10 Manfaat Dan Cara Mengolah Daun Dill Untuk Kesehatan

Dill adalah tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu. Membuat masakan menjadi gurih. Contohnya dapat menguatkan rasa masakan sup dan kari. Digunakan juga sebagai bahan parfum karena daunnya yang aromatik.

Selain untuk masakan dan bahan parfum diil juga telah lama dikenal  sebagai obat tradisional. Kandungannya penuh dengan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.Meningkatkan daya penglihatan ataupun meningkatkan kekebalan tubuh.Manfaat lainnya banyak dan sebagian diantaranya diulas berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Dill Untuk Kesehatan

daun-dill

1. Mengatasi kesulitan tidur

Flavonoid dan vitamin B kompleks akan merangsang tubuh menjadi relaks. Tubuh yang relaks adalah kondisi paling menentukan untuk mendorong tidur yang nyenyak.

Untuk memperoleh manfaat itu Anda bisa mengkonsumsinya dengan minum teh dill. Anda mungkin harus membuat teh dill yang kuat jika menghendaki ingin cepat tertidur. Tetapi karena efek peningkatannya memang sangat nyata untuk mengatasi kesulitan tidur, Anda cukup mengkonsumsinya maksimal dua kali seminggu. 

Boleh jadi setelah mencoba mengkonsumsinya teh ini ternyata Anda suka rasanya. Yang membuat Anda ingin meminumnya setiap hari. Agar aman dan tidak mengganggu aktivitas, Anda bisa membuatnya dengan kepekatan yang lebih lemah.

2. Mencegah sakit kepala

Meski dalam masyarakat kita tanaman ini kurang dikenal, teh dill itu  adalah obat alami untuk sakit kepala yang telah digunakan semenjak ribuan tahun lalu. Terutama di wilayah Mediterania.

3. Mencegah osteoporosis

Kekurangan tubuh akan kandungan kalsium bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi dill secara teratur. Anda akan terbantu agar terhindar dari kondisi lemahnya tulang.

4. Mencegah bau mulut

Kadar asam lambung yang tidak terkontrol sangat mengganggu kerja sistem pencernaan. Bukan itu saja, dalam pergaulan aroma bau yang memancar dari mulut bisa membuat Anda tidak nyaman. 

Pencernaan yang tidak beres bisa mengakibatkan nafas bau. Tanaman dill terdiri dari berbagai kandungan yang bermanfaat membuat tubuh Anda lebih baik, dengan kualitas pencernaan yang sehat.

Nafas bau akibat penumpukan bakteri yang menempel di gusi atau gigi pun bisa dicegah. Karena dill adalah antibakteri yang kuat.

5. Mengobati diare

Selain mencegah aroma bau saat bernafas, dill bisa mencegah Anda dari diare. Dengan kemampuannya yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan dill juga dapat digunakan untuk mengobati sakit diare. 

Efeknya bisa mengurangi dampak infeksi akibat mikroba. 

Itu akan membuat penyembuhan diare Anda bisa semakin cepat.

6. Menyembuhkan disentri

Telah disebut tadi tentang khasiatnya yang bisa melawan parasit penyebab gangguan sistem pencernaan

Berkat khasiat itu dill juga bermanfaat menyembuhkan disentri, infeksi yang terjadi karena jamur.

7. Mengatasi siklus menstruasi tidak teratur

Pengobatan tradisional tumbuhan ini telah lama digunakan untuk mengurangi nyeri kram saat menstruasi.

Pada wanita dill ini akan merangsang sekresi hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi. Manfaatnya selain membantu mengurangi nyeri juga bisa menjamin siklus menstruasi yang tepat.

Wanita dengan menstruasi yang tidak teratur sangat terbantu apabila rutin mengkonsumsi dill ini.

8. Menyehatkan kulit, rambut dan kuku

Daun dill memiliki banyak vitamin C. Itu adalah nutrisi penting untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kulit bisa tetap seperti muda. 

eElastisitasnya terjaga. Sehingga timbulnya kerutan bisa dicegah. 

Teh atau air rebusan daun dill dicampurkan ke dalam shampoo Anda. Khasiatnya bisa menguatkan rambut. Menggunakan kapas, teh daun ini dioleskan ke sekujur kulit. Ditunggu beberapa saat kemudian Anda bilas dengan air hangat. Manfaatnya menjaga kelembaban kulit. Mencegah penuaan dini. 

Anda perlu ekstra hati hati saat menggunakannya untuk kulit. Hindari sinar matahari.

9. Mengobati bisul

Dalam sebuah wadah kecil masukkan sedikit minyak. Masukkan juga daun dan biji tumbuhan ini. Panaskan dengan api kecil. Minyaknya itu dioleskan hangat hangat pada bisul. 

Manfaatnya, rasa sakit akan berkurang. Bisul cepat matang, kemudian pecah.

10. Meredakan muntah muntah

Segelas air digunakan untuk merebus 1 sdt biji dill. 

Memnum  rebusannya berkhasiat menekan rasa ingin muntah.

Cara mengkonsumsi dill

Membuat teh dill

Satu sendok makan bubuk kering atau daun cincang yang terbuat dari daun dan bijinya diseduh dengan segelas air mendidih. 

Ditunggu seperempat jam dan teh dill siap diminum.

Khasiatnya menyembuhkan kolik pada bayi. Mengatasi nyeri usus dan menghilangkan nyeri karena sakit gigi dan menghilangkan nafas bau. Mengobati susah tidur atau insomnia. Orang yang sedang pilek dan flu juga bisa pulih setelah minum teh ini.

Berkumur dengan teh ini bisa meredakan infeksi tenggorokan.

Teh ini jugalah yang Anda gunakan untuk menguatkan rambut serta kuku. 

Diminum dingin maupun masih panas atau hangat, khasiatnya sama.

Kontraindikasi

Bagi yang alergi pada tanaman wortel dan sejenisnya kemungkinan efek yang sama akan terjadi pada tubuh jika Anda mengkonsumsi dill ini. Begitu juga jika tubuh Anda sensitif terhadap beberapa rempah seperti jintan atau ketumbar.

Selain tidak baik untuk yang alergi, dill dapat merangsang menstruasi jadi sebaiknya ibu hamil jangan menggunakan dill.

Demikian 10 manfaat dan cara mengolah daun dill untuk kesehatan ini, semoga ada faedahnya.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel