurkan, pada orang dewasa 15 tetes minyak esensial geranium, pada anak anak 3-6 tetes. Masing masing dilarutkan pada 6 sdt minyak pembawa.

Tips aman menggunakan geranium

Minyak esensial geranium tidak untuk dikonsumsi.

Hindari sinar matahari saat kulit Anda diolesi minyak atsiri geranium ini. Untuk menghindari efek sampingnya Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi ramuan geranium saat perut masih kosong.

Penggunaannya jangan lebih dari 3 minggu. Itu karena geranium ini memiliki sifat antikoagulan, yaitu mengencerkan darah.

Ramuan geranium bukan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

Terlalu lama menggunakannya pun bisa memberi efek negatif lain. 

Bisa menurunkan tekanan darah.

Jika digunakan dengan cara yang benar minyak sesensial geranium ini aman untuk setiap orang. Dan langkah awal untuk  penggunaan yang aman adalah dilarutkan dahulu dalam minyak pembawa.

Demikian ulasan tentang 8 manfaat bunga geranium untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel