10 Manfaat Tumbuhan Marjoram Untuk Kesehatan Dan Cara Menggunakannya

Marjoram adalah tanaman yang berasal dari Mediterania yang biasa digunakan dalam masakan. Daun keringnya mudah ditemukan di dapur, terutama di dapur milik orang Italia. 

Bagi mereka daun ini adalah salah satu bumbu utama. Sebagai bumbu penggunaan daun marjoram persis seperti menggunakan daun kering oregano. Tetapi rasa dan aroma oregano jauh lebih kuat.

Selain untuk masakan marjoram adalah tumbuhan herbal yang sangat banyak manfaat. Mengandung berbagai nutrisi yang berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan banyak jenis penyakit. Antioksidannya diakui sangat kuat. Mampu melindungi tubuh tetap sehat dan prima. 

Kegunaannya sebagai obat tradisional sangat luas. Jenis penyakit yang ringan seperti batuk dan pilek hingga penyakit yang serius contohnya penyakit saraf bisa diobati.Bagian tanaman yang digunakan umumnya daun kering marjoram. Diseduh atau direbus. Untuk diolah kemudian diminum sebagai teh. Ada juga menggunakannya dengan cara dioles. Yaitu pada bagian tubuh tertentu yaitu pada rambut. Minyak atsirinya pun bisa dioleskan, terutama pada kulit. Digunakan untuk mengobati nyeri otot atau rematik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang marjoram ini,  kita simak saja berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari marjoram.

Beberapa Manfaat Marjoram Untuk Kesehatan

marjoram

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Marjoram adalah obat alami yang sangat berharga bagi orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan. Mencium aromanya bisa merangsang kelenjar ludah, materi di dalam mulut yang mendukung pencernaan.

Minum teh marjoram setiap selesai makan sangat menolong untuk mencegah dan mengobati mulas. Meringankan dan menyembuhkan diare serta perut kembung. Penumpukan gas dalam perut juga bisa dicegah

Teh herbal marjoram ini membuat aktivitas usus Anda tetap bekerja maksimal. Hingga pada akhirnya proses pembuangan tinja menjadi lancar. Dan Anda bebas dari sembelit. 

2. Mencegah anemia

Dua kandungan penting marjoram sebagai pencegah anemia adalah vitamin C dan zat besi. Peran vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi sehingga tubuh tidak kekurangan zat besi. Dan selanjutnya kecukupan zat besi dalam tubuh itu akan menjamin terjadinya proses pembentukan sel darah merah. 

3. Mengobati batuk dan pilek

Marjoram dapat membantu mengeluarkan lendir yang menumpuk di saluran tenggorokan.

Memiliki efek sedatif, tanaman ini juga manjur mengobati batuk dan pilek. Cobalah membuat rebusan atau seduhan menggunakan daun  kering marjoram. Saat masih panas hiruplah uapnya, lakukan sekitar 20 menit, itu akan melegakan tenggorokan dan pernafasan Anda.

Gangguan karena batuk dan pilek perlahan akan berkurang bahkan sembuh.

Menghirup uapnya itu juga bisa dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensialnya yang dibubuhkan ke dalam air panas.

4. Menyehatkan otot

Potasium adalah mineral penting. Di dalam tubuh potasium ini akan mengatur keseimbangan air. Kandungan ini jugalah yang bermanfaat menguatkan otot. Menjaga otot agar terhindar dari kontraksi, seperti kram atau kejang.

Minyak atsirinya dapat mengurangi sakit karena rematik.

5. Melindungi jantung

Antioksidannya terkenal hebat. 

Memiliki asam lemak omega-3, marjoram akan membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Menggunakan ramuan tumbuhan ini juga berkhasiat melebarkan pembuluh darah.

Kalium dan kalsium terdapat pada tumbuhan marjoram. Di dalam tubuh kedua kandungan itu dapat membantu kesehatan jantung.

Menjaga detak jantung tetap terkontrol dan bekerja normal.

6. Menjaga kesehatan rambut

Teh marjoram itu adalah ramuan yang sangat bagus untuk rambut. Warna rambut hitam Anda bisa semakin legam berkilat. Tentu saja aromanya akan membantu memberi nilai tambah bagi rambut Anda. 

Begitu Anda selesai mandi dan membersihkan badan, siramlah rambut Anda dengan teh marjoram. Tidak perlu dibilas jika Anda nyaman begitu. Tunggu saja mengering sendiri.

Agar nutrisi dan khasiatnya lebih bekerja

7. Mengeluarkan kelebihan cairinian dari dalam tubuh

Minum teh marjoran bisa membuat tubuh  lebih aktif mengeluarkan keringat. Itu bagus untuk membuat tubuh yang sehat. Karena racun berbahaya dalam tubuh akan ikut terbuang, keluar bersama keringat itu.

8. Menenangkan sistim saraf

Ampuh menenangkan saraf.

Meski tadi Anda sampai sakit kepala karena padatnya tugas di kantor. Dan kini Anda sedang menghadapi sejumlah lembaran berkas yang tadi tertunda penyelesaiannya. Anda stress ?

Tenang saja. Minyak essensial marjoram bisa mengatasi stres atau kecemasan.

Gunakan dulu minyak itu untuk mengurut atau memijat pelipis.

Minyak itu adalah obat instan yang bermanfaat meredakan sakit kepala Anda.

Kemudian encerkan minyak essensialnya dengan minyak pembawa. Semprotkan minyak esensial itu hingga aromanya bisa menjangkau segala sudut di ruangan Anda. 

Suasana di tempat Anda itu akan kontan berubah menyenangkan. Stress Anda bisa hilang saat itu juga.

Marjoram memang bermanfaat menghilangkan mood negatif.

Tugas Anda belum rampung padahal Anda sudah letih ?

Minum saja teh marjoram. Itu akan membuat Anda cepat terlelap.

Teh marjoram bisa membuat Anda tidak mendengkur.

9. Mengontrol siklus menstruasi

Karena faktor hormonal, siklus menstruasi Anda bisa saja terganggu. 

Marjoram memiliki efek emmenagogue. Yaitu bisa memulihkan dan membuat normal siklus menstruasi berkat efek pentingnya yang bisa menyeimbangkan hormon pada wanita.

Bukan cuma menyeimbangkan hormon, marjoram ini juga membantu meredakan berbagai masalah yang khusus menimpa wanita. Terkait menopause dengan segala keluhan yang terjadi, marjoram berkhasiat meredakannya.

10. Membantu mencegah diabetes

Tumbuhan ini mengandung enzim yang bermanfaat membuat kadar gula darah, jadi sangat bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2.

Cara menggunakan marjoram 

Daunnya dikeringkan sebagai bahan membuat teh marjoram, dengan dosis :

2 sdm daun kering diseduh dengan segelas air dan diminum tiga kali sehari. Teh marjoram adalah minuman berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh, selain beberapa manfaat lain seperi yang telah disebut di atas

Efek samping dan kontraindikasi

Wanita selama masa kehamilan berbahaya mengkonsumsi marjoram.

Mengkonsumsinya berlebihan membuat sakit kepala.

Minyak marjoram adalah antiseptik yang sangat baik untuk kulit, bisa mencegah jerawat, tetapi bagi yang memiliki kulit sensitif minyak esensial marjoram bisa mengakibatkan dermatitis.

Demikian sedikit uraian tentang manfaat marjoram ini, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel