Manfaat Daun Kapas Bagi Kesehatan, Bisa Mengobati Tukak Lambung

Bicara tentang kapas, yang terbayang dalam benak kita pertama kali adalah tentang serat putihnya yang diolah menjadi kain katun. Atau sebagai pembersih wajah atau kulit. Juga bahan  pembalut sekaligus penyerap kbusus pada bagian tertentu kaum hawa.

Tidak banyak yang menduga bahwa kapas ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Akarnya dapat meredakan berbagai masalah yang sering dialami wanita menopause. Minyak yang terbuat dari bijinya mampu mengatasi sembelit.

Khusus tentang daunnya, penderita diabetes perlu tahu bahwa daun kapas ini berkhasiat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Daun kapas juga dapat membantu membebaskan Anda dari masalah yang menimpa kulit. sehubungan dengan efeknya yang dapat merangsang pembentukan kolagen. Pada wanita menstruasi dan menopause daun kapas pun sangat bermanfaat.

Beberapa Manfaat Daun Kapas Bagi Kesehatan

daun-kapas

1. Mengobati berbagai masalah kulit

-Daun kapas bisa menyempitkan pori pori kulit.  Kulit wajah dengan pori pori yang terlihat jelas mungkin bisa Anda alami karena berbagai sebab. Contohnya akibat jerawat. Tentu saja kondisi ini akan membuat risau. Namun daun kapas dapat  menjadi solusi.  Khasiat ramuan dari daun kapas juga bisa membuat kulit yang berminyak kembali normal. 

-Masalah lain yang menimpa kulit seperti luka tergores atau karena bekas digigit serangga juga bisa sembuh dengan memanfaatkan daun kapas yang antibakteri ini. Satu lagi kandungannya yang bermanfaat untuk luka adalah hidroksipolin. 

Kandungan ini bisa meningkatkan pembentukan kolagen dalam tubuh sehingga luka bisa lebih cepat sembuh. Daunnya Anda keringkan dulu. Baru digiling hingga halus. Obat itu dioleskan pada luka, berguna untuk menghentikan pendarahan.

-Bisa saja nasib sedang apes dan Anda digigit tikus.

Obati dengan ramuan daun kapas. 

Lumatkan daun segarnya, dicampurkan dengan sedikit air rendaman beras. Itu akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Karena ramuan antibakteri itu akan membuat kulit luka itu steril, bebas dari organisme beracun yang berasal dari gigitan tikus tadi. 

-Daun kapas juga dapat mengatasi masalah kulit yang menderita gatal karena eksim.

- Mempercepat penyembuhan kulit setelah pembedahan. Beberapa helai  daun kapas ditambah air dihaluskan dan air perasannya Anda minum.

2. Mengobati masalah pada saluran pernafasan

Daun kapas yang  anti-inflamasi ini juga memiliki kandungan penting, yang manfaatnya bisa mengobati peradangan di saluran pernafasan, seperti pada mulut dan tenggorokan.

Memilih daun kapas sebagai obat alternatif bisa menjadi pilihan Anda terkait dengan keampuhannya mengobati batuk. Terutama pada batuk karena infeksi.

Cara membuat ramuannya cukup dengan merendam daunnya dengan air hangat. Dibiarkan terendam beberapa jam baru digunakan.

3.Mengobati tukak lambung

Tukak ini biasanya terjadi di lambung dan pada bagian atas usus kecil. Penyebabnya adalah bakteri helicobacter pylori. 

Ramuan dari daun kapas dengan antibakteri yang ampuh mengobati luka ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati tukak lambung.

4. Meningkatkan produksi ASI

Satu lagi sifat yang terkandung pada daun kapas adalah galactagogue, artinya dapat meningkatkan produksi susu. Ibu yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi teh daun kapas untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Meringankan masalah wanita menstruasi

Minyak esensial daun kapas diketahui bisa membantu mengobati luka atau iritasi pada dinding rahim.

6. Meredakan nyeri sendi

Antinflamasi daun kapas juga berkhasiat meredakan peradangan lain seperti yang membuat nyeri pada persendian.

7. Meredakan nyeri karena asam urat

Air perasan daun kapas yang dihaluskan diketahui dapat meredakan nyeri pada sendi karena asam urat.

8. Mengobati diabetes

Daun kapas memiliki senyawa fenolik. Senyawa yang memiliki efek menurunkan gula darah Bisa berguna bagi penderita diabetes. Kandungan daunnya lengkap dengan alkaloid, flavanoid dan tanin.

9. Mengobati gondongan

Tumbuklah daun kapas secukupnya. Peras untuk mengambil airnya. Oleskan pada area yang kena gondongan.

10. Meredakan sakit kepala

Menggunakan daun kapas untuk sakit kepala adalah salah satu cara  pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak dahulu.  Daun yang digunaka dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian direndam di dalam larutan cuka, sekitar 10 menit. Daun itu dioleskan pada dahi berulang ulang.

Demikian tentang 10 manfaat daun kapas untuk kesehatan ini.

Patut untuk diketahui bahwa beberapa manfaat dan penggunaan daun kapas di atas tadi semuanya hanya berdasarkan pengetahuan secara turun temurun. Non ilmiah.

Tidak atau belum ada penelitian atau bukti yang mendukungnya. Jadi penggunaannya hanya sebatas pengobatan tradisional, berdasarkan pengalaman. 

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel