Manfaat Menakjubkan Tanaman Komprey Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Komprey adalah tanaman asli asal Eropa yang sangat menakjubkan. Terutama karena khasiatnya untuk kesehatan. Tumbuhan yang punya nama latin symphytum officinale ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit seperti maag dan diare. Juga diolah dan dimanfaatkan untuk mengatasi masalah atau gangguan pendarahan pada paru paru. Luka atau cedera kulit dengan cepat bisa diatasi.

Tetapi karena berbagai kasus  keracunan yang diduga terjadi  setelah penggunaan komprey ini akhirnya berbagai manfaat ini kemudian dipertanyakan. 

Biasanya yang menjadi pokok pertanyaan adalah tentang keselamatan jiwa penggunanya. Sebelumnya marilah kita simak dahulu manfaat komprey ini bagi kesehatan manusia.

Manfaat Komprey Bagi Kesehatan

komprey

1. Mengobati luka atau cedera kulit

Allantoin adalah suatu zat yang bernanfaat untuk penyembuhan  luka. Zat ini terdapat dalam akar serta daun komprey. Luka yang diobati dengan ramuan komprey bisa lebih cepat sembuh sebab efek allantoin ini. 

Alantoin dapat membantu pertumbuhan sel sel kulit baru. Karenanya luka Anda akan lebih cepat sembuh. Komprey ini juga akan mencegah terjadinya tonjolan setelah luka sembuh. Tonjolan dimaksud  adalah suatu yang umum terjadi sebagai peninggalan bekas luka di kulit.

Namun ada satu hal yang patut jadi perhatian, komprey bukan untuk luka yang kulitnya terbuka. Jadi pengobatannya mungkin hanya pada kulit yang warnanya ungu akibat luka memar atau karena benturan benda tumpul. Atau pada kulit yang mengalami cedera akibat  otot di dalamnya yang tertarik, contohnya karena keseleo atau patah tulang.

Komprey terkenal dengan khasiatnya sebagai penyembuh. 

Dalam beberapa jam saja cedera kulit Anda bahkan bisa sembuh.

Pada air yang sedang mendidih celupkan akar segar komprey, satu menit saja. Kemudian kulit luar akar itu dikupas, baru ditumbuk di dalam lumpang kayu.

Ramuan ini adalah obat obat ampuh untuk mengatasi cedera kulit. Bisa juga digunakan untuk bisul. 

Airnya untuk obat kumur. Berkhasiat meredakan gusi bengkak dan sakit tenggorokan. Hanya sebagai obat kumur, tidak untuk ditelan.

2. Mengobati tulang patah

Memiliki efek anti-inflamasi yang terkenal kuat komprey pun efisien meredakan pembengkakan. Didukung dengan khasiatnya sebagai herba yang dapat membentuk sel sel baru komprey  juga bermanfaat mengatasi masalah tulang.

Akarnya dilumat hingga halus dan tempelkan pada tulang yang sakit.

3. Mengurangi rasa sakit karena peregangan otot akibat patah tulang. 

Akar kompri yang telah dilumatkan dan ditempelkan pada area tulang yang patah sangat membantu untuk meningkatkan kesembuhan. 

4. Mengobati wasir

Membuat ramuan dengan cara yang sama dengan ramuan untuk menyembuhkan tulang patah. 

Dioleskan pada wasir yang berdarah.

Efek samping

Manfaat obat adalah untuk menyembuhkan penyakit. Atau mencegah gejala penyakit tertentu. Cara penggunaannya tentu bisa berbeda pada setiap orang. Dan kapan pemakaiannya Anda hentikan juga tidak akan serupa dengan keputusan orang lain.

Tadi telah disebut tentang penggunaan komprey tidak untuk luka yang kulitnya terbuka. Itu berhubungan dengan adanya zat berbahaya pada komprey. 

Zat berbahaya itu namanya alkaloid pirolizidin. Banyak terdapat pada daun yang muda. Semakin sedikit jika daunnya makin tua. Pada akar jumlahnya justru belasan kali lipat.

Jangan pernah menggunakan komprey ini secara oral. 

Zat itu bisa menyerap ke dalam tubuh melalui kulit luka yang terkuak. Selanjutnya akan membuat kerusakan pada organ hati. 

Kerusakan yang serius, bisa berujung pada kematian.

Ada beberapa artikel yang memberi informasi tentang manfaat serta  cara penggunaannya. Dengan cara dikonsumsi. 

Komprey dijuluki tanaman- ajaib berkat beberapa khasiatnya. Khusus kandungan alkaloid pirolizidin pada komprey, itu juga punya julukan. 

Yaitu pembunuh-diam-diam. 

Orang tidak akan segera tahu jika organ hatinya telah dirasuki oleh zat berbahaya ini. Baru sadar setelah timbul gejala efek sampingnya.

Paling cepat gejala itu baru dirasakan setelah dua sampai 13 minggu. Boleh jadi Anda sudah tidak lagi sedang mengkonsumsi komprey ini.

Dulu tumbuhan ini digunakan sebagai obat herbal penyembuh sakit perut. Kini produk komprey untuk obat oral telah dilarang di berbagai negara seperti AS dan Kanada.

Negara negara di Eropa juga seperti Inggris dan Jerman.

Tetangga kita Australia pun begitu.

Negara kita juga.

Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik juga mencantumkan tumbuhan ini sebagai salah satu bahan yang dilarang untuk digunakan dalam obat tradisional.

Demikian tentang manfaat menakjubkan komprey bagi kesehatan dan efek sampingnya ini.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel