7 Manfaat Arnica Montana Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Arnica biasa disebut arnica montana adalah tumbuhan asli asal Eropa. Terkenal sebagai tumbuhan obat yang sudah digunakan  sejak zaman nenek moyang mereka. Bagian tanaman yang paling sering digunakan adalah bunga, daun serta akarnya. 

Sebagai obat penyembuh pada kulit arnica adalah anti-inflamasi yang sangat memberi khasiat. Mungkin itu adalah salah satu alasan kenapa arnica sangat diperhatikan. Di beberapa negara Eropa arnica adalah tanaman yang dilindungi. Arnica ampuh mengobati berbagai masalah seperti luka karena tergores, memar, gigitan serangga,  

Juga ampuh mengatasi masalah kulit yang lain,  seperti varises, abses, nyeri karena rematik, artrosis atau dan tendinitis. Arnica ini memiliki efek penyembuhan yang sangat efektif karena memiliki flavonoid. Ada dua zat yang paling menonjol yang terdapat dalam flavonoid itu. Salah satunya quercetin. Paling berperan mengatasi masalah kulit.

Kandungan itu dapat meningkatkan resistensi pembuluh darah serta sirkulasi darah.  Satu lagi kandungan lain yaitu inoline. Ini berkhasiat mengurangi rasa sakit. Luka lama yang sukar disembuhkan pun dapat dituntaskan berkat ramuan arnica ini. Tanaman arnica ada dua jenis.

Pertama adalah arnuca yang berasal dari Eropa, satunya lagi namanya Arnica de mato dari Amerika Latin. Meski tampilan keduanya terlihat mirip tapi mereka adalah dua tanaman yang berbeda. Yang kita bahas sekarang adalah yang pertama. Yaitu arnica montana.

Beberapa Manfaat Arnica Montana Untuk Kesehatan

arnica-montana

1. Mengatasi masalah pada kulit

Arnica mengandung zat seskuiterpen lakton yang merupakan sebuah kandungan penting untuk pemulihan dan pembaharuan kulit.

Didukung oleh efek tumbuhan ini sebagai antibakteri dan antiseptik, arnica menjadi obat herbal yang memiliki daya penyembuhan tinggi untuk kulit.

Rebuslah segenggam bunga arnica. Air perebusan sedikit saja, supaya Anda memperoleh ramuan pekat dengan efek yang kuat. Matikan api dan biarkan tetap tertutup beberapa saat, mungkin sekitar lima menit.

Airnya yang masih hangat itu dioleskan pada kulit yang  bermasalah.

Untuk menghilangkan rasa sakit pada otot terutama pada luka memar.

Anti-inflamasi arnica ini juga akan memberi efek positif pada kulit yaitu mengurangi peradangan meredakan rasa nyeri serta membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Dan menghilangkan rona kemerahan karena sinar matahari.

2. Mengobati radang sendi

Pada penderita osteoartritis arnica memberi khasiat mengurangi rasa nyeri. Khasiat ini juga bisa dimanfaatkan untuk ostroarthritis di lutut dengan cara mengoleskan gel arnica dua kali sehari.

3. Menjaga kesehatan mulut dan menghilangkan nafas bau

Arnica bisa juga dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Membuat obat kumur dari bahan herbal ini sangat baik untuk meredakan berbagai masalah karena infeksi pada mulut, seperti radang gusi dan nafas bau.

4. Menghilangkan ketombe

Bisa mengurangi kadar minyak dan sebum pada kulit kepala, selain menghilangkan ketombe arnica juga akan meredakan rasa gatal.

Efek antibiotik arnica juga bermanfaat mencegah terjadinya infeksi di kulit kepala.

5. Mencegah rambut rontok

Arnica memberi dampak positif pada rambut. Selain mencegah infeksi arnica juga dapat membantu meremajakan kulit kepala. 

Itu akan berguna untuk meningkatkan daya tumbuh rambut sekaligus menguatkannya. Rambut menjadi sehat, lebih lembut. Dunia industri bahkan telah banyak yang menyertakan arnica sebagai  bahan pokok dalam pembuatan sampo.

6. Membantu meredakan pendarahan

Pembuluh darah pecah rentan terjadi pada orang lanjut usia. Arnica dengan berbagai senyawa organik di dalamnya itu mampu membantu mengatasi masalah ini terutama pada pembuluh darah pecah yang terjadi di bawah lapisan kulit.

Meski arnica montana ini terkenal dengan khasiatnya yang tinggi sebaiknya penanganan dengan arnica ini hanya Anda terapkan pada penanganan awal saja. 

Selanjutnya Anda mungkin perlu mengunjungi dokter. memeriksa pembuluh darah Anda dan mendapatkan nasihatnya, apakah cara ini layak dan bermanfaat jika diteruskan.

7. Meredakan nyeri haid

Wanita yang rentan mengalami kram menstruasi juga bisa terbantu saat menggunakan arnica ini. 

Anti-inflamasinya akan mengurangi kram menstruasi dan perdangan kolik bisa diredakan dengan cara mengoleskan ramuan arnica  pada area yang sakit.

Itulah beberapa manfaat arnica montana ini untuk kesehatan.

Tentang efek samping pengunaan luar terutama dialami oleh orang yang alergi pada tumbuhan ini.  Kulit bisa membengkak dan timbul ruam yang disertai gatal.

Arnica adalah tanaman beracun. Jika tertelan Anda akan keracunan, bisa muntah, ibu hamil bisa keguguran dan pendarahan.

Reaksi lain yang mungkin terjadi adalah halusinogen.

Gangguan pencernaan dan jantung serta kelemahan otot.

Karena sifatnya yang beracun itu ramuan arnica juga tidak boleh dioleskan pada luka yang terbuka.

Jangan pernah menggunakan ramuan arnica secara oral, untuk tujuan apapun. 

Itu cara paling aman menggunakannya.

Demikian uraian tentang 7 manfaat arnica montana untuk kesehatan dan efek sampingnya ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel